#
Headlines News :
Home » » Disdikbud Susun Buku Adat Salingka Nagari Bagi Siswa Sekolah

Disdikbud Susun Buku Adat Salingka Nagari Bagi Siswa Sekolah

Written By JONATA RAMADAN on Kamis, 16 Februari 2017 | 2/16/2017 02:31:00 PM

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam, Sumatera Barat mulai menyusun buku Adat Salingka Nagari, untuk dimasukan dalam kurikulum muatan lokal di sekolah tingkat SD dan SMP di daerah itu

"Penyusunan buku Adat Salingka  Nagari ini dibahas dan dibicarakan dalam rapat koordinasi bersama dengan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM), dan Bundo kanduang di Kabupaten Agam beberapa waktu lalu," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam Isra di Lubuk Basung, Kamis (16/2).

"Kita menyadari, anak-kemenakan, dan kalangan siswa banyak yang tidak mengetahui nama suku yang ada di 82 nagari di Kabupaten Agam," ujarnya.

Agar para generasi muda mengetahui dan memahami adat salingka nagarinya, dalam waktu dekat akan disusun buku Adat Salingka Nagari, sehingga mereka dapat mempelajarinya, dan dapat pula diwariskan nantinya  kepada anak cucu.

"Kami sangat serius akan hal ini karena bisa membentuk karakter anak didik yang kuat, yang bisa melestarikan adat dan budaya di nagari," ujarnya pula.

Menurutnya, kearifan lokal tentang adat dan budaya, perlu dijaga dan dilestarikan, yang dimulai dari tingkat Sekolah Dasar.. (jon/AMC)

Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center