#
Headlines News :
Home » » Agam Sosialisasikan Penguatan Sistim Inovasi Daerah

Agam Sosialisasikan Penguatan Sistim Inovasi Daerah

Written By Zulferi Ferdial on Selasa, 14 Maret 2017 | 3/14/2017 02:30:00 PM


Bupati Agam H.  Indra Catri Datuak Malako Nan Putiah membuka secara resmi Sosialisasi Penguatan Sistim Inovasi Daerah (SIDa),
di aAula kantor Bappeda Kabupaten Agam, Selasa (14/03).

 Sosioalisasi yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  Kabupaten Agam .  tersebut  diikuti oleh seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Agam, Camat, dan wali nagari. Sebagai nara sumber adalah Dr. Ing. Uyung gatot S.Dinata, Prof.Dr.James Hellyward dan  Prof.Dr.Ir.Firman Tan, dari Tim Sistem Inovasi Daerah LPPM UNAND Padang..

Dalam sambutannya Indra Catri menyampaikan agar daya saing ekonomi dan ekonomi kreatif dapat tumbuh dan berkembang dengan baik perlu adanya suatu inovasi dalam pembangunan.

“Inovasi dapat dilakukan dalam berbagai hal seperti menemukan  cara baru, objek baru, teknologi baru, penemuan baru dan pengetahun baru untuk itu dibutuhkan kreativitas. Bentuk kreativitas yang diinginkan saat ini adalah sebuah kreativitas yang inovatif, imajinatif dan inspiratif serta intuitif.

Menurut bupati, Sistem Inovasi daerah (SIDa) merupakan keseluruhan proses dalam satu sistem, untuk menumbuhkembangkan inovasi yang dilakukan antar instutusi pemerintah, lembaga pendidikan, lembaga penunjang inovasi, dunia usaha, dan masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Agam sebenarnya telah memiliki program inovasi daerah, yang memiliki dampak terhadap daya saing daerah. Bahkan, salah satu program inovasi, Agam Menyemai, mengnatarkan Bupati Agam menerima penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif dari Koran Sindo, tahun lalu. Inovasi lainnya seperti Thaharah Mesjid, Gerakan WC Bersih, Magrib Mengaji, Festival Ramadhan, Ikhlas Membayar Zakat, Jamkesda Mandiri, serta inovasi lainnya di bidang teknologi informasi, seperti Pengembangan Aplikasi Si Cantik, yaitu aplikasi perizinan berbasis on-line pada Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Ketenagakerjaan, dan E- Voting aplikasi pemilihan wali nagari berbasis elektronik. Walaupun begitu perlu dilakukan upaya peningkatan sistem inovasi daerah, agar  daya saing Kabupaten Agam semakin meningkat.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk menciptakan pemahaman yang sama bagi seluruh stakeholder, sebagai langkah awal dalam penyusunan dokumen road map penguatan Sistem Inovasi Daerah( SIDa), serta rencana aksi umum dan rencana aksi detail SIDa Kabupaten Agam 2016 -2020. Untuk mempercepat implementasi SIDa di Kabupaten Agam dapat diaktualisasikan dalam setiap program maupun kegiatan yang sinergis, guna mewujudkan  Agam Smart Regency yang berkeadilan, inovatif, sejahtera, agamais, dan beradat, demi kemajuan Kabupaten Agam.(fr/amc)



  
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center