#
Headlines News :
Home » » Perahu Terbalik di Batang Masang,7 Orang Selamat, 2 Hilang, I Tewas

Perahu Terbalik di Batang Masang,7 Orang Selamat, 2 Hilang, I Tewas

Written By Fitra Hinandes on Senin, 23 Januari 2017 | 1/23/2017 05:34:00 PM


Korban hilang akibat sampan terabalik di Batang Masang Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam, berjumlah dua orang. Dari 10 orang penumpang yang menaiki sampan ponton tersebut, diketahui tujuh orang selamat, satu tewas dan dua orang lainnya masih dalam pencarian. Sampan terbalik diduga melebihi kapasitas penumpang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daearah (BPBD) Kabupaten Agam, Bambang Warsito, mengatakan pihaknya saat ini sedang melakukan upaya pencarian dua warga yang hilang tersebut. 

Dari laporan salah seorang warga yang selamat, Bambang menjelaskan, kronologi peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 07:00 WIB ketika para petani ingin menyeberang ke sawah. Karena debit air Batang Masang tinggi, saat menyeberang sungai, air masuk ke dalam sampan yang digunakan. 

Karena air masuk ke dalam sampan cukup banyak, pengemudi sengaja mematikan mesin dengan tujuan agar mesin tempel sampan tidak masuk air dan korslet.

Namun, akibat banyaknya air masuk ke dalam sampan diduga membuat panik penumpang, bahkan tiba-tiba sampan penyeberangan itu oleng dan langsung terbalik. Para penumpang yang panik kehilangan keseimbangan dan mencoba menyelamatkan diri. Yang memprihatinkan dalam sampan naas itu juga terdapat dua orang balita bersama orangtuanya termasuk anak Neli yang ikut hilang.

Menurutnya, korban yang selamat diantaranya, Syafril, Neli, Upiak, Jek, Lilih, Falda dan Fian. Ketujuh korban ini beralamat di Jorong Binjai Nagari Binjai Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Sementara dua orang hilang bernama, Erman dan Caya (balita) dan satu orang ditemukan tewas bernama Aurel masih berumur sekitar 18 bulan.

Informasi yang diperoleh, lokasi kejadian di kawasan Pulau Gadang Jorong Binjai Nagari Binjai, Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman merupakan kawasan berbatasan dengan Kabupaten Agam.

"Hingga saat ini kita masih melakukan pencarian bersama juga dengan tim BPBD Pasaman, provinsi dan PMI dari provinsi dan daerah, serta masyarakat setempat," terangnya.

Cuaca Ekstrim Warga Diminta Siaga Bencana

Terkait tingginya intensitas curah hujan beberapa minggu ini, Bambang meminta kepada masyarakat untuk ekstra hati-hati. Terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah perbukitan atau rawan bencana. "Apalagi belum lama ini kita dilanda longsor, tentunya kita mengantisipasi hal ini jangan sampai ada korban jiwa," tegasnya. (IF/AMC)


Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center