#
Headlines News :
Home » » Lantik Camat Tanjung Raya, Bupati Agam : Lakukan Transformasi Sosial dan Ekonomi

Lantik Camat Tanjung Raya, Bupati Agam : Lakukan Transformasi Sosial dan Ekonomi

Written By Fitra Hinandes on Rabu, 18 Januari 2017 | 1/18/2017 06:47:00 PM


Bupati Agam Indra Catri mengharapkan, kepada Camat Tanjung Raya yang baru agar secepatnya melakukan transformasi sosial dan ekonomi masyarakat setempat.

Demikian disampaikan Bupati Indra Catri saat melantik Handria Asmi  sebagai Camat Tanjung Raya yang baru menggantikan Plt. Yaneti, Rabu (18/1).

Bupati dua periode itu menjelaskan, pentingnya melakukan transformasi sosial dan ekonomi khususnya bagi masyarakat Salingka Danau Maninjau, dinilai merupakan langkah utama dalam menangani peradaban masyarakat maninjau sebagai petani Keramba Jaring Apung (KJA) yang selama ini kerap menjadi panutan sebagai mata pencarian masyarakat tanpa melihat dampak yang diberikan terhadap lingkungan. 

Diharapkan bupati, bagaiamana camat baru bisa melakukan transformasi itu dengan melakukan pendekatan-pendekatan persuasif dengan lapisan masyarakat agar secara bertahap masalah pencemaran danau maninjau bisa diatasi.

Salah satunya, mengajak dari masyarakat petani KJA menuju masyarakat pembudidaya ikan darat. "Transformasi mindset seperti inilah yang harus bisa dibangun oleh camat kepada masyarakatnya agar masalah sosial dan ekonomi bisa diatasi," pinta bupati.

Menurut bupati, transformasi ekonomi dan sosial ini merupakan agenda penting bagi pemerintah daerah dalam menangani masalah pencemaran danau maninjau. 

Begitu juga dengan menyetop KJA, lakukan pembersihan danau, penyedotan sendimen, penguatan kelembagaan, pemberdayaan masyarakat serta sinkronisasi program antara kabupaten dan kecamatan harus bisa dilakukan secara berkelanjutan.

"Tidak hanya Camat Tanjung Raya, saya juga meminta kepada seluruh para camat camat agar menjadi mitigasi bencana mengingat Kabupaten Agam merupakan etalasenya bencana, seperti telah terjadinya longsor belakangan ini dibeberapa kecamatan," terangnya.

Kendati demikian, menurut bupati, teraplikasinya beberapa agenda penting dalam penyelamatan salingka danau maninjau, tidak terlepas dari kepedulian, rasa tanggung jawab dari masyarakat salingka danau, baik aspek sosial, ekonomi, budaya, agama dan pendidikan. (IF/AMC)

Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center