#
Headlines News :
Home » » Forum Diskusi Penanganan Kebencanaan Digelar

Forum Diskusi Penanganan Kebencanaan Digelar

Written By JONATA RAMADAN on Jumat, 20 Januari 2017 | 1/20/2017 03:03:00 PM


Pertama kali digelar di Kota Lubuk Basung forum diskusi Agam Tangguh Bencana, Jumat (20/12). Diskusi menghadirkan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Bambang Warsito, Kabag Humas Kabupaten Agam Dita Wedia dan Direktur BPR Pembangunan Nagari Lubuk Basung Feri Nuswandi.

Forum diskusi bertujuan menyatukan persepsi dalam mitigasi bencana dan merupakan program Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kabupaten Agam dipandu Ketua FPRB Agam Harmen.

Pada kesempatan itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Bambang Warsito, mengatakan, Kabupaten Agam memiliki potensi bencana beragam, seperti, banjir. longsor, puting beliung, gempa dan lainnya. "Jadi penanggulangan itu perlu adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) kebencanaan dan berkoordinasi dengan instansi terkait," katanya.
Sebelumnya pada tahun 2014, Pemkab telah membentuk Kelompok Siaga Bencana (KSB) di kecamatan, Komunitas Wartawan Siaga Bencana (KWSB).  "Pada tahun 2014, terjadi 104 bencana, turun menjadi 94 bencana di tahun 2015. Pada tahun 2016 kembali meningkat tajam dengan 144 kejadian," terangnya.

Kepala Bagian (Kabag) Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Agam Dita Wedia, mengharapkan dengan dilibatkan awak media sebagai mitra pemerintah. Forum diskusi kebencanaan ini bisa memberikan edukasi pada masyarakat terkait kebencanaan.
"Kami sangat mendukung program diskusi ini karena memberikan pencerahan bagi masyarakat. Diharapkan media dapat memberikan informasi yang tepat dan jelas terkait bencana," terangnya. 

Sementara itu,  Kepala Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Pembangunan Nagari Lubuk Basung Feri Nuswandi, menambahkan, kesiapanya untuk memberikan kredit usaha yang terdampak bencana untuk bangkit kembali membina usaha perekonomiannya melalui tabungan Kasiga (Kacio Tabungan Siaga), Hal ini sesuai dengan konsep tangguh bencana agar masyarakat tidak terpuruk perkonomian dan segera pulih.."Progam ini  merupakan  yang pertama dikembangkan oleh BPR Pembangunan Nagari ". (Tim AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center