#
Headlines News :
Home » » Cegah Pungli, Bupati Agam Kukuhkan Satgas Saber

Cegah Pungli, Bupati Agam Kukuhkan Satgas Saber

Written By Fitra Hinandes on Senin, 20 Februari 2017 | 2/20/2017 03:33:00 PM

Bupati Agam Indra Catri mengukuhkan unit Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli), Senin (20/2) di halaman kantor bupati Agam, usai pelaksanaan upacara Hari Kesadaran Nasional 2017.
"Tujuan pembentukan unit Saber Pungli ini untuk menciptakan ketentraman masyarakat dari pungli, membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungli, dan menjadikan proses pelayanan publik bersih dari praktik pungli," kata bupati kepada wartawan.

Menurut bupati, pembentukan satgas saber pungli ini merupakan dasar dari pertimbangan lahirnya Perpres RI Nomor 87 tahun 2016, tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar.

"Kita minta kepada aparatur pemerintahan untuk menyetop pungli. Masyarakat juga setop memberi. Laksanakan pelayanan publik sesuai standar operasional prosedur yang berlaku. Ke depankan, upaya pencegahan lebih diutamakan dibanding penindakan. Lakukan sosialisasi secara masif, evaluasi SOP pelayanan publik di setiap satuan kerja, dan dorong keterbukaan infotmasi publik lebih baik lagi," ujarnya.
Wakapolres Agam, selaku Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Kabupaten Agam, Kompol. Suhadi mengatakan, upaya pemberantasan pungli difokuskan pada penyuluhan di instansi, pelayanan publik, kemudian area perizinan.

"Target kita adalah bebas pungutan liar di Agam. Caranya, pertama kita lakukan sosialisasi, setelah itu  kita lanjutkan dengan penindakan. Kita juga upayakan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat dan instansi, khususnya di bidang pelayanan publik, "ujarnya. (IF/AMC)


Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center