#
Headlines News :
Home » » Agam-Suku Maori Bersaudara

Agam-Suku Maori Bersaudara

Written By Fitra Hinandes on Senin, 06 Februari 2017 | 2/06/2017 10:04:00 PM


Tim Suku Maori, New Zealand berkunjung ke Kabupaten Agam, Senin (6/2). Kunjungan sampai tanggal 12 di wilayah Kabupaten Agam tersebut sebagai wujud persaudaraan dari benua yang berbeda. Kunjungan silahturahmi sekaligus berbagi pengalaman tentang sistim pengurangan risiko bencana di wilayah Kabupaten Agam yang semakin baik. dalam rangka silahturahmi sekaligus berbagi pengalaman tentang pengelola pengurangan resiko bencana. 

Kedatangan rombongan tersebut disambut hangat oleh Bupati Agam Indra Catri bersama istri Ny. Vita Indra Catri dengan tari siriah jo carano didampingi, Sekretaris Daerah Martias Wanto, perwakilan Forkopimda Agam, para tokoh masyarakat dan SOPD terkait, di rumah dinas bupati  Agam, Senin (6/2) di Lubuk Basung.

Kedatangan rombongan suku Maory masing-masing Tui Warmen hoven (kepala suku Maori), Jean Palmer, Robyn Rauna, Lester Pohatu, bersama Phil Glassey, Julian Thomson, Joe McLeod tim dari GNS Science, dan Megan Collins, translator dari contractor indenpenden didampingi tim dari UGM Jogjakarta.

Takjubnya, usai disambut dengan tradisi Minangkabau, Bupati Agam Indra Catri juga didaulat menerima penghormatan khusus dari suku Maori yang dipimpin Tui Warmenhoven dengan gaya dan bahasa khas Maouri. 

"Kami merasa terkesan dan terkesima dengan penyambutan yang diberikan oleh pemerintah Kabupaten Agam bersama masyarakat dalam kunjungan ini. Karena, selain berbagi pengalaman tentang pengelolaan dalam penanganan risiko bencana, kedatangan kami ke sini juga sekaligus silahturahmi," kata Kepala Suku Maori, Tui Warmenhoven melalui juru bicaranya Megan Collins.

Tui Warmenhoven yang juga tidak fasih berbahasa Inggris itu, mengaku surprise dengan masyarakat dan pemimpin di Kabupaten Agam, apalagi sebelum mereka sampai di kediaman bupati dan disambut khusus, mereka juga disambut Camat Tanjung Mutiara Ade Harlien bersama keluarganya di Pantai Tiku, bahkan menyatu dengan masyarakat.

"Ini sangat luar biasa. Semoga selama di Agam ini selain mendapatkan ilmu tentang kesiapsiagaan bencana kita juga mendapatkan keluarga baru," harapnya.

Melalui Juru bicaranya, Megan Collins, menyatakan, bahwa di Negara New Zealand khsusnya di wilayah Suku Maori, juga nyaris sama mengalami bencana alam yang di alami Kabupaten Agam. Ia mengaku, geografis alamnya juga memiliki laut, danau dan perbukitan, sehingga acap kali mengalami bencana alam, seperti abrasi pantai, longsor dan goncangan dari dasar laut (gempa tektonik).

"Untuk itu, kita ke Agam ingin saling berbagi terhadap pengelolaan bencana yang dihadapi oleh Kabupaten Agam," terangnya.

Bupati Agam Indra Catri, menyambut baik kunjungan tersebut dan diharapkan sambutan masyarakat Agam bisa menyenangkan dan menjadi pengalaman tersendiri bagi rombongan dalam kaitan jalinan silaturrahmi antar bangsa dan budaya. "Kami sangat bangga, Kabupaten Agam menjadi salah satu objek kunjungan dari suku Maori, New Zealand, "tegasnya.

Terkait kebencanaan, menurut bupati, Kabupaten Agam menjadi etalasenya bencana di Provinsi Sumbar. Hal itu dilatarbelakangi oleh geografis dan topografi wilayah Kabupaten Agam, disamping itu Agam juga merupakan daerah Heritage (peninggalan sejarah).

"Agam memiliki gunung, laut, danau, bukit, sungai dan lembah," jelas bupati.

Terlepas dari itu, Kabupaten Agam memiliki pesona tempat wisata yang menarik dan beragam yang dilengkapi dengan berbagai khas kuliner dari masing-masing kecamatan.

Seusai temu ramah tersebut, tim rombongan Suku Maori, bersama rombongan BPBD melakukan kunjungan temu ramah dengan LSM Jerami Sakato, KSB Kecamatan Tanjung Mutiara dan pelaku usaha tepi pantai. Rencananya, malam ini juga digelar serangkaian acara seni budaya dari anak budaya dari Tiku.

Kunjungan tim suku Maori bersama GNS itu dijadwalkan berlangsung selama sepekan. Rombongan akan menginap di kediaman warga di Ujuang Labuang, Tanjung Mutiara, untuk wilayah Barat dan di Canduang untuk wilayah Timur. (IF/AMC)


Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. Agam Media Center - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center