KOLOM

/>

Kamis, 10 Mei 2012

Tim Penilaian PHBS Tingkat Nasional Nilai Nagari Salareh Aia

Tim penilaian Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada lomba PKK KB Kes Tingkat Nasional, melakukan penilaian terhadap Nagari Silareh Aia Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Kamis (10/05).
 
Bupati Agam Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah yang turut hadir bersama tiga tim penilai Syahrial dari Promosi Kesehatan (Promkes) Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Nurah dari Promkes Kementrian Kesehatan RI dan Urip Kurniawan dari Sekretariat TP PKK Pusat yang didampingi oleh TP PKK Provinsi Sumbar disambut dengan tari pasambahan, tambua tasa dan  diramaikan ratusan masyarakat Nagari Salareh Aia.

Bupati Agam Indra Catri mengatakan, Nagari Silareh Aia Kecamatan Palembayan layak menjadi prakarti satu pada lomba Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat nasional.

"Nagari Silareh Aia ini layak menjadi juara satu atau prakarti satu pada penilaian lomba Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat nasional, karena daerah ini memiliki kriteria dari 10 program PGBS dalam penilaian PHBS pada lomba PKK KB Kes Tingkat Nasional," kata Indra Catri di depan tim penilai PHBS saat melakukan penilaian ke nagari tersebut.

Selain itu, kriteria yang dimiliki Nagari Silareh Aia yakni, prilaku hidup bersih, memiliki jamban sehat, tidak merokok di dalam rumah, kebiasaan mencuci tangan dan program WC bersih, Thaharah Mesjid, hal ini telah dituangkan pada program Agam Menyemai," tambah Indra Catri

Sementara program PHBS telah dilakukan dengan baik oleh masyarakat setempat juga dilaksanakan  program penyemaian bibit ikan di sungai dengan tujuan agar air sungai tidak tercemar, melakukan penanaman bibit pohon dan sayur di halaman rumah dalam menambah pendapatan masyarakat.

Untuk itu, pihaknya meminta tim penilaian PHBS tingkat nasional dapat mempertimbangkan nagari ini, karena nagari ini selain telah melakukan program PHBS juga lokasinya berada di daerah pelosok.

Ketua TP PKK Kabupaten Agam Vita Indra Catri mengatakan, ini tinggal selangkah lagi, karena saaat ini Nagari Silareh Aia masuk enam besar di tingkat nasional dari 446 kabupaten dan kota se-Indonesia ikut lomba PHBS ini.

"Mudah-mudahan Nagari Silareh Aia keluar sebagai pemenang pada penilaian PHBS ini," kata Vita Indra Catri di Lubukbasung.

Pada kesempatan itu, melalui ekspose Ketua TP-PKK Nagari Silareh Aia  Yesi Iron menambahkan, Nagari Silareh Aia ini berada di daerah perbatasan antara Kabupaten Agam dengan Pasaman.

"Majunya Nagari Silareh Aia tingkat nasional pada lomba PHBS ini berkat dukungan dan kerja keras masyarakat setempat," tambahnya.

Ketua Tim Penilaian PHBS Tingkat Nasional Syahrial meminta masyarakat Nagari Silareh Aia mempertahankan pola hidup sehat, ini bertujuan agar daerah ini akan menjadi daerah tujuan wisata.

"Pada umumnya wisata mancanegera mengunjungi karena masyarakat berpola hidup sehat dan bersih baik dari segi toilet, lingkungan dan lainya," tambah Syahrial.

Selain itu, masyarakat Silareh Aia juga mengembangkan ini ke nagari lain maupun ke kabupaten dan kota di Sumbar, karena tujuan lomba ini untuk merubah prilaku hidup masyarakat. (jon/AMC)

Berita

Popular Posts