#
Headlines News :
Home » » Nagari Kampuang Tangah Semakin Gencar Lakukan Pembangunan

Nagari Kampuang Tangah Semakin Gencar Lakukan Pembangunan

Written By andri padrianto on Senin, 06 Februari 2017 | 2/06/2017 05:38:00 PM

Nagari Kampuang Tangah, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, kini sedang giat membangun.

“Kegiatan yang akan dilakukan, antara lain membangunan dua ruas jalan, yang di Jorong Anak Aia Kumayan,” ujar Wali Nagari, Ardimis Yanto saat ditemui di ruangan kerjanya, Senin (6/2).

Dijelaskannya, pembangunan jalan dimaksud adalah peningkatan kualitas jalan dari jalan tanah menjadi jalan rabat beton sepanjang 400 meter, dan pengerasan jalan sepanjang 400 meter. pekerjaan tersebut dianggarkan sebesar Rp400 juta dari dana desa 2017.

Pekerjaannya menunggu pencairan dana nagari. Diperkriakan dana  bulan April dana sudah masuk ke rekening nagari. Diharapkan secepatnya dana itu sudah bisa dimanfaatkan.

Dana desa Nagari Kampuang Tangah tahun ini Rp854.049.83. Pencairannya dilakukan dua tahap. Tahap pertama 60%, dan tahap ke dua 40%”, katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, jalan yang akan dibangun itu merupakan jalan menuju perkebunan masyarakat. Saat ini jalan dimaksud tidak layak tempuh.sehingga petani mengangkut hasil penen harus mengeluarkan upah yang cukup besar.

Di lokasi tersebut, masyarakat dominan berkebun sawit dan jagung. Dengan dibangun jalan itu, otomatis petani tidak harus mengeluarkan biaya transpor tinggi, karena mobil sudah bisa langsung ke perkebunan.

“Masyarakat antusias melakukan pembangunan jalan itu, sehingga rela menyerahkan tanahnya, tanpa meminta ganti rugi,” terangnya.

warga juga telah merancang membentuk kelompok, untuk memungut sumbangan dari petani yang berkebun setiap panen, guna mempersiapkan dana untuk perawatan jalan.


Tidak hanya itu, Nagari Kampung Tangah juga memanfaatkan dana desa untuk pemberdayaan masyarakat, seperti bantuan, pelatihan, dan sejenisnya.(Tam/AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center