#
Headlines News :
Home » » Antisipasi Inflasi, Pemkab Agam Anjurkan Masyarakat Tanam Cabe

Antisipasi Inflasi, Pemkab Agam Anjurkan Masyarakat Tanam Cabe

Written By andri padrianto on Selasa, 07 Februari 2017 | 2/07/2017 10:44:00 AM

Pemerintah Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, menganjurkan Aparatur Sipil Negara (ASN), dan masyarakat, bertanam cabe di perkarangan rumah, atau lahan kosong, guna mengatasi kenaikan harga cabe yang memicu inflasi.

Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Martias Wanto, mengatakan, Selasa (7/2), berdasarkan data historis tahun sebelumnya pada bulan tertentu, terutama bulan Ramadhan, Idul fitri, dan Idul Adha terjadi kenaikan harga cabe, yang memicu inflasi serta memberatkan perekonomian masyarakat.

“Antisipasi hal tersebut, perlu  dilakukan penanaman cabe di pekarangan rumah, atau lahan kosong paling kurang 10 polybag,” ujarnya.

Ia minta Dinas Pertanian menyiapkan bibit dalam polybag, yang nantinya akan diserahkan secara gratis kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan sosial, dan memberikan pendamping teknis menanam cabe kepada masyarakat.

Disamping itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, serta camat, agar mengkoordinasikan hal tersebut kepada nagari, dengan memanfaatkan dana nagari untuk menganggarkan bibit.

“Menanam cabe merupakan anjuran Bupati Agam Indra Catri, melalui program Agam Menyemai kepada ASN, dan masyarakat untuk mengatasi kenaikan harga cabe,” terangnya.


Maka dari itu, ia mengharapkan  ASN dan masyarakat bisa memanfaatkan lahan kosong, atau perkarangan rumah, untuk ditanami cabe, supaya ketika terjadi kenaikan harga cabe, masyarakat tidak mengalami kesulitan. (Tam/AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center