#
Headlines News :
Home » » Danau Maninjau Menuju "Kematian"

Danau Maninjau Menuju "Kematian"

Written By Fitra Hinandes on Selasa, 31 Januari 2017 | 1/31/2017 05:21:00 PM

Dirjen Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDASHL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, DR. Hilman Nugroho, mengatakan Danau Maninjau akan menuju "kematian".

Ia menjelaskan, saat ini keadaan air danau sudah masuk zona bahaya (eutrofik) dan setingkat lagi akan masuk zona sangat berbahaya (hipertrofik).

"Apabila danau sudah mati, tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan saat ini, tetapi berdampak terhadap peradaban generasi selanjutnya," katanya saat berdiskusi dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Agam guna membahas pencemaran Danau Maninjau, Senin (30/1) di Lubuk Basung.

Menurutya, langkah nyata yang seharusnya dilakukan pemerintah daerah, adalah membentuk tim terkait pembentukan zonasi wilayah melalui penguatan Perda Nomor 5 Tahun 2014.

"Saya minta agar seluruh pihak sepakat untuk melakukan langkah konkrit secepatnya, karena kondisi danau saat ini sangat memperhatinkan," pintanya. 

Menyikapi hal itu, secara terpisah, Bupati Agam Indra Catri, menyatakan beberapa langkah nyata sudah dilakukan pihaknya dalam aksi "Save Maninjau". Diantaranya, melakukan goro massal oleh ASN bersama masyarakat tiap bulan. 

Kemudian, sudah jalannya Perda Nomor 5 Tahun 2014 tentang pengelolaan dan pelestarian Danau Maninjau, terkait pengurangan jumlah Keramba Jaring Apung (KJA) yang saat ini sudah mulai berkurang secara bertahap dengan target nantinya hanya 6.000 unit saja KJA jumlahnya

"Namun untuk lebih sempurnanya lagi, kita akan evaluasi kembali secepatnya tentang penguatan hukum "Save Maninjau", tegas bupati. (IF/AMC)





Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center