#
Headlines News :
Home » » Palembayan Berpotensi Menjadi Gudang Pangan Agam

Palembayan Berpotensi Menjadi Gudang Pangan Agam

Written By sangrajo on Rabu, 01 Februari 2017 | 2/01/2017 05:48:00 PM




Kecamatan Palembayan, merupakan salah satu kecamatan yang berpotensi menjadi “gudang pangan” Kabupaten Agam. Pernyataan itu disampaikan Bupati Agam, H. Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah dalam berbagai kesempatan, termasuk pada acara peresmian pemakaian gedung baru kantor Camat Palembayan, Rabu (1/2), di  Palembayan.
Menurutnya, keunggulan kecamatan itu antara lain memiliki lahan yang luas dan subur. Sampai saat ini masih banyak lahan tersebut yang bisa dimanfaatkan untuk menanam aneka jenis tanaman pangan. Untuk itu, ia telah meminta pihak Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Agam, agar menyediakan bibit tanaman pangan, untuk ditanam di kecamatan itu.
“Banyak tanaman pangan yang bisa dikembangkan di Palembayan. Kita akan membantu menyediakan bibit tanaman, dan tenaga teknis agar tanaman pangan yang ditanam di lahan warga, menghasilkan secara optimal,” ujarnya.
Ia juga sudah memplot kecamatan itu sebagai kawasan pengembangan ternak, terutama sapi bali, dan jagung. Bibit manggis juga sudah disebarkan di tengah warga sejak tahun 2016, walau baru dalam tahap sebagai tanaman pekarangan.
Dalam acara peresmian gedung baru kantor Camat Palembayan, Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah juga sudah menyerahkan 500 batang bibit petai, jengkol, dan cubadak. Ia berharap, bibit tanaman pangan tersebut ditanam dan dipelihara dengan baik, agar bisa menghasilkan untuk kebutuhan keluarga pemiliknya.
Menjawab harapan masyarakat, agar Palembayan menjadi salah satu gudang pangan daerah, bupati mengatakan akan mendukung sekuat kemampuan. Bahkan, sebelum warga memikirkan untuk itu, Pemkab Agam telah berbuat. Karena potensi Palembayan memang bagus untuk itu.
Sedangkan Kepala  DPKP Agam, Ermanto, S.Pi, M.Si mengatakan, pihaknya telah mulai melakukan pembibitan, untuk mendukung program Pemkab Agam, terutama Agam Menyemai. Pembibitan dilakukan di kebun bibit milik DPKP Agam di dekat BBI Gumarang, Kecamatan Palembayan, dan di pekarangan samping kantor DPKP, di Lubuk Basung.
“Tahap awal kami baru membibitkan jengkol dan durian. Tanaman pangan lainnya akan menyusul,” ujarnya. (AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center