KOLOM

/>

Selasa, 31 Mei 2011

SISWA DAN SISWI MAN PULAI DATANGI AMC

Siswa dan Siswi MAN Pulai LUBAS Berkunjung Ke AMC

AMC / Selasa 31 Mei 2011 -Lubukbasung, Agam, --Beberapa Siswa dan Siswi Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pulai datangi Agam Media Center untuk mencari informasi tentang tugas ekonomi mereka, Selasa (31/5) Pukul 15.00 Wib.

Setelah dari pustaka daerah milik pemda Agam mereka mencoba mencari informasi untuk lebih melengkapi data tugas sekolah dengan datang berkunjung ke Agam Media Center (AMC).

Besok Pembukaan TMMN Ke-86

AMC / Selasa 31 Mei 2011 -Besok, Rabu (1/6), Danrem 032/Wirabraja direncanakan akan membuka kegiatan Tentara Manunggal Masuk Nagari (TMMN) ke 86 Kabupaten Agam di Lapangan SMPN 1 Lubuk Basung.

Kabid Sumber Daya Usaha Ekonomi Masyarakat pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Agam, Khairul Koto, mengatakan, TMMN ke 86 dipusatkan di Simaruok, Nagari Geragahan, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam. Sebelumnya telah dilakukan Pra TMMN sejak tanggal 9 Mei sampai 31 Mei 2011. Sedangkan pelaksanaan utama dimulai besok sampai dengan 21 Juni 2011.

Ciptakan Demam Tds 2011


AMC / Selasa 31 Mei 2011 -Jelang pelaksanaan Even Internasional Balap sepeda tour de Singkarak, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Agam, gencar lakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk menciptakan demam Tds 2011.

Hal ini disampaikan Jabanur Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan didampingi Kabid Pengebangan Kepariwisataan Elfi Suyenti, SS, kepada reporter. Selasa (31/5).

Jelang Tour de singkarak, Awasi Hewan Ternak

AMC / Selasa 31 Mei 2011 -Jelang Tour de Singkarak (Tds) 2011 pada 6 hingga 12 Juni mendatang, beberapa ruas jalan sudah selesai diperbaiki di kabupaten Agam terutama lintasan tanjakan kelok 44 yang menjadi icon Tds.

Meskipun demikian pada kawasan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam akan menjadi perhatian bagi pengaman jalan yang akan bekerja sama dengan Pol PP dan Camat setempat untuk mengamankan ternak masyarakat yang sering melintasi jalan raya.

"Untuk pengamanan ternak kita harus kerja ekstra dan bekerja sama dengan Pol PP dan Camat untuk mengamankan dan memberikan pengertian kepada masyarakat" Kata Rahman Sip. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Agam, Selasa (30/5).

KABUPATEN AGAM KIRIM KONTINGEN IKUTI LIVESTOK EXPO DI KOTA SOLOK

AMC / Selasa 31 Mei 2011 -Dinas Peternakan Kabupaten Agam Mengirimkan kontingen pada acara Livestok Expo dalam rangka bulan Bhakti Peternakan dan Kesehatan Hewan yang akan berlansung pada 3 s/d 5 Juni 2011 bertempat di Kota Solok Sumatera Barat.Selasa (31/05)

Hal ini di ungkapkan Ir. Andry,MM Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Agam pada Reporter Agam Media Center(AMC), diruang kerjanya.

TK NEGERI PEMBINA PADANG BARU ADAKAN BERBAGAI PERLOMBAAN

AMC / Selasa 31 Mei 2011 -Dalam rangka penutupan Tahun Ajaran (TA) 2010/2011 Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Panitia pelaksana Kegiatan Taman Kanak-kanak Kecamatan Lubuk Basung akan mengadakan berbagai perlombaan.

Hal ini diungkapkan Guru TK Negeri Pembina Padang Baru Lubuk Basung Ratnamayar kepada Repoter, Senin (30/5).

WARGA MASIH TETAP MEROKOK DIHARI TANPA ROKOK


AMC / Selasa 31 Mei 2011 -Peringatan Hari tanpa Tembakau Sedunia jatuh pada hari ini, (31/5). Harapan agar para perokok berhenti merokok selama satu hari ini tampaknya masih sulit dilaksanakan.

Pantauan reporter AMC dibeberapa titik kota Lubukbasung menunjukkan sejumlah warga masih tetap merokok di Hari Peringatan tanpa Tembakau Sedunia. Bahkan, beberapa kawasan yang dalam aturan ditetapkan sebagai kawasan bebas rokok pun masih digunakan untuk lokasi merokok.

Rumah Bantuan Gempa Tahap II Mulai Ditempati

AMC / Selasa 31 Mei 2011 -Bantuan Gempa Tahap II yang telah diberikan kepada Masyarakat melalui Ketua Kelompok (Pokmas) sangat membantu dalam membangun kembali rumah warga di Jorong Simaruok yang rusak berat akibat gempa(30/09), di Nagari Geraggahan Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.(31/05)

Rawana (50)th seorang Ibu Rumah Tangga mengungkapkan pada Reporter Agam Media Center (AMC),sangat terharu dengan di bangunnya kembali rumahnya yang telah hancur akibat gempa besar yang melanda Sumbar dan sekarang kami telah mempunyai rumah baru yang layak untuk ditempati.

KETUA TP.PKK AGAM PUSATKAN DIVERSIFIKASI PANGAN DI 5 KECAMATAN

Ny. Vita Indra Catri Ketua TP.PKK Kabupaten Agam

AMC / Selasa 31 Mei 2011 --Terbatasnya ketersediaan Beras dan Terigu, yang tidak seimbang dengan lajunya pertambahan penduduk, Konsekuensi yang harus ditanggung adalah semakin mahalnya bahan pangan ini.

Untuk mengatasinya kita terus berusaha mencari bahan pangan berbasis lokal yang dapat mensubstitusi kedua pangan pokok diatas seperti umbi-umbian dan karbohidrat lainnya seperti jagung.

4 SKPD TERKAIT IKUT DALAM PROGRAM TMMN KE-86

AMC / Selasa 31 Mei 2011 -Untuk mensukseskan Tentara Manunggal Masuk Nagari (TMMN) ke-86 di pusatkan di Nagari Garagahan Kecamatan Lubuk Basung 4 SKPD terkait masuk jadawal kegiatan untuk ikut mensosialisaikan sesuai dengan beban kerja yang diebankan kepada SKPD terkait tersebut .

Hal itu diuangkap oleh KHAIRUL KOTO, S. Sos Kabid. Sumber Daya dan Usaha Ekonomi Masyarakat (SDUEM) Badan PMPN kepada reporter, Senin (30/5).

Bupati Agam Berterima Kasih

AMC / Selasa 31 Mei 2011 -Atas keberhasilan Pasar Padang Lua sebagai Juara Perlombaan Pasar Desa/Nagari Tingkat Nasional Tahun 2011, Bupati Agam Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah mengucapkan
terima kasih. Selasa(31/05)

Disamping itu, Bupati Agam memberikan menghargaan yang setulus-tulusnya kepada Masyarakat Nagari Padang Lua yang telah mengharumkan Nama Kabupaten Agam di Tingkat Nasional.

BPPKB AGAM SUKSESKAN PROGRAM TMMN KE-86

AMC / Selasa 31 Mei 2011 -Sosialisasi Kesetaraan dan keadilan gender, Sosialisasi undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak, merupakan jadwal kegiatan dari Badan Pemberdayaan Perempuandan Keluarga Berencana (BPPKB) bekerjasama dengan TP.PKK Kabupaten Agam dalam mensukseskan Tentara Manunggal Masuk Nagari (TMMN) ke-86 di pusatkan di Nagari Garagahan Kecamatan Lubuk Basung.

Hal itu diuangkap oleh KHAIRUL KOTO, S. Sos Kabid. Sumber Daya dan Usaha Ekonomi Masyarakat (SDUEM) Badan PMPN kepada reporter, Senin (30/5).

Senin, 30 Mei 2011

CAMAT AMPEK ANGKEK BUKA PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN UMKM SUMBAR



AMC / Senin 30 Mei 2011 -Camat Ampek Angkek H. Endrizal, SE, M. Si membuka acara Pelatihan Mentalitas Dasar & Kewirausahaan yang diadakan LPB Mitra Bersama, Senin (30/5).

Peserta yang ikut lebih kurang 40 orang peserta berasal dari Kecamatan Ampek Angkek (Kabupaten Agam), Bukittinggi, Padang Panjang, Payakumbuh, Tanah Datar dan 50 Kota.

CAMAT AMPEK NAGARI PANEN PERDANA KACANG TANAH JERAFAH




AMC / Senin 30 Mei 2011 -Camat Ampek Nagari Syahrul Hamidi, SH panen perdana kacang tanah Jerafah Kelompok Wanita Tani Panca Tani Jorong Pasar Bawan Nagari Bawan, yang berlokasi dilubuk larangan, Senin 30/5.

Camat Ampek Nagari menyampaikan, anggota kelompok tani agar selalu giat berusaha, selalu meningkatkan budaya hidup bersih dan sehat, secara sambil menanam areal dengan tanaman buah dan sayuran apa saja seperti kacang panjang, kacang tanah, dan pitulo.

Pengusaha Kecil Tandatangani Kesepakatan KUR dengan Bank Nagari Cabang Lubuk Basung


AMC / Senin 30 Mei 2011 -Bank Nagari Cabang Lubuk Basung, pada hari ini senin (30/5) melakukan penandatangan kesepakatan pengucuran dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada 5 orang debitur yang berada di Pasar Tradisional pasar Lama Lubuk Basung.

Penandatangan langsung dilakukan di Pasar Lama Lubuk Basung yang dihadiri Maryanto, SH,MM, Direktur Bank Nagari cabang Lubuk Basung, Kepala Koperindag Alman Novari dan lima orang penerima KUR.

Aset Bank Nagari Cabang Lubuk Basung Meningkat

AMC / Senin 30 Mei 2011 - Aset Bank Nagari Cabang Lubuk Basung meningkat Rp243 Milyar triwulan pertama, sebelumnya Rp224 Milyar Desember 2010.

Direktur Bank Nagari Cabang Lubuk Basung, Maryanto, SH,MM, saat penandatanganan Kesepakatan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan Debitur Di Pasar Tradisional Lubuk Basung, Senin (30/5), mengatakan kinerja perusahannya per Mai 2011 tetap mengalami pertumbuhan yang baik.

SOTK AGAM BERIKAN KEGIATAN TAMBAHAN NON FISIK PADA KEGIATAN TMMN

AMC / Senin 30 Mei 2011 - Program pelaksanaan Tentara Manunggal Masuk Nagari (TMMN) telah dilaksanakan diberbagai daerah di Kabupaten Agam, rencananya Rabu (1/6) di Simaruok Nagari Geragahan Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam akan diadakan Tentara Manunggal Masuk Nagari (TMMN) ke 86 tahun 2011.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang SDUEM Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Nagari (BPMPN) Kabupaten Agam Khairul Koto, S.Sos kepada reporter, Senin (30/5).

MELALUI KEGIATAN TMMN KE 86 TAHUN 2011 SIMARUOK MEMBANGUN

AMC / Senin 30 Mei 2011 -Program Tentara Manunggal Masuk Nagari (TMMN) ke 86 di Simaruok Nagari Geragahan Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam, diawali dengan Pra TMMN sejak tanggal 9 Mei s.d 31 Mei 2011 dan pelaksanaan kegiatan TMMN utama mulai tanggal 1 s.d 21 Juni 2011.

Direncanakan kegiatan TMMN Ke 86 Kabupaten Agam akan dibuka oleh Danrem 032/Wirabraja, Rabu (1/6) bertempat di Lapangan SMPN 1 Lubuk Basung.

Kecamatan diberikan 22 Kewenangan dalam mengurus Perizinan

AMC / Senin 30 Mei 2011 -Pemerintah Kabupaten Agam, telah memberikan 22 kewenangan kepada Kecamatan dalam bidang pengurusan izin Usaha kepada masyarakat di bidang pelayanan publik dalam menjalankan roda pemerintahan selama ini,(30/05). Pelimpahan kewenangan ini diberikan sesuai dengan Keputusan Bupati Agam Nomor 206 tahun 2003, kata Bupati Agam, Indra Catri, Reporter Agam Media Center AMC,(29/4).

Seluruh SKPD dan 3 Kecamatan Siap Untuk Sukseskan TMMN Kabupaten Agam

AMC / Senin 30 Mei 2011 -Dalam Rangka Untuk mensukseskan pelaksanaan TMMN Ke-86 ini, Pemerintah DAerah Kabupaten Agam telah menyusun daftar Kegiatan dan Personil pelaksana di lapangan serta melibatkan seluruh SKPD termasuk dari 3 kecamatan yang ada yaitu Kecamatan Tanjung Mutiara, Ampek Nagari dan Tanjung Raya Kabupaten Agam.(30/05)

Bupati Agam Tinjau ke lokasi Sasaran Pokok dan Sasaran Tambahan TMMN Ke 86

AMC / Senin 30 Mei 2011 -Dalam rangka Untuk memotivasi TNI dan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan Pra-TMMN, Bupati Agam telah melaksanakan peninjauan ke lokasi Sasaran Pokok dan Sasaran Tambahan TMMN Ke 86 Jorong Simaruok Nagari Geraggahan Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.

JALAN SIMARUOK MASUK DALAM DAFTAR TMMN KE-86


JEMBATAN GANTUNG (RANJANG) YANG AKAN DIPERBAIKI
AMC / Senin 30 Mei 2011 -Kegiatan Tentara Manunngal Masuk Nagari itu ke 86 mempunyai lokasi Simaruok Nagari Garagahan Kecamatan Lubuk Basung, yang diawali Pra TMMN tanggal 9 Mei 2011 sampai dengan31 Mei 2011 dan TMMN dimulai dari 1 Juni sampai dengan 21 Juni 2011.

Hal itu diuangkap oleh KHAIRUL KOTO, S. Sos Kabid. Sumber Daya dan Usaha Ekonomi Masyarakat (SDUEM) Badan PMPN kepada reporter, Senin (30/5).

TMMN KE-86 KABUPATEN AGAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

KHAIRUL KOTO, S.Sos KABID SUMBER DAYA DAN USAHA EKONOMI MASYARAKAT BPMPN

AMC / Senin 30 Mei 2011 -Pembangunan Nasional yang diselenggarakan Pemerintah bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di segala bidang kehidupan secara adil dan merata serta berkesinambungan, sehingga masyarakat benar-benar dapat merasakan arti kemerdekaan.

Guna mendukung percepatan pembangunan di Kabupaten Agam dilaksanakan Program TMMN (Tentara Manunggal Masuk Nagari Ke 86 Tahun 2011 yang merupakan Program Terpadu Lintas Sektoral Kodim 0304 Agam dan TNI sebagai bagian integral dari komponen bangsa bertekad untuk mewujudkan percepatan pembangunan sehingga segera dapat dirasakan oleh masyarakat lapisan bawah. Direncanakan kegiatan TMMN Ke 86 Kabupaten Agam akan dibuka oleh Danrem 032/Wirabraja pada hari Rabu tanggal 1 Juni 2011 bertempat di Lapangan SMPN 1 Lubuk Basung.

Hal itu diuangkap oleh KHAIRUL KOTO, S. Sos Kabid. Sumber Daya dan Usaha Ekonomi Masyarakat (SDUEM) Badan PMPN kepada reporter, Senin (30/5).

PASA PADANG LUA WAKILI SUMBAR IKUTI LOMBA DESA TINGKAT NASIONAL 2011

POTRET PASA PADANG LUA NAGARI PADANG LUA KECAMATAN BANUHAMPU JUARA LOMBA PASAR DESA

AMC / Senin 30 Mei 2011 -Agam kembali meraih prestasi di Tingkat Nasional, setelah Nagari Sungai Pua Kecamatan Sungai Pua Kabupaten Agam sebagai Nagari Berprestasi I Tingkat Nasional Tahun 2009, kali ini Pasa Padang Lua Nagari Padang Lua Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam berhasil keluar sebagai Juara Perlombaan Pasar Desa Tingkat Nasional Tahun 2011, menyisihkan ratusan Pasar Desa/Nagari Se Indonesia.

Hal itu diuangkap oleh KHAIRUL KOTO, S. Sos Kabid. Sumber Daya dan Usaha Ekonomi Masyarakat (SDUEM) Badan PMPN kepada reporter, Senin (30/5).

Minggu, 29 Mei 2011

BAZ KABUPATEN DHARMASRAYA KUNKER KE BAZ KABUPATEN AGAM


AMC / Sabtu 28 Mei 2011 -Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Dharmasraya memberikan Apresiasi ke kantor BAZ Agam untuk Kunjungan Kerja di Lubuk Basung Ibukota Kabupaten Agam.

Agenda Kunjungan kerja diawali dengan diskusi interaktif BAZ Kabupaten Dharmasraya dengan BAZ Agam serta kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Agam, diaula kantor Bupati Agam setelah pengajian wirid KORPRI, Jum’at (27/5).

Sabtu, 28 Mei 2011

Warga Malabua Harapkan Pelebaran Jalan

AMC / Sabtu 28 Mei 2011 -Masyarakat Jorong malabua dan balai akad meminta pelebaran jalan malabua menghubungi batu kambing dan palembayan simpang patai.

Dari pantauan, masyarakat senantiasa mengeluh dengan kecilnya badan jalan yang menghubungkan Nagari Lubuk Basung, Nagari Batu Kambing dan Palembayan simpang patai.

Salah seorang warga malabua Katik sampono mengatakan, jalan yang sering dilaluinya setiap hari sebenarnya sudah bagus dengan aspal holmik, tetapi untuk kelebaran jalan masih kurang sehingga kalau dilewati mobil yang agak besar jalan akan menjadi sempit sehingga kalau berpapasan dengan mobil lain salah satu roda harus turun bibir jalan.

Musyawarah Ninik Mamak dan Anak Kemenakan Ninik Mamak Nagari Bawan Kabupaten Agam

AMC / Sabtu 28 Mei 2011 -Ninik Mamak dan anak kemenakan Nagari Bawan lakukan musyawarah tentang plasma ulayat Ninik Mamak Bawan,dalam membentuk kepengurusan dibawah nauangan Kerapatan Adat Nagari (KAN) Bawan, dibuka langsung Bupati Agam. Sabtu (28/5).

Dalam sambutan B. Dt Mangkuto Rajo, Ketua KAN Nagari Bawan menyampaikan bawasan tanah milik ulayat ninik mamak bawan sudah lama di kelola oleh PT AMP, semenjak tahun 1998 ninik mamak dan anak kamanakan nagari bawan sudah menerima hasilnya, dengan perjalanan proses yang sangat panjang, karena rumitnya mengurus.

Jumat, 27 Mei 2011

KCP Bank Nagari Akan Hadir Di Pasar Bawan

AMC / jum'at 27 Mei 2011 -Kantor Cabang Bank Nagari Lubuk Basung dibawah kepemimpinan Maryanto, merencanakan pendirian Cabang pembantu di Pasar Bawan Kenagarian Bawan Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam.

"Kita akan tingkatkan pelayanan terhadap masyarakat dengan pendirian Kantor Cabang Pembantu di Pasar Bawan" kata Maryanto Direktur Bank Nagari Cabang Lubuk Basung, jum'at (27/5)

Bupati Cek UTDRS Lubuk Basung


AMC / Jum'at 27 Mei 2011 -Bupati Agam melakukan pengecekan terhadap Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS) Rumah Sakit Umum Daerah Lubuk Basung dengan pelayanan 24 jam dan kesedian darah.

"Kita melakukan pengecekan terhadap UTDRS ini karena saya gerah dengan adanya isu terhadap kurangnya asupan darah di Rumah Sakit Umum Daerah dan tingginya permintaan terhadap darah",kata Indra Catri Dt Malako Nan Putiah saat berada di Unit Transfusi Darah.Jum,at (27/5)

BUPATI AGAM : RESMIKAN SDN 02, SMPN 1 Dan Melepas 2000 BIBIT IKAN di Kec. Ampek Nagari



AMC / Jumat 27 Mei 2011 -Masyarakat Kecamatan Ampek Nagari agar selalu mememberikan Pendidikan Kepada Anak-anak setinggi-tingginya supaya menjadi manusia yang cerdas, berkualitas.

Hal itu disampaikan oleh Bapak Bupati Agam H. Indra Catri Dt Malako Nan Putiah dalam rangka peresmian gedung SMPN 1 Ampek Nagari dan SDN 02 Batukambing Kecamatan Ampek Nagari.

Disampaikan, SMPN 1 Ampek Nagari Sudah Banyak melahirkan alumni yang sukses dan berhasil dalam berbagai bidang seperti pemerintahan, teknik, kedokteran, dan sebagainya. dengan adanya Pembangunan Gedung SMP dan SD oleh Pihak Metro TV yang rusak akibat Gempa 30 September 2009 sepantasnya kita bersyukur kepada Allah SWT gedung yang representatif dapat diwujudkan dan dimiliki oleh masyarakat, bantuan Metro TV cukup besar selain ruangan belajar juga dilengkapi dengan
mobiler meja, kursi, lemari, WC dan AC.

KONTINGEN AGAM IKUTI 11 NOMOR DI JAMBORE 1000 PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

AMC / Jum'at 27 Mei 2011 -Dinas Pendidikan Kabupaten Agam bidang Pendidikan Non Formal (PNF) mempersiapkan kontingennya untuk 11 Nomor di Jambore 1000 Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD Nonformal dan Informal(PTK-PAUDNI).

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Pendidikan Non Formal (PNF) Yunaidi S,S.Pd,M.Pd kepada Reporter, Jum’at (27/5)

Pemerintah Segera Anggarkan Dana Untuk Siswa Berprestasi

AMC / Jumat 27 Mei 2011 -Marga Indra Putra, Ketua DPRD Kabupaten Agam, meminta Pemkab agar segera menyediakan pos anggaran yang lebih mencukupi untuk membantu siswa berprestasi di Sekolah yang ada di Agam.

Pos anggaran ini bertujuan agar prestasi siswa bisa tersalurkan dan mereka dapat mengharumkan nama Kabupaten Agam, kata Marga Indra Putra, kepada Reporter Agam Media Center (AMC), Kamis(26/5).

PEKERJAAN JEMBATAAN BUKIT BATABUAH DILAKSANAKAN, JALUR ALTERNATIVE KENDARAAN DIBUKA



AMC / Jumat 27 Mei 2011 -Serah terima pekerjaan pembangunan jembatan Simpang Bukik dari Dinas PU Agam ke Kontraktor pemenang tender, Selasa (24/05) dan selama pekerjaan jembatan tersebut jalur alternative untuk kendaraan roda dua dan empat dibuka.

Hal itu diungkapkan oleh Fitrayadi Ketua Pengurus Harian Canduang Media Center kepada Reporter, Jumat (27/05).

KPN KABUPATEN AGAM BEDAH RUMAH UNTUK RTS KECAMATAN CANDUANG

MONISFAR, S.Sos CAMAT CANDUANG LAKUKAN PEMANCANGAN LAHAN DI BANGUNAN PROYEK BEDAH RUMAH KPN KANTOR BUPATI AGAM

AMC / Jumat 27 Mei 2011 -Untuk menciptakan rasa ingin berbagi dengan Rumah Tangga Sasaran (RTS), Koperasi pegawai Negeri (KPN) Kabupaten Agam menggelar bedah rumah atau yang biasa disebut rehab rumah tinggal layak huni.

Hal itu diungkapkan Fitrayadi Ketua Pengurus Harian Canduang Media Center kepada Reporter, Jumat (27/05).

KETUA TP.PKK KABUPATEN AGAM BERIKAN APRESIASI ATAS INOVASI TP.PKK KECAMATAN CANDUANG

NY.VITA INDRA CATRI BERIKAN APRESIASI ATAS INOVASI TP.PKK CANDUANG

AMC / Jumat 27 Mei 2011 -Ketua TP.PKK Kabupaten Agam Ny.Vita Indra Catri memberikan apresiasi atas inovasi dan kreatifitas TP. PKK Kecamatan Canduang. Sebagai program inovatif yang telah bermunculan di Kecamatan Canduang Kabupaten Agam.

Hal itu diungkapkan Fitrayadi Ketua Pengurus Harian Canduang Media Center kepada Reporter, Jumat (27/05).

Ny. Vita Indra Catri Ketua TP.PKK Kabupaten Agam mengatakan, pada saat pembinaan dan kunjungan kerja sehari penuh di Kecamatan Canduang. Acara yang juga dihadiri puluhan pengurus PKK Kabupaten, pengurus PKK kecamatan, nagari serta jorong dan kelompok dasawisma yang ada di Kecamatan Canduang.

SDN 02 dan SMPN 1 Batu kambing akan diserahkan pemakaian Oleh Pihak Metro TV



AMC / Jum'at 27 Mai 2011 - Direncanakan sekolah SMPN 1 dan SDN 02 Batu Kambing yang dibangun Metro TV yang bernaung dibawah Media group akan diserahkan kepada pemerintah Kabupaten Agam dan masyarakat Batu kabing khususnya.Jum,at (27/5)

"Sekolah yang dibangun Metro TV tersebut merupakan sekolah yang sudah runtuh karena gempa yang terjadi september 2009 lalu" Kata Syahrul Hamidi Camat IV Nagari via telpon genggam, Kamis(26/5).

Kamis, 26 Mei 2011

KENSHI AGAM RAIH 1 EMAS, 8 PERUNGGU DALAM KEJURDA

AMC / Kamis 26 Mei 2011 -Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat dan Pengprov Perkemi Sumatera Barat adakan Kejurda dan para Kenshi Kabupaten Agam berhasil meraih prestasi membanggakan di Kejurda Cabang Kempo yang digelar oleh 23 - 25 Mai 2011 di GOR H. Agus Salim Padang. Walaupun tidak meraih juara, namun dengan meraih 1 emas dan 8 Perunggu, para pengurus dan Atlet merasa bangga, mengingat Kempo Agam baru pertama kali mengikuti Kejurda.

Arfinus S.Ip Sekretaris Perkemi Agam didampingi oleh asisten pelatih, Isnel Eko Rahmadsyah mengatakan kepada reporter, Kamis (26/05).

Dalam Rangka Mempelajari 2 Raperda, Pansus DPRD Kota Padang Kunjungi Kabupaten Agam

AMC / Kamis 26 Mei 2011 -Anggota Panitia Khusus (Pansus) II DPRD Kota Padang Dalam rangka membahas 7 (tujuh) Peraturan Daerah (Perda) kota Padang, melakukan Kunjungan kerja dalam memperlajari 2 Raperda ke Agam, bertempat di Aula Kantor Bupati Agam dan disambut lansung Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Syafirman, SH. Kamis(26/05).

Jhon Reza Saikani Ketua Pansus II DPRD Kota Padang mengungkapkan, Kunjungan mereka ini terkait dengan memperlajari 2 (dua) Raperda Kabupaten Agam mengenai Raperda Pajak Bumi Bangunan (PBB) Perkotaan dan Pedesaan dan Raperda Pajak Daerah, kedua Ranperda ini sudah termasuk dari 7 Ranperda bulan ini direncanakan akan dibahas di Pansus II DPRD untuk Kota Padang.

BPPKB AGAM MENGADAKAN PENCANANGAN BULAN BHAKTI TNI

AMC / Kamis 26 Mei 2011 -Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Agam melaksanakan Pencanangan Bulan Bhakti TNI - KB - KES di aula MAKODIM 03/04 Agam, Rabu (25/5).

Kabid Keluarga Sejahtera BPPKB Dra.Rozetta di ruang kerjanya kepada Reporter mengatakan, Kegiatan ini mengangkat tema “Kita Optimalkan Pelaksanaan Percepatan Revitalisasi Program KB Nasional Dalam Rangka Mewujudkan Keluarga Kecil, Bahagia dan Sejahtera”.

O2SN TINGKAT KABUPATEN AGAM DILAKSANAKAN DINAS PENDIDIKAN

AMC / Kamis 26 Mei 2011 -Dinas Pendidikan Kabupaten Agam melaksanakan seleksi Olimpiade Olah Raga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kabupaten Agam dibuka secara resmi Kabid Pendidikan Non Formal (PNF) Yunaidi S,S.Pd,M.Pd di GOR Lubuk Basung, Rabu (25/5).

Hal ini diungkapkan Kabid Pendidikan Non Formal Yunaidi kepada Reporter lewat Phone Rabu kemaren.

SMKN 2 Lubuk Basung Ditantang Bupati Agam

AMC / Kamis 26 Mai 2011 -Bupati Agam Indra Catri Dt Malako Nan putiah tantang SMKN 2 Lubuk Basung khususnya jurusan Agribisnis Produksi Tananman (APT) untuk membudidayakan barbagai macam jeruk.

"Sekolah Menengah Kejuruan (SMKN) 2 Lubuk basung khususnya jurusan pertanian (APT) banyak hal yang bisa dikerjakan dalam hal pertanian yang bisa meningkatkan perekonomian".sebut Bupati

Rabu, 25 Mei 2011

DPPKB AGAM SOSIALISASIKAN KELANGSUNGAN HIDUP, IBU BAYI DAN ANAK

AMC / Rabu 25 Mei 2011 -Badan Pemberdayaaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Agam telah melaksanakan Sosialisasi Kelangsungan Hidup Ibu, Bayi dan Anak (KHIBA), Selasa (23/5) bertempat di Nagari Salareh Aia Kecamatan Palembayan.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang KB/KR Yuniarti,S,Sos diruang kerjanya kepada Reporter, Rabu (25/5).

BUPATI AGAM PANEN PERDANA 1000 MELON SMKN 2 LUBUK BASUNG

Bupati Agam Ir. Indra Catri Penen Perdana 1000 Melon di SMKN 2 Lb. Basung, Rabu (25/5)

AMC / Rabu 25 Mei 2011 --Bupati Agam Ir. Indra Catri Panen Perdana Melon 1000 batang dengan berat sebesar 2 kg di perkebunan sekolah SMKN 2 Lubuk Basung diperkirakan luas lahan lebih kurang 600m2, yang telah ditanami selama 3 bulan oleh siswa pratek jurusan APT (Agribisnis Produksi Tanaman), Rabu (25/5) Pukul 9.30 Wib.

Menurut salah seorang guru pertanian Reni Siska kepada reporter AMC, Melon hasil dari tanam siswa SMK ini bisa kita jadikan produk multi guna seperti jus melon, melon shake dan kemungkinan akan dijual dengan harga 1 kg Rp.8000

PAWAI ARAK-ARAKAN MERIAHKAN HAN DI KECAMATAN CANDUANG

PAWAI ARAK-ARAKAN MERIAHKAN PERINGATAN HAN DI KECAMATAN CANDUANG

AMC / Rabu 25 Mei 2011 -Peringatan Hari Anak Nasional ( HAN ) untuk tingkat Kecamatan Canduang kali ini terlihat begitu meriah, dibuktikan dengan ratusan para pengunjung memadati lokasi acara di halaman kantor camat Canduang untuk melihat acara dan melihat Camat Candunag Monisfar, S.Sos menyanyi dengan anak-anak usia dini, Selasa (24/05).

Hal itu diungkapkan Fitrayadi Ketua Pengurus Harian Canduang Media Center kepada Reporter, Rabu (25/05).

RTS MENJADI PRIORITAS UTAMA KEGIATAN TP.PKK CANDUANG

Ny.Eni Monisfar KETUA TP.PKK KECAMATAN CANDUANG MENYERAHKAN BANTUAN KE RTS

AMC / Rabu 25 Mei 2011 -Rumah Tangga Sasaran (RTS) menjadi prioritas utama yang dilakukan oleh TP.PKK Kecamatan Canduang dalam melakukan terobosan, inovasi dan kreatifitas.

Hal itu diungkapkan Fitrayadi Ketua Pengurus Harian Canduang Media Center kepada Reporter, Rabu (25/05).

10 Kecamatan diberikan JITUT

AMC / Rabu 25 Mei 2011 -Dalam Rangka penetapan Kelompok Penerima mamfaat Bantuan Tani dalam kegiatan Rehabilitas Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani (JITUT), Dinas Dispertahor Agam dengan ini me-alokasikan Dana sebesar 392.000.000 lokasi lahan sebesar 560 hektar, Ungkap Arief Restu Sekretaris Dinas Dispertahor pada Reporter AMC di ruang kerjanya. Rabu(25/05).

Namun, dari beberapa kelompok tani di Kecamatan yang mendapatkan Dana tersebut yaitu kelompok Tani/P3A Banda Labuhan, Harapan Baru, Mutiara Terpendam, Lambah Kasai, Sejahtera, Parit Panjang Permai, Bunga Tanjung, Sawah Taganang, Labuh Bareh, Nailus Sahadah, Nurul Huda,Rasaki Abadi dan rumah Sirah.

DIPERTAHOR AGAM BANTU SARANA DAN PRASARANA KELOMPOK TANI

AMC / Rabu 25 Mei 2011 -Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Dipertahor) Kabupaten Agam melakukan penyediaan dan pengembangan sarana prasarana pertanian untuk para kelompok tani yang ada di Kabupaten Agam.

Hal ini disampaikan Sekretaris Dispertahor Arief Restu yang didampingi satker pembuat komitmen Ir.Zendri Warman diruang kerjanya kepada Reporter, Rabu (25/5).

Warga Matur Wakili Agam di Tingkat Nasional

AMC / Rabu 25 Mei 2011 -Fachri Aidil Fiad (14), siswa kelas VIII SMP 1 Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, mewakili Provinsi Sumatera Barat dalam Lomba Poster Tingkat Nasional yang diadakan pada tanggal pada (20/ 06) bertempat di Jakarta.

Warga Kampung Teleng Jorong Sidang Tangah Kenagarian Matur Mudiak Kecamatan Matur itu sebelumnya meraih juara dua lomba poster dalam rangka jambore sanitasi 2011 Tingkat SMP se-Sumbar di Padang, yang berlangsung pada 21 - 22 Mei 2011.

Selasa, 24 Mei 2011

DISDIK AGAM ADAKAN JAMBORE 1000 PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

AMC / Selasa 24 Mei 2011 -Kepala Bidang Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan Kabupaten Agam Yunaidi S, S.Pd.M.Pd membuka secara resmi Jambore 1000 Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Pendidikan Non Formal (PTK-PNF) tingkat Kabupaten Agam di Kampus Bougenvile Lubuk Basung, Senin (23/5).

Dalam sambutannya Yunaidi menyampaikan bahwa Pendidikan Non Formal (PNF) sangatlah penting terkait dengan 3 permasalahan diantaranya : Pendidikan Non Formal sebagai pengganti, penambah dan pelanjutan bagi warga Masyarakat yang membutuhkan.

Perlunya Penerapan pendidikan agama Berkharakter yaitu Zikir dan Pikir

AMC / Selasa 24 Mei 2011 -Bupati Agam diwakili staf ahli pengembangan SDM H. M. Usman, SH menyampaikan, perobahan hidup dimulai dari pendidikan serta lanjutkan pendidikan anak kejenjang yang lebih tinggi.

Hal ini disampaikan pada acara perpisahan siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Batu Kambing Bertempat di halaman sekolah setempat, Selasa (24/05).

Syahrul Hamidi, SH. Camat Ampek Nagari menyampaikan, pendidikan agama anak-anak perlu didukung dan di dorong serta Pendidikan suatu produk dimana anak-anak bisa memperoleh pendidikan plus dan Perlu kerja keras guru dan walimurid Sehingga nilai memuaskan.

Pemkab Agam Segera Selesaikan Masalah Tanah

AMC / Selasa 24 Mei 2011 -Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Agam, meminta kepada pemerintah agar bisa menyelesaikan permasalahan tanah, batas nagari dan batas wilayah dengan kabupaten lain.

"Saya mengharapkan masalah tanah yang sering terjadi di Kabupaten Agam, seperti plasma Jorong Subang Subang, perbatasan Nagari Palembayan dengan Kecamatan Ampek Nagari dan batas antar kabupaten tetangga cepat diselesaikan," kata Anggota Fraksi Partai Bulan Bintang, Zul Arifin Dt Parpatih," kepada Agam Media Center (AMC), Selasa (23/5).

SALAH SEORANG GENERASI MUDA CANDUANG BERPULANG KERAHMATULLAH

AMC / Selasa 24 Mei 2011 -Kecamatan Canduang kembali berduka cita, salah seorang generasi muda yang jadi harapan bagi kemajuan Kecamatan Canduang pada masa mendatang, dipanggil menghadap Sang Pencipta. Dian Pratama (22 tahun), mahasiswa semester 6 di Universitas Negeri Padang ( UNP ) yang juga sekaligus Ketua Alumni SMA Negeri 1 Canduang yang baru saja terpilih beberapa bulan yang lalu menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 05.00 di Rumah Sakit Yarsi Bukittinggi, Jum’at (20/5).

Salah seorang tim menyampaikan kepada Reporter, sebelum meninggal Dian yang lebih akrab dipanggil “Gaek” mengalami sakit pada hulu hati setelah terjadi tabrakan fisik tanpa sengaja dengan kawannya sewaktu bermain bola di Padang beberapa hari yang lalu. Setelah kejadian itu, kondisi Dian semakin melemah dan akhirnya pada hari Rabu 18 Mei 2011 Dian dirawat di RS Yarsi Bukittinggi.

“KECAMATAN SANTRI” JADI ICON KECAMATAN CANDUANG



AMC / Selasa 24 Mei 2011 -Kalau kita sepakat usulan dan ide dari Pemerintah kecamatan Canduang untuk membuat icon Canduang menjadi “Kecamatan Santri” perlu mendapat dukungan dari kita bersama.

Hal itu diungkapkan oleh Bupati Agam Indra Catri, Dt.Malako Nan Putiah dalam acara pembagian ijazah 23 santri dan santriwati MUS Bingkudu Yayasan Syekh Ahmad Thaher di aula MUS Bingkudu, Nagari Canduang Koto Laweh, Kecamatan Canduang, Minggu, (22/5) dan diungkapkan Fitrayadi Ketua Pengurus Harian Canduang Media Center kepada Reporter, Selasa (24/05).

CAMAT CANDUANG AKAN BERI “PERMATA AWARD 2011” UNTUK MT

MONISFAR, S.Sos CAMAT CANDUANG

AMC / Selasa 24 Mei 2011 -Camat Canduang menggelar kegiatan kompetensi dalam penganugerahan predikat terhormat yakni "Permatan Canduang Award 2011" tujuannya untuk memotivasi sekaligus memberikan apresiasi terhadap kelembagaan keagamaan yang salah satunya adalah Kelompok Majelis Taklim se-Kecamatan Canduang dan saat ini berjumlah 37 Kelompok Majelis Taklim (MT).

Hal itu diungkapkan Fitrayadi Ketua Pengurus Harian Canduang Media Center kepada Reporter, Selasa (24/05).

Senin, 23 Mei 2011

GENERA MUDA AGAM DILATIH ILMU PERTUKANGGAN



AMC / Senin 23 Mei 2011 -Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (SOSNAKER) Kabupaten Agam bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (NAKERTRANS) Propinsi Sumatera Barat lakukan pembekalan untuk generasi muda yang putus sekolah terutama yang berminat tentang ilmu pertukaan di Kantor Wali Nagari Garagahan Kecamatan Lubuk Basung, peserta yang berasal dari generasi muda berjumlah 16 orang, pelatiahan dimulai tanggal 18 April 2011 sampai dengan 16 Mei 2011.

Hal itu diungkapkan oleh Yurnawati, SH Kasi Peningkatan Kesempatan Kerja Dinas SOSNAKER kepada reporter diruangan kerjanya, Senin (23/05).

SOSNAKER AGAM LAKUKAN SOSIALIASI PENEMPATAN TKI

PARA CALON TKI AGAM IKUTI SOSIALIASI PEMBEKALAN

AMC / Senin 23 Mei 2011 -Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (SOSNAKER) Kabupaten Agam bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (NAKERTRANS) Propinsi Sumatera Barat lakukan Sosialiasasi Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Luar Negeri di Balairong Sosial Kecamatan Tanjung Raya, peserta yang berasal dari generasi muda berjumlah 30 orang hari Kamis, (12/05).

Hal itu diungkapkan oleh Asni, BA Kabid Ketenagakerjaan Dinas SOSNAKER kepada reporter diruangkan kerjanya, Senin (23/05).

Korban Tersambar Petir dimakankan

AMC / Senin 23 Mei 2011 -Kepsek SD 39 Koto Alam Nerwati (45) dan Anaknya Indah (16) meninggal Pkl. 19.15 di RSUD Lubuk Basung akibat tersambar Petir diteras depan rumahnya Sabtu sore di Koto Alam Dikebumikan Oleh Keluarganya.

Bupati Agam Meresmikan Pemakaian Gedung (PAUD) Raflesia PNPM-Mandiri

AMC / Senin 23 Mei 2011 -Bupati Agam Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah meresmikan pemakaian Gedung pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Raflesia PNPM-Mandiri Perdesaan di jorong Batang Palupuh Nagari Koto Rantang Kecamatan Palupuh(23/05).

PAUD merupakan salah satu stategi dalam peningkatan kwalitas SDM, sehingga PAUD harus dipandang sebagai titik sentral yang sangat fundamental dalam mencerdaskan bangsa. Hal ini diungkapkan Bupati pada Reporter Media Center (AMC) setelah acara Peresmian.

Camat Ampek Nagari Goro Bersama


AMC / Senin 23 Mei 2011 -Camat Ampek Nagari goro bersama wali murid, komite betempat di Sekolah Dasar Negeri 16 Batu Kambiang Kecamatan Ampek Nagari, Senin.(23/05).Goro memasang pondasi pagar dan dam SD yang telah rusak pasca gempa 30 September 2009.

Syahrul Hamidi SH. Camat Ampek Nagari menyampaikan, "goro merupakan salah satu bentuk partisipasi masyarakat dalam membangun sarana dan prasarana bidang pendidikan".

Bupati Agam Lepas Keberangkatan 20 Atlit Kempo

AMC / Senin 23 Mei 2011 -Bupati Agam Dt. Malako Nan Putiah, lepas keberangkatan sebanyak 20 atlet Kempo untuk mengikuti Kejuaraan Daerah (Kejurda) tingkat Propinsi Sumatera Barat.

Namun, sebelum pelepasan keberangkatan atlet jam 06.00 Wib. Senin (23/05), dilakukan silaturahhmi dan sarapan pagi bersama atlet dirumah dinas Bupati Agam.

Bupati Agam dikawal Kopasus Melakukan Napak Tilas Jalur Sejarah Malalak ke Tanjung Raya.

AMC / Senin 23 Mei 2011 -Bupati Agam, Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah, melakukan ekpedisi jalur sejarah (Napak Tilas) di Kecamatan Malalak ke Tajung Raya, sering dilalui oleh orangtua Buya Hamka semasa hidupnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Agam itu didampingi Dasub Korwil Ekspedisi Bukit Barisan Sumbar, Mayor Infantri Beni Rahardian Caniago, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Agam, Camat Malalak Bambang Warsito, Niniak Mamak, Anggota Kopasus dan sejumlah tokoh Masyarakat.

Tersambar Petir Ibu dan Anak Tewas

AMC / Senin 23 Mei 2011 -Seorang ibu dan anaknya Jorong Koto Alam Subarang Aia Kenagarian Salareh Air Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam tewas akibat tersambar petir (21/05). Mereka adalah Herawati (45) Kepala Sekolah SDN 39 Koto Alam dan Indah (16) Pelajar SLTP kelas 2 Kecamatan Palembayan .

Menurut Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Hendri Rusdian pada Sabtu (21/5) mengatakan, Herawati mengalami luka Bakar 6 sentimeter pada leher dan indah mengalami luka bakar dipinggangnya.

Akibat Konsleting 1 Rumah di Perumnas Talago Nyaris Terbakar

AMC / Senin 23 Mei 2011 -Diduga akibat konsleting arus listrik, sekitar 1 rumah di kawasan Perumnas Talago Permai jl. Rajawali IV no. 22 nyaris terbakar pada minggu sore (22/05).

“Api berasal dari rumah yang milik Nurhayati(45) pegawai Badan Penganggulangan Bencana DAerah (BPBD) Kabupaten Agam pada pukul 04 Sore. Dalam waktu cepat api langsung menyambar tetapi berkat Warga setempat langsung memadamkan api yang sempat membakar beberapa alat elektronik dan perabotan miliknya, ”ungkap Syaf, saksi mata yang turut serta mematikan kebakaran tersebut.

Sabtu, 21 Mei 2011

1001 GULAI KEPALA IKAN TIKU RAIH REKOR MURI



AMC / Sabtu 21 Mei 2011 -Tiku, Agam, SO--Saat ini, masyarakat Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam pantas berbangga hati, karena salah satu kulinernya "Gulai Kapalo Lauk" (red:Gulai Kepala Ikan) yang paling di cari oleh para wisatawan baik lokal maupun luar daerah sudah tercatat pada Museum Rekor Indonesia yang sekarang berganti nama dengan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan nomor: 4895/R.MURI/V/2011, Sabtu (21/5) Pukul 13.00 Wib.

Dilapangan Mahoni Tiku, 1001 Gulai Kepala Ikan telah mampu pecahkan rekor MURI, dan rekor MURI ini merupakan rekor MURI ke dua setelah Kecamatan Matur terlebih dahulu mencatatkan namanya pada rekor MURI untuk 1001 Kolak Labu beberapa bulan lalu, dan itu merupakan persembahan masyarakat Agam buat Bupati Agam Ir. Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah yang belum setahun memegang tampuk pimpinan Kabupaten Agam.

Bupati Agam Tutup Kegiatan Kemah Kebangsaan

AMC / Sabtu 7 Mei 2011 -Bupati Agam Indra Catri Dt Malako Nan Putiah, menjadi Inspektur upacara penutupan Kemah Kebangsaan di Lapangan Mahoni Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam.Sabtu (21/5)

Kemah kebangsaan yang dilaksanakan semenjak tanggal 16 Mai 2011 yang lalu dipusatkan di Kecamatan Malalak dengan peserta berasal dari pemuda dan pemudi Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi dan Anggota Palang Merah Indonesia serta anggota KOPASSUS yang sedang melakukan Espedisi Bukit Barisan.

Jumat, 20 Mei 2011

ERWIN UMAR : HARKITNAS DIMENSI PEMBANGUNAN KARAKTER BANGSA

AMC / Jumat 20 Mei 2011 -Dinas Pendidikan Agam mengadakan kegiatan Ekspedisi Bukit Barisan Sumbar tahun 2011 di Pahambatan, Balingka Kecamatan IV Koto Agam, Kamis (19 /5).

Kepala Dinas Pendidikan Agam Drs. ERWIN UMAR, M.Pd.menyampaikan kepada Reporter, pada saat ini kita memahami dan menyadari tantangan global dan internal yang sedang dihadapi, mengharuskan kita semua untuk memperkuat jati diri, identitas dan karakter sebagai bangsa Indonesia. Bangsa yang dikarunai Tuhan Yang Maha Kuasa potensi sumber daya alam dan manusia yang luar biasa besarnya.

BADAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN KB ADAKAN SOSIALISASI

AMC / Jum'at 20 Mei 2011 -Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluaraga Berencana (BPPKB) akan mengadakan sosialisasi Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB) pada hari senin mendatang.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Keluarga Berencana Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Dra.Rozeta kepada Reporter AMC di ruang kerjannya, Jum’at (20/5).

Momen Peringatan untuk menyukseskan Program Pendidikan

AMC / Jum'at 20 Mei 2011 -Momen peringatan hari pendidikan dan hari kebangkitan Nasional ke-103 agar dijadikan evaluasi untuk menyukseskan program pendidikan khususnya mutu pendidikan mendatang.

Hal itu disampaikan Camat Ampek Nagari Syahrul Hamidi, Sh. membacakan sambutan Mentri Pendidikan dan Menkominfo RI pada upacara peringatan hardiknas dan hakitnas tingkat Kecamatan di halaman SMA I Bawan, Kabupaten Agam ,Jumat(20/05).

Personil PDAM Agam Lakukan terobosan, Siap Siaga 24 Jam dalam Meningkatkan Pelayanan

AMC / Jum'at 20 Mei 2011 -Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Agam harus kerja keras menggenjot pelayanan air kepada masyarakat agar mampu mencapai target Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs), Pada Saat ini sekitar 12.414 orang pelanggan pada bulan februari 2011 yang telah menjadi konsumen dengan 9 unit pelayanan PDAM di Kabupaten Agam.(20/05)

SSB Tunas Harapan Wakili Agam Festival Sepak Bola Anak se- Dunia Usia 12 Tahun Piala Dadone

AMC / Sabtu 7 Mei 2011 - Sekolah Sepak Bola (SSB) Tunas Harapan Lubuk Basung wakili Kabupaten Agam di tingkat propinsi Sumatera Barat dalam pertandingan Festival Sepakbola Anak se-Dunia Usia 12 Tahun memperebutkan piala Danone.

"Setelah kita kalahkan SSB Putra Nusantara Pasaman di pertandingan final dengan skor 2-1, makanya kita yang mewakili grup I kepertandingan final 24 besar, Kata Ben Sastra Meneger Sekolah sepak Bola (SSB) Tunas Harapan.Jum'at (20/5).

Dalam Rangka Harkitnas Disdik Lakukan Presentasi

AMC / Jum'at 20 Mei 2011 -Dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional dan kegiatan Ekspedisi Bukit Barisan Sumbar tahun 2011 Dinas Pendidikan Kab. Agam melakukan presentasi sejarah hari kebangkitan Nasional Indonesia bertempat SMA I Pahambatan, Nagari Balingka Kec. IV Koto Agam, Kamis (19/05).

Drs. ERWIN UMAR, M.Pd. Kepala Dinas Pendidikan Kab. Agam mengungkapkan dalam sabutannya, Melalui organisasi yang dilakukan para pejuang indonesia, telah melahirkan organisasi yang secara tegas menyatakan diri sebagai organisasi politik, ada pula yang lebih menitik beratkan kegiatan di bidang agama, ekonomi, sosial dan pendidikan.

Pemkab Agam Diperingati Dua Hari Bersejarah Sekaligus

AMC / Jum'at 20 Mai 2011 -Pemerintah Kabupaten Agam laksanakan upacara bendera dalam memperingati dua hari bersejarah sekaligus yaitunya Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di Halaman Kantor Bupati Agam.Jum'at (20/5).

Bupati Agam, Indra Catri Dt Malako Nan Putiah, selaku inspektur Upacara, menyampaikan dalam amanat; dalam memperingati dua hari besar sekaligus antara lain hari pendidikan nasional ke 83 dan hari kebangkinan nasional ke-103 kali.

UNTUK SUKSESKAN SWASEMBADA DAGING 2014 SATUKAN KOMITMEN

AMC / Jumat 20 Mei 2011 -Untuk mensukseskan swasembada daging sapi 2014 harus dibangun komitmen dan persepsi yang sama antara Pemerintah Propinsi, Pemerintah Kabupaten/kota, masyarakat dan seluruh Stakheldor sejak perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi mencakup aspek-aspek pendanaan, sarana prasarana, kelembagaan, SDM, komunikasi, informasi dan edukasi serta perangkat pendukung lainnya.

Hal itu diungkapkan oleh Ir.Andry, MM Kepala Dinas Peternakan kepada reporter di ruangan Agam Media Center, Kamis (19/05)

BANK INDONESIA LAKUKAN WORSHOP UNTUK BETERNAK SAPI

AMC / Jumat 20 Mei 2011 -Dalam rangka pengembangan usaha menengah, kecil dan mikro (UMKM) sector pertanian dan peternakan di Sumatera Barat Kantor Bank Indonesia Cabang Padang mengadakan Workshop Beternak Sapi Potong Yang Baik bertempat di Kelompok Tani Ternak Sapi potong Mandiri Sariah pimpinan Ahmad husni dibawah binaan Romeo Risai Panji Alam Nagari Bukit Batabuah Kecamatan Canduang Kabupaten Agam.

Hal itu diungkapkan oleh Ir.Andry, MM Kepala Dinas Peternakan kepada reporter di ruangan Agam Media Center, Kamis (19/05)

Kamis, 19 Mei 2011

SMAN Agam Cendikia Juara 1 Lomba Puisi Tingkat SMAN Sederajat

AMC / Kamis 19 Mei 2011 - Siswi SMAN Agam Cendikia, keluar sebagai juara satu pada Lomba Puisi Tingkat SMA, SMK dan MA se-Kabupaten Agam, yang memperebutkan tropy dan uang, kamis(19/05).

Lomba Puisi kerja sama antara Dinas Pendidikan dan Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Agam, bertempat di Halaman Kantor Arsip dan Perpustakaan akhirnya menemukan pemenang dengan nama Vira Maulina dengan nilai 229 dengan judul puisi Penghuni Puisi(2)

Juara kedua lomba Puisi diraih Otriani Suryani SMA 2 Tilatang Kamang, dengan nilai 227, judul puisi Penghuni Puisi(2) .

Osama Harumkan Nama Ampek Nagari




AMC / Kamis 19 Mei 2011
- Osama (8) murid SDN 21 Pasia Tinggi, Nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari keluar sebagai pemenang juara 1 tenis meja pada Olimpiade O2SN tingkat Agam.

Hal ini di ungkapkan langsung Oleh Camat Ampek Nagari, Syahrul Hamidi, SH Kepada reporter AMC Via Phone, Kamis (19/05) Pukul 16.30 Wib.

"Osama merupakan atlet cilik berprestasi yang saat ini mengharumkan nama Kecamatan Ampek Nagari , khususnya SDN 21 Pasia Tinggi tempat dia menuntut ilmu," Kata Syahrul.

Tiga Labor Sekolah Jadi Prioritas Dinas Pendidikan

AMC / Kamis 19 Mei 2011 -Dinas Pendidikan Kabupaten Agam akan prioritaskan pembangunan Labor Bahasa dan komputer untuk tiga Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) yang masuk kepada sekolah Sekolah Standar Nasional.

"Untuk menunjang ketiga sekolah tersebut sbagai sekolah standar nasional kita akan prioritaskan pembangunan Labor Bahasa dan komputer" kata Kepala Dinas pendidikan Kabupaten Agam melalui sekretaris Ediosman Spd, Mpd, saat dilakukan konfimasi. Kamis (19/5).

Camat Ampek Nagari Lepas Keberangkatan Atlit (O2SN)

AMC / Kamsi 19 Mei 2011 -Camat Ampek Nagari Syahrul Hamidi, SH. melepas keberangkatan Atlit Olimpiade Olahraga Sekolah Negeri (O2SN) Ampek Nagari ke-tingkat Agam bertempat di Halaman Kantor kecamatan Ampek Nagari di Bawan, Kabupaten Agam, Kamis,(19/05).

Syahrul Hamidi menyampaikan dalam pertandingan jangan grogi jika grogi kita akan kalah. Kemudian semangat tinggi jangan mudah menyerah, sebelum mulai berdoa kepada Allah SWT. agar diberikan kekuatan lahir batin.

Agam Adakan Lomba Puisi Tingkat SMA/SMK

AMC / Rabu 19 Mei 2011 -Kantor Arsip dan Pustaka bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Agam, adakan lomba baca puisi tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Agam, nantinya pemenang akan mengikuti lomba ditingkat Propinsi sumatera Barat.

Acara diadakan didepan Kantor Arsip dan Pustaka dibuka Bupati Agam yang diwakili Asisiten ekonomi dan Pembangunan Junaidi, Bsc. Rabu (19/5).

BUPATI AGAM MENGAJAK MASYARAKAT UNTUK HIDUP SEHAT



AMC / Kamis 19 Mei 2011 -Dinas Kesehatan kabupaten Agam melakukan Senam Sehat Bersama masyarakat Sungai Pua dan Jajaran Pemda Agam yang dihadiri lansung oleh Bapak Bupati Agam dan Sekda Agam. Tujuan kegiatan ini untuk memasyarakatkan Perilaku Hidp Sehat, diantaranya melakukan aktivitas fisik setiap Hari. Bapak Bupati menghmbau secara langsung pentingnya melakukan kegatan olahraga secara teratur gunanya mencegah beberapa jenis penyakit.  Senam Sehat ini sebenarnya sudah rutin dilakukan oleh masyarakat sungai Pua . Masyarakat sungai Pua mempunyai Kelompok Senam yang bernama  Singgalang Indah. Kelompok senam ini anggotanya di nominasi oleh ibu-bu, tetapi tetap semangat apalgi senam kali ini didatangi oleh Bapak bupati Agam dan Pejabat Kabupaen dan Kecaatan, dengan satu tujuan yaitu unuk hidup Sehat.

SKPD SE-KABUPATEN AGAM SEGERA TINDAK LANJUTI HASIL RAKER WALNAG

BUPATI AGAM TEMU RAMAH DENGAN WALI NAGARI SE-KABUPATEN AGAM

AMC / Kamis 19 Mei 2011 -Masing-masing SKPD se-Kabupaten Agam mesti langsung menindak lanjuti semua yang telah dihasilkan dalam Rapat Kerja dengan Walinagari (Walnag) se-Kabupaten Agam.

Hal itu diungkapkan oleh Indra Catri Dat.Malako Nan Putiah saat menjamu Wali Nagari Se-Kabupaten Agam di rumah dinas setelah Rapat kerja, Rabu (18/5).

DISDIK AGAM LAKUKAN PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS TIK

AMC / Kamis 19 Mei 2011 -Untuk mendukung instruksi Presiden Nomor X tahun 2011 tentang Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan Nasional Tahun 2011 sebagai salah satu rencana aksi dalam Bidang Pendidikan adalah penerapan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Hal itu diungkapkan oleh Drs.Eriswandi, MM Kabid Penataan Informasi dan Manajemen (PIM) Dinas Pendidikan, didampingi oleh Jeki, S.Kom, M.Si Kasi Sistem Informasi dan Manajemen (SIM) diruangan kerjanya, Rabu (18/5).

Hari Ini TNI dan Warga Simaruwok Lakukan Goro Bersama

AMC / Kamis 19 Mei 2011 -Dalam rangka Abri Masuk Desa (Pra-AMD) 100 Masyarakat Simaruwok mengadakan Gotong Royong bersama 3 Koramil Kecamatan Lubuk Basung, Maninjau dan Tanjung Mutiara (19/05), secara bergiliran tiap harinya menjelang Pembukaan AMD yang dilaksanakan (01/06) untuk memperbaiki jalan 3,5 Km dan jembatan Nagari geraggahan Kec. Lubuk Basung, Kabupaten Agam.

BUPATI AGAM TEMU RAMAH DENGAN PERS KABUPATEN AGAM



AMC / Rabu 18 Mei 2011 --Bupati Agam, Indra Catri memuji berita kabupaten Agam di portal berita www.agammediacenter.blogspot.com dan www.sumbaronline.com sebagai media online yang eksis mengekspose Agam.

Pernyataan ini meluncur dari Bupati Agam, Indra Catri ketika dihelat silaturahmi wartawan se Agam di Rumah Dinas Bupati Agam, Rabu malam ini (18/5), pukul 20.00 Wib.

Rabu, 18 Mei 2011

Badan Amil Zakat (BAZ) Sumbar Serahkan bantuan 2 ton Beras



AMC / Rabu 18 Mei 2011 -Bupati Agam Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah didampingi Prof . H. Syamsul Bahri Khatib Ketua BAZ Propinsi Sumatera Barat dan Yandril Ketua BAZ Agam,Rabu(18/5), menyerahkan bantuan 2 ton beras kepada para korban bencana yang berjumlah 175 KK 553 Jiwa yang bertempat Shelter Nagari Tanjung Sani Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam.

Dalam sambutannya Ketua BAZ Propinsi Sumatera Barat Prof . H. Syamsul Bahri Khatib mengatakan, "Bantuan diberikan merupakan wujud peduli kepada masyarakat yang tertimpah musibah dan kita harus sabar dengan ujian serta harus bersyukur dengan keadaan yang ada sekarang ini"

DINAS PENDIDIKAN AGAM ADAKAN ACARA PENYULUHAN BAHASA INDONESIA

AMC / Rabu 18 Mei 2011 -Dinas Pendidikan Kabupaten Agam mengadakan acara penyuluhan Bahasa Indonesia untuk Guru Sekolah Dasar (SD) dari balai Bahasa Padang dibuka Sekretaris Dinas Pendidikan Agam Ediosman, S.Pd,M.Pd di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Agam, Rabu (18/5).

Ediosman mengatakan, jumlah peserta yang ikut penyuluhan Bahasa Indonesia berasal dari Guru-guru SD se Kabupaten Agam sebanyak 30 orang.

KANTOR ARSIP DAN PERPUSTAKAAN ADAKAN LOMBA BACA PUISI TINGKAT SMA SEDERAJAT

AMC / Rabu 18 Mei 2011 -Kantor Arsip dan Perpustakaan Agam bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Agam merencanakan akan mengadakan lomba baca Puisi tingkat SMA dan SMK se Kabupaten Agam , pembukaan acara tersebut rencananya, Kamis (19/5) bertempat di Halaman Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Agam

Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Drs.Jamasri pada Reporter di kantor AMC, Rabu (18/5).

SMA 1 Ampek Angkek; Sudah 17 Orang Siswa Undangan Ke Perguruan Tinggi

AMC / Rabu 18 Mei 2011 -Setelah berhasil melulusan 100 persen sebanyak siswanya 287 siswa dalam Ujian Nasional (UN), saat ini sudah 17 siswa SMA 1 Ampek Angkek yang diterima di Perguruan Tinggi melalui jalur undangan dan masih ada yang akan menyusul.

"Saat ini sudah 17 orang siswa SMA 1 Ampek Angkek yang melaporkan ke sekolah bahwa diterima di 6 Perguruan Tinggi"kata Silfa Dusun Kepala sekolah SMA 1 Ampek Angkek.Rabu (18/5).

Rehab Jenjang 1000, Rasa Persaudaraan Alumni se- Bukittinggi

AMC / Sabtu 7 Mei 2011 -Rehab jenjang 1000 dan perbaikan jembatan merah yang akan dilakukan dalam waktu dekat oleh kumpulan Alumni SLTA se-Bukittinggi setelah lahirnya gagasan dan sudah ditegaskan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (MENKOMINFO).

"Rencana rehab jenjang 1000 Koto Gadang dan perbaikan jembatan merah merupakan inisiatif dan gagasan dari Alumni se- Bukittinggi karena rasa cinta kampung dan rasa persaudaran yang kokoh" kata Indra Catri Dt Malako Nan Putiah bupati Agam sekaligus alumni Buklittinggi. Rabu (18/5).

APARATUR DI PEMERINTAHAN NAGARI DITINGKATKAN

BUPATI AGAM, INDRA CATRI DT.MALAKO NAN PUTIAH BERI SAMBUTAN SAAT MEMBUKA ACARA RAKER NAGARI DI AULA KANTOR BUPATI AGAM

AMC / Rabu 18 Mei 2011 -Kemampuan aparatur di nagari se-Kabupaten Agam ditingkatkan dengan melakukan pelatihan-pelatihan dan membenahi infstruktur yang ada agar pelayanan di tingkat Pemerintahan Nagari bisa lancar, jika Pemerintahan Nagari kuat maka otomotis Pemerintahan di tingkat Kabupaten akan lebih bagus .

Hal itu disampaikan oleh Indra Catri Dt.Malako Nan Putiah Bupati Agam saat membuka Rapat Kerja (Raker) Pemerintah Kabupaten Agam dengan Walinagari se-Kabupaten Agam di Aula Kantor Bupati Agam, Rabu (18/05).

Harga Kulit Manis Mengalami Penurunan

AMC / Rabu 18 Mei 2011 -Harga komoditi Kulit Manis Mulai mengalami penurun harga semenjak dua bulan terakhir di kecamatan Malalak, kondisi tersebut memaksa warga untuk menahan kulit manis mereka sembari menunggu harga jualnya kembali normal.

"sudah dua bulan terakhir harga kulit manis mengalami penurunh, Diperkirakan kondisi seperti ini akan berlangsung lama karena membanjirnya kulit manis di gudang pengumpul dan pasaran" kata Darminto salah seorang warga Malalak.Rabu (18/5).

BUNGA DAHLIA SEBAGAI IKON KEDAMAIAN DI KABUPATEN AGAM



AMC / Rabu 18 Mei 2011 -Tanaman hias yang identik dengan keindahan dan kedamaian sehingga Kabupaten Agam akan berencana mengembangkan bunga dahlia.

Hal itu diungkapkan oleh M.Tasrif Sartana Penyuluh Kabupaten Agam sesuai dengan yang disampaikan Bupati Agam dan mengataka kepada reporter, Senin (16/05).

CAMAT AMPEK NAGARI SILATURAHMI KENAGARI SITALANG

AMC / Kamis 12 Mei 2011 -Camat Ampek Nagari Syahrul Hamidi, SH mengunjungi Nagari Sitalang dalam rangka silaturahmi ke Pemeritah Nagari Sitalang, Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam,

Syahrul mengatakan kepada Ninik mamak, alim ulama, tokoh masyarakat, lembaga Pemberdayaan Masyarakat Nagari (LPMN), TP-PKK, Bundo Kanduang untuk saling membantu untuk membangun nagari Sitalang, Selasa (10/5).

Masyarakat Serbu Agen, Mita Langka Di Pasaran

AMC /Rabu 18 Mei 2011 -Minyak Tanah (Mita) langka di Kota Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Rabu(18/05), akibat Pasokan yang cepat habis di pasaran sepekan terakhir. Akibatnya, harga di tingkat eceran melambung menjadi antara Rp 5.000 sampai Rp 6.000 per liter. Padahal harga eceran tertinggi di tingkat agen adalah Rp 4.000 per liter.

Pangkalan minyak tanah pun diserbu warga. Salah satunya milik warga geraggahan yang berlokasi di di Batu Hampar maupun di Lapau Talang Kec. Lubuk Basung maupun di tempat lain di Kabupaten Agam. Sejak pukul 07.00 WIB masyarakat sudah mengantri. Mereka dijatah beberapa liter per orang.

Selasa, 17 Mei 2011

MENKOMINFO RI : JANJANG 1001 KENANGAN DAN JEMBATAN MERAH BUAIAN KENANGAN KOTO GADANG SIMPUL KENANGAN ALUMNI BUKITTINGGI



AMC / Selasa 17 Mei 2011 --Pertemuan Bupati Agam Ir. Indra catri dengan Menteri Komunikasi Dan Informasi Ir. Tifatul Sembiring beserta Alumni Sekolah SMA, STM dan MA se-Bukittinggi yang dilangsungkan di Rumah Makan Pauh Piaman Bukittinggi merupakan pertemuan "Nostalgia" dengan mengedepankan aspek menata kembali kenangan indah masa lalu, salah satu rencananya adalah perbaikan Janjang 1000 dan Jembatan Merah Koto Gadang.

Tingginya rasa kencintaan Alumni se Bukittinggi, untuk memepererat rasa persaudaraan akhirnya tercetus dari pertemuan dengan Menkominfo RI tersebut untuk menjadikan Janjang 1000 menjadi "Janjang 1001 Kenangan" dan Jembatan Merah menjadi "Jembatan Merah Buaian Kenangan" yang akan dijadikan salah satu ikon memory terindah yang bisa dinikmati kembali dengan racikan yang berbeda setelah nantinya grand design kedua ikon kenangan telah selelsai dikerjakan, ucap Bupati Agam kepada reporter, Selasa (17/5)

POHON PEPAYA MENGHIASI KOMPLEK GOR LUBUK BASUNG

AMC / Selasa 17 Mei 2011 -Bermula dari keinginan Bupati Agam Indra Catri Dt.Malako Nan Putiah mencanangkan Tahun 2011 sebagai tahun Agam Menyemai 2011, salah satu yang telah dilaksanakan adalah menyemai bibit pepaya di Komplek GOR Lubuk Basung. Lebih kurang ada 96 batang.

Penyuluh pertanian Agam M.Tasrif Sartana menyampaikan, pepaya adalah salah satu tanaman sejenis buah-buahan yang sangat disukai dan populer di tengah-tengah masyarakat. Selain murah, zat gizi yang dikandungnya pun lengkap. Biji, daun, batang, dan akarnya sangat bermanfaat sebagai obat.

KECAMATAN AMPEK ANGKEK ADAKAN LOMBA CERDAS CERMAT MTQ TINGKAT SD

AMC / Senin 16 Mei 2011 - Bupati Agam Indra Catri Dt.Malako Nan Putiah membuka secara resmi lomba cerdas cermat MTQ dan TIK tingkat Sekolah Dasar (SD) se Kecamatan Ampek Angkek dan Kecamatan Baso di MTsN Penampung, Sabtu (14/5).

Indra menyampaikan, dalam acara lomba MTQ dan TIK tersebut agar nantinya anak didik bisa membekali diri dengan Iman dan Taqwa serta mempunyai  berbagai ilmu dibidang teknologi .

Senin, 16 Mei 2011

Peringkat Kabupaten Agam Naik Dari Tahun Lalu

AMC / Senin 16 Mei 2011 -Prestasi Kabupaten Agam naik dari tahun lalu dilihat dari hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK/MA yang sudah diumumkan disetiap sekolah menengah.

"Prestasi Agam terlihat ada peningkatan dari tahun lalu dilihat dari hasil UN" kata Ediosman Spd. Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Agam. Senin (16/5).

TP PKK Gelar Pertemuan Dalam Rangka Pembinaan

AMC / Senin 16 Mei 2011 -Jajaran TP PKK Kabupaten Agam menggelar pertemuan dalam rangka Pembinaan bertempat di Aula Kantor Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam, senin(16/5), dihadiri oleh Ketua tim penggerak (TP) PKK Agam Ny. Vita Indra Catri.

Ketua tim penggerak (TP) PKK Agam Ny. Vita Indra Catri menyampaikan, tp PKK Kecamatan dan Nagari harus selalu memperkuat manajeman kelembagaan PKK dalam membentuk program kerja PKK yang dibutuhkan serta program kerja yang inovatif perlu ditingkatkan administrasi PKK.

Program Bupati Agam menjadikan Lubuk Basung sebagai Kota Buah nan Sejuk

AMC / Senin 16 Mei 2011 -Program Bupati Agam Indra Catri Dt Malako Nan Putiah terus memasyarakatkan dalam penanaman tanaman buah-buahan di seluruh Kabupaten Agam, sekarang warga bagai berlomba menanami pekarangan dengan tanaman buah-buahan hal tersebut sangat bermanfaat sebagai pelindung maupun hasilnya yang dapat di petik oleh Masyarakat.

Pekarangan kantor pemerintah maupun sekeliling rumah warga juga nampak sudah mulai ditanami dengan aneka tanaman buah-buahan. Ada sirsak, mangga, rambutan, dan jenis tanaman lainnya. Pada beberapa sekolah pekarangannya maupun di bahu jalan juga ditanami dengan buah-buahan.

Minggu, 15 Mei 2011

Rumah Terbakar; Saat Ditinggal Pergi Ke pasar

AMC / Minggu 15 Mei 2011 -Tiga ruamh yang ditinggal pemiliknya untuk pergi kepasar tradisional Pasa Akaik, habis dilalap sijago merah di Jorong Koto Baru Nagari Duo Koto Kecamatan Tanjung Raya.

Hal ini bermula dari sipemilik rumah pergi kepasar terdekat, taunya rumah sudah terbakar sijago merah sekitar jam 10 wib pagi, minggu (15/5), dan ketiga rumah habis ludes terbakar.

APC Lakukan Ekspedisi Malalak


AMC / Minggu 15 Mei 2011 -Organisasi silaturahmi wartawan di bawah naungan Agam Pers Club (APC) melakukan kunjungan atau ekspedisi Malalak untuk melihat kehidupan masyarakat serta mencari potensi yang bisa diekspos ke masyarakat luas.

Ekspedisi itu berangkat Sabtu (14/5) pukul 10.00 WIB ke beberapa nagari yang ada di Malalak. Sesampainya di kantor Camat Malalak, rombongan yang berjumlah 10 orang
langsung disambut Camat Malalak, Bambang Warsito beserta Muspika dan beberapa stafnya.

Sabtu, 14 Mei 2011

Jalan 3,5 Km dan Jembatan Jorong Simarowok Akan Diperbaiki.

AMC / Sabtu 14 Mei 2011 -Abri Masuk Desa (AMD) melakukan perbaikan jalan sepanjang 3,5 Km dan Jembatan Jorong Simaruwok Nagari Geraggahan Kabupaten Agam jalan yang di perbaiki rencananya akan menembus jalan ke Kecamatan Sungai geringgiang, Pariaman yang akan dilaksanakan pada tanggal (01/06).

Bupati Agam : Pecahkan Rekor Muri 1001 Gulai Kepala Ikan Karang Urang Tiku

AMC / Sabtu 14 Mei 2011 - Agam akan pecahkan Rekor MURI 1001 Gulai Kepala Ikan Karang Urang Tiku (21/05) bertempat di Lapangan Mahoni Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Sebagai upaya mengampanyekan gerakan memasyarakatkan ikan (Gemar Ikan) yang dicanangkan Bupati Indra Catri. Dt. Malako Nan Putiah Kegiatan itu untuk mendongkrak konsumsi masyarakat terhadap ikan, sekaligus memasarkan produksi ikan di daerah Tiku.

Malalak Gelar Sunatan Masal

AMC / Sabtu 14 Mei 2011 -Kecamatan Malalak Laksanakan Kegiatan Sunatan Masal, Donor Darah serta Pengobatan Masal dalam rangka Harkitnas pada tanggal (14/05), sebagai koordinator lapangan Letda Inf. Robinson bertempat di Posko taktis Ekpedisi Bukit Basrisan Simpang Balingka Kecamatan Malalak Kabupaten Agam.

Dr. Indra, M.PPM Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam mengungkapkan Kegiatan Donor Darah atau Sunatan Masal dan Pengobatan Masal sangat di perlukan dalam membantu masyarakat hal ini merupakan suatu kegiatan yang positif serta dari sudut medis menyubangkan darah baik bagi kesehatan.

Kemah Kebangsaan Bertempat di Kecamatan Malalak

AMC / Sabtu 14 Mei 2011 -Dalam Rangka Hari Kebangkitan Nasional pada tanggal 20 Mei 2011, Panitia Ekpedisi Bukit Barisan mengadakan kegiatan Kemah Kebangsaan (16/05) bertempat di Kecamatan Malalak.Ungkap Yunaidi.S.M.Pd Kabid Bidang Non Formal Dinas Pendidikan Kabupaten Agam.(13/05).

”Upacara Pembukaan dalam rangka Harkitnas ini bertempat di Lapangan Kantin Bukittinggi pada jam.09.00 wib. senin(16/05) ungkap Yunaidi

Kamis, 12 Mei 2011

BMKG Sumbar Adakan Sosialisi Di Kabupaten Agam

AMC / Kamis 12 Mei 2011 - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Barat lakukan sosialisasi Meteorologi Klimatologi Kualitas Udara dan Gofisika (MKKuG) yang di fasilitasi Badan Penanngulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam.

Acara sosialisasi bertempat di Aula Dinas Pendidikan dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra Syahrul saher, Sekretaris Dinas Pendidikan Ediosman,Spd, serta peserta yang berasal dari SKPD dan Guru.

"Sosialisasi yang kita Fasilitasi dengan pelaksana BMKG Sumatera Barat yang dihadiri terutamanya guru" Kata Isfaimal Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Agam disela acara Sosialisasi. Kamis (12/5).

Rabu, 11 Mei 2011

Agam Miliki SMPN Bertaraf Standar Nasional

AMC / Sabtu 7 Mei 2011 -Tiga sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) di Kabupaten Agam dilakukan monitoring dan verifikasi Sekolah Standar Nasional (SSN) oleh Direktorat Jendral Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Kementerian Pendidikan Nasional RI.

"Kunjungan tersebut dilakuan Hari selasa (9/5) terhadap tiga sekolah SMP terbaik yang ada di Kabupaten Agam" Kata Ediosman Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Agam diruangan kerjanya. Rabu. (11/5).

114 Influenser Hadiri Sosialisasi Program e-KTP Disdukcapil Agam


AMC / Sabtu 7 Mei 2011 -Pelaksanaan sosialisasi program e-KTP dan Peraturan  per undang-undangan tentang administrasi kependudukan dan catatan sipil merupakan suatu rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam pelayanan administrasi kependudukan.

e-KTP sebagai salah satu target utama dalam pelaksanaan administrasi kependudukan adalah program strategis nasional  yang dituangkan pada Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 471.13/4141/SJ  tanggal 13 Oktober 2010 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 tahun 2011 Tentang Pedoman Penerbitan Kartu Tanda Penduduk Berbasis Nomor Induk Kependudukan Secara Nasional.

CAMAT AMPEK NAGARI MENGAJAK UNTUK SALING KERJASAMA DALAM PEMBANGUNAN

AMC / Rabu 11 Mei 2011 -Camat Ampek Nagari Syahrul Hamidi, SH mengajak pemeritah nagari Bawan, Ninik mamak, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Nagari (LPMN), TP PKK, Bundo Kanduang untuk saling membahu, saciok bak ayam sadanciang bak basi untuk membangun nagari Bawan Kecamatan ampek Nagari Agam.

Hal itu diungkapkan Syahrul, pada silaturahmi dan Pembinaan Nagari oleh Pemerintah Kecamatan bertempat di Balerong Adat Nagari Bawan ke Reporter Agam Media Center (AMC) , Senin (9/5).

Direktur PDAM ; Terus Lakukan Pemantauan Sumber Air Baku (Intake)


AMC / Rabu 11 Mei 2011 -Direktur Utama Perusahaan Air Minum (PDAM) Kabupaten Agam, Hadi Suryadi beserta personil PDAM melakukan peninjauan kondisi dua Sumber Air Baku (intake) yang berada di Batang gugun dan Batang silasuang yang bertempat di Lubuk Sao Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam.(10/5)

Hadi Suryadi, mengatakan pada Reporter Agam Media Center (AMC), tersendatnya air bersih yang didistribusikan ke komsumen beberapa hari lalu akibat banjir yang merusak dua Dam penahan Sumber Air (intake) yang ada di tepian sungai gugun dan silasuang pada satu bulan lalu di terpa banjir bandang hal itu mengakibatkan rusaknya dam penahan air, tetapi kami telah lakukan jalan alternatif untuk mendistribusikan dan mengalirkan kembali Air kepada konsumen seperti semula.

Selasa, 10 Mei 2011

Agam Kembangkan Bunga Dahlia

AMC / Selasa 10 Mei 2011 -Bunga Dahlia merupakan tanaman hias yang sangat cantik dan berbagai macam warna akan satukan masyarakat Agam dangan masyarakat Kota Bukittinggi.

Hal ini disampaikan Bupati Agam Indra Catri Dt Malako Nan Putiah disela pertemuan dengan pemerkarsa Komunitas Pencinta Bunga dahlia Ibuk Yenik Rista, S dirumah Dinas Bupati Belakang Balok, Selasa (10/5).

RAHMAN, S.IP : DISHUB AGAM UTAMAKAN PELAYANAN BAGI MASYARAKAT

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Agam, Rahman, S.Ip

AMC / Selasa 10 Mei 2011 -Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Agam, Rahman,SIP, MM mengoptimalkan pelayanan terhadap jasa pelayanan kepada masyarakat terutama bagi pengusaha kendaraan. 

Pelayanan yang diberikan kepada masyarakat yang bergerak dibidang pengusaha jasa angkutan, yang selama ini sangat membutuhkan pelayanan untuk melakukan KIR kendaraannya.

SEJAHTERAKAN PETANI, NOTA KESEPAHAMAN DITANDATANGANI

AMC / Selasa 10 Mei 2011 -Nota Kesepahaman tentang Pensejahteraan Petani di Kabupaten Agam Melalui Integritas Sawit Dengan Sapi dan Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKP-E), ditanda tangani Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Auditorium Gubernuran, Senin (9/5).

Hal ini disampaikan Andri Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Agam ke Reporter, penanda tanganan Nota selanjutnya dilakukan Drs.Danovan Bustami pimpinan PT.WILMAR GROUP yang didampingi oleh Bupati Agam Ir.Indra Catri Dt.Malako Nan Putiah dan Menteri Pertanian RI diwakili Direktur Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Dinas Kominfo Pasaman Study Banding ke Agam Media Center

DINAS KOMINFO PASAMAN STUDY BANDING KE AGAM MEDIA CENTER

AMC / Selasa 10 Mei 2011 -Dinas Kominfo Pemkab Pasaman Timur mengunjungi Agam Media Center (AMC) selama satu jam. Drs. Hendri Kepala Dinas Kominfo Pasaman, Radial, SH, MM Kabid Teknologi dan Informasi, Nurhaqqi, ST, M.Eng Kasi Sarana dan Aplikasi Telematika dan Max Eka Putra Staf Kominfo Pemkab Pasaman yang tergabung dalam rombongan bersilahturahmi untuk mempelajari keberhasilan AMC dalam pengelolaan media informasi dan juga terbaik dalam pemberitaan seperti dikutip oleh Supomo Sekretaris Dirjen Kemenkominfo Pusat beberapa waktu lalu, dengan alasan itu kami segera berkunjung ke Kabupaten Agam.

Menurut Drs.Hendri, Kepala Dinas Kominfo Pasaman mengungkapkan pada Reporter, selasa (10/5), dalam pengembangan Informasi di Pasaman baru dimulai, dan dalam tahap perencanaan dan belajar tentang tata kelola pengemasan informasi yang membutuhkan sarana dan prasarana IT untuk mendukung pengembangan Media center yang akan terapkan di Dinas Kominfo Kabupaten Pasaman.

BUPATI AGAM LANTIK WALINAGARI LAMBAH ADRIANUS, SH

AMC / Selasa 10 Mei 2011 --Bupati Agam Ir. Indra Catri melantik Walinagari Lambah Kecamatan Ampek Angkek Adrianus, SH, menggantikan Walinagari yang lama Ferri Dharma, Selasa (10/05).

Salah Seorang tokoh masyarakat Aristo mengatakan kepada reporter, "Pemilihan Walinagari secara demokratis telah usai dan sekarang kita mempunyai Walinagari yang baru dan sangat berharap ditangan Wali nagari yang baru Nagari Lambah bisa lebih maju lagi kedepan.

TERTATANYA ASET SEKOLAH, MUDAH DANA BANTUAN SINGGAH

AMC / Selasa 10 Mei 2011 -Dengan tertatanya aset masing-masing sekolah baik SMA maupun SMK, maka dana bantuan akan mudah singgah dan lancar untuk sekolah tersebut.

Hal itu diungkapkan oleh Drs.Eriswandi, MM Kabid Penataan Informasi dan Manajemen (PIM) Dinas Pendidikan kepada reporter diruangan kerjanya, Senin(9/5)

UNTUK PEMUTAKHIRAN DATA, ASET AGAM LAKUKAN SOSIALISASI PERMENDAGRI NO.17/2007

AMC / Selasa 10 Mei 2011 -Masih minimumnya pengetahuan bendahara barang di SMA dan SMK se-Kabupaten Agam dan masih simpang siurnya cara penyusunan aset di jajaran Dinas Pendidikan, Dinas Pendidikan bekerjasma dengan Bidang Aset lakukan Sosialisasi.

Hal itu diungkapkan oleh Faizal Kasi Penataan Formal dan Non Formal Dinas Pendidikan kepada reporter saat Acara Sosialisasi Permendagri No.17 tahun 2007 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah di Aula Dinas Pendidikan, Senin (9/5).

Senin, 09 Mei 2011

APC Akan Berikan Bantuan Untuk Malalak




AMC / Senin 9 Mei 2011
- Agam.Salah satu forum silaturahmi wartawan yang meliput di Agam, Agam Pers Club ( APC ) kembali melakukan kegiatan Sosial. Kali ini, para kuli plash disk itu akan memberikan bantuan kepada masyarakat Malalak. Direncanakan, kegiatan itu akan dilaksanakan pada Senin ( 16/5 ) mendatang.

" Insya Allah, Kita akan ke Malalak untuk menyerahkan bantuan. Direncanakan, ada bermacam bantuan yang akan kita serahkan untuk Malalak" ujar Romi de Garin, salah satu pengurus APC.

TROPI KEJUARAAN LIGA PARALAYANG NASIONAL DISERAHKAN

AMC / Senin 9 Mei 2011 -Acara Paralayang Pordirga Gantole dan Paralayang, Tahun 2011 telah dilaksanakan, Kejuaraan Liga Nasional paralayang Kelas Ketepatan Mendarat ( KTM ) ini di tutup secara resmi oleh Bupati Agam Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah. bertempat di Lawang Park di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Minggu (8/5).

Setelah Penutupan Bupati Agam Langsung menyerahkan Piala (Tropi), Piagam serta uang Pembinaan kepada peserta setiap pemenang baik Kategori Senior maupun Junior di ikuti sekitar 150 orang yang berdomisili baik lokal maupun Nasional di seluruh Indonesia.

Nasrul Atlet Agam Juara I Yunior PL1 Liga Paralayang KTM 2011

AMC / Senin 9 Mei 2011 -Setelah dilaksanakan kejuaraan Liga Nasional Paralayang Kelas Ketepatan Mendarat (KTM) seri II tahun 2011 dari tanggal 5 s/d 8 mei di Danau Maninjau Puncak Lawang Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat, satu dari empat Atlet Kabupaten Agam keluar sebagai juara I kategori yunior PL I setealah dilakukan pembacaan pemenang oleh Tim Juri kemaren, Minggu (8/5)

"Akhirnya atlet kita bisa menjadi juara kategori Yunior (PL I) setelah mendarat dengan tepat di lingkaran Landing, kata Jabanur Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Agam, Senin (9/5).

LPN KTM 2011 RESMI DITUTUP BUPATI AGAM

INDRA CATRI DT.MALAKO NAN PUTIAH SAAT MENUTUP RESMI ACARA LIGA PARALAYANG NASIONAL KTM 2011

AMC / Senin 9 Mei 2011 -Event Liga Paralayang Nasional (LPN) KTM 2011 telah berakhir dan untuk tahun 2012 berharap ke PB FASI Propinsi Sumatera Barat mempertandingkan nomor Terbang Tandem untuk memacu minat para calon atlit pemula.

Hal itu disampaikan Indra Catri Dt.Malako Nan Putiah Bupati Agam dalam acara Penutupan Liga Nasional Paralayang KTM 2011 di Lawang Park Adventure Jorong Koto Hilalang Nagari Lawang Kecamatan Matur, Minggu (8/5).

FESTIVAL TABUA TANSA MENJADI FAVORITE PENGUNJUNG

AMC / Snin 9 Mei 2011 -Festival Tabua Tansa menjadi daya tarik tersendiri dan tontonan favorite bagi para pengunjung saat menikmati kemilau serta keindahan Danau Maninjau.

Hal itu diungkapkan oleh Santo (37) salah seorang pengunjung kepada reporter di Lokasi acara yang bertempat daerah Bayur Maninjau Kecamatan Tanjung Raya, Minggu (8/5)

FESTIVAL TABUA TANSA MENGETARKAN MANINJAU

GROUP UMBUIK MUDO SAAT TAMPIL TABUA TANSA

AMC / Senin 9 Mei 2011 -Festival Tabua Tansa yang diikuti oleh usia 17 tahun kebawah telah mengetarkan Maninjau.

Hal itu diungkapkan oleh Yelidar, S.Sos Kasi Kesenian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata selaku Ketua Panitia di lokasi acara kepada reporter, Minggu (8/5).

Minggu, 08 Mei 2011

Grup Tanjung Sani raih Juara I Pada Pagelaran Festival Tambua Tasa


AMC / Minggu 8 Mei 2011 -Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (BUDPAR) Kabupaten Agam melakukan Pagelaran Festival Tambua Tansa Usia 17 Tahun kebawah pada Minggu (08/5) bertempat di Bayur, Kecamatan Tanjung Raya. Festival di ikuti oleh seluruh group Tambua Tansa se-Kabupaten Agam.

Drs. Jabarnur Kepala Dinas Parsenibud Agam Mengungkapkan pada Reporter AMC, Setelah peserta melakukan pertandingan Tambua Tasa selama 1 hari penuh dan dari hasil seleksi panitia maka dapati pemenang Festival juara I Grup Umbuik Mudo Tj. Sani, juara II Grup Gempita Tj. Sigiran, juara III Grup Kinantan Tj. Alai Koto Malintang

MATUR DAN MANINJAU DIPROMOSIKAN SEBAGAI DAYA TARIK WISATAWAN

Bupati Agam foto bersama Atlit Paralayang, saat temu ramah di rumah dinas


Bupati Agam beri sambutan saat acara Temu ramah dengan atlit Paralayang di rumah dinas

AMC / Minggu 8 Mei 2011 -Daerah Kecamatan Matur dan Kecamatan Tj.Raya akan kita promosikan sebagai Destinasi untuk menarik wisatawan berlama-lama di Kabupaten Agam.

Hal itu disampaikan Indra Catri Dt.Malako Nan Putiah dalam sambutan malam ini menerima para atlit Paralayang temu ramah di rumah dinas Bupati Agam, Sabtu (7/5).

Berita

Popular Posts