#
Headlines News :
Home » » Aktivitas Wisata di Palupuh Buka Peluang Usaha Baru

Aktivitas Wisata di Palupuh Buka Peluang Usaha Baru

Written By JONATA RAMADAN on Kamis, 30 Maret 2017 | 3/30/2017 02:21:00 PM


Objek wisata Bunga Raflesia di Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, semakin dibanjiri wisatawan mancanegara dan nusantara. Aktivitas pelaku wisata belum terorganisir, sekarang semakin tertata dengan terbentuknya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis ) Koto Rantang Adventure. Hal ini dikarenakan masyarakat setempat semakin memahami potensi yang ada di kawasan itu.

"Semakin banyak wisatawan yang datang, maka semakin besar peluang usaha, sesuai dengan kebutuhan wisatawan yang mencari kenyamanan" ujar Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Agam, Hadi Suryadi, yang ditemui usai mengukuhkan Pokdarwis Koto Rantang Adventure Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Propinsi Sumatera Barat di kantor Wali Nagari Koto Rantang Rabu (29/3).

Pengurus pokdarwis yang baru dikukuhkan itu menyatakan kesiapannya mendukung program pariwisata dengan sapta pesona, seperti disampaikan Ketua Pokdarwis Yunilson.

"Ini bukti keseriusan kami, meskipun belum dikukuhkan, sejak beberapa waktu lalu kami sudah menyusun aneka program kelompok ke depan, salah satunya membuka jalur trabas" ujarnya.
Sementara itu Walinagari Koto Rantang Sy. Datuak Batuduang mengharapkan, dengan terbentuknya pokdarwis ini dapat mengangkat ekonomi masyarakat.
"Kita harapkan kelompok juga menggali potensi lain, di samping bunga raflesia dan kopi luwak, yang sudah ada selama ini" ujarnya berharap.
Harapan yang disampaikan ketua kelompok dan wali nagari ini juga disambut baik BKSDA Sumatera Barat Resor Konservasi Bukittinggi A.Jusmen, SP
"Kami mengapresiasi pembentukan kelompok sadar wisata ini, dan akan mendorong alih fungsi lokasi konservasi ini menjadi TWA," ujarnya.

Camat Palupuh Hasrizal, S.Sos, yang baru 26 hari melaksanakan tugasnya sebagai camat, mengharapkan dukungan semua lapisan masayarakat. Keramah-tamahan masyarakat sangat menentukan kenyamanan wisatawan berkujung.
Objek wisata raflesia ini memang sudah dikenal hingga ke mancanegara, bahkan sudah berulang kali dijadikan lokasi suting oleh televisi luar negeri, terakhir televisi SBS Korea, pada akhir Januari lalu.

Daya tarik bunga rafflesia ini juga didukung oleh kopi luwak organik, yang tersedia di lokasi wisata di pinggir jalan lintas Bukittinggi - Pasaman. (Tim AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center