#
Headlines News :
Home » » Suku Maori Disambut Hangat di Agam

Suku Maori Disambut Hangat di Agam

Written By AGAM MEDIA CENTER on Senin, 06 Februari 2017 | 2/06/2017 07:35:00 PM

Kunjungan Suku Maori Te Tairawhiti dari New Zealand ke Kab.Agam (6/2) disambut dengan tari galombang,yang disajikan siswa SMUN 2 Lubuk Basung, di Rumah Dinas Bupati Agam.

Kehadiran rombongan suku Maori tersebut, dalam rangka muhibah yang didampingi oleh StIRRRd UGM dan GNS sience untuk studi komparatif kebencanaan.

Rombongan akan berada di Agam selama 6 hari untuk berbagi pengalaman antara komunitas suku Maori dari Selandia Baru dan Masyarakat lokal mengenai dampak bencana alam terhadap cara hidup dan budaya.

Tamu dari Selandia Baru itu terdiri dari empat orang suku Maori (iwi) yang tinggal di Pantai Timur Pulau Utara, tiga orang staff GNS Science, seorang etnomusikolog yang mendalami kajian musik Sumbar, serta dua orang Staff Pengajar UGM.

Tim akan mengunjungi masyarakat Agam untuk berbagi pengetahuan adat dan pengalaman dalam menghadapi ancaman gempa bumi, tsunami, banjir, tanah longsor dan letusan gunung api, dan sejauh mana masyarakat Agam menggunakan pengalaman tersebut untuk dijadikan pengetahuan, dan menjadi bagian dari budaya, yang menjadikan lebih tangguh bencana dalam rangka program pengurangan resiko bencana (PRB)


Bupati Agam H. Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah menyambut hangat rombongan. Bahkan terjadi dialog yang menyajikan pantun masing masing, yang ditranslate Dr.Megan Collins serta Dr.Ari Pw, yang menjadikan suasana semakin akrab dalam persaudaraan .

Collins menjelaskan bahwa potensi resiko bencana di New Zealand hampir mirip dengan kabupaten.Agam. Oleh sebab itu, mereka memilih Agam untuk melakukan studi komparatif, termasuk mempelajari kearifan lokal (local wisdom), dengan mengunjungi masyarakat adat di beberapa lokasi Agam yang dikunjungi.
Rombongan merasa sterkesan dengan sambutan hangat, dan memuji sajian ibu ibu PKK yang diketuai ny.Vita Catri.

Menurut anggota rombongan suku Maori menunya hanya ada dua yaitu enak dan enak sekali. (AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center