#
Headlines News :
Home » » Komitmen Pemkab Agam, Pembangunan Kesehatan Merupakan Prioritas

Komitmen Pemkab Agam, Pembangunan Kesehatan Merupakan Prioritas

Written By andri padrianto on Kamis, 30 Maret 2017 | 3/30/2017 02:07:00 PM

Pemerintah Kabupaten Agam berkomitmen, bahwa pembangunan bidang kesehatan merupakan salah satu skala prioritas yang harus dicapai. Secara bertahap telah dimulai dengan membangun Puskesmas yang representative.

Hal tersebut disampaikan Bupati Agam H. Indra Catri, Dt Malako Nan Putiah, dalam sambutannya saat meresmikan Puskesmas Pakan Kamih, Kecamatan Tilatang Kamang, Kamis (30/3).

Menurutnya, pada tahun 2015, sudah dibangun Puskesmas Sungai Pua, Kecamatan Sungai Pua, dan 2016 dilanjutkan membangun Puskesmas Pakan Kamis, Kecamatan Tilatang Kamang. Bangunan itu merupakan Puskesmas termegah di Kabupaten Agam saat ini.

“Secara bertahap, Pemkab Agam akan melanjutkan kegiatan rehab berat seluruh Puskesmas yang ada di daerah itu, menjadi Puskesmas yang sesuai dengan Permenkes 75 tahun 2014,” ujar bupati.

Dijelaskan, menciptakan bangunan Puskesmas yang megah, bukan hanya tangungjawab pemerintah tetapi harus ada dukungan yang kuat dari seluruh elemen masyarakat.

 “Untuk itu, mari saling bahu membahu dengan pemerintah dalam melakukan pembangunan di Kabupaten Agam,” ujarnya pula.

Bupati mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, yang telah mendukung penuh pembangunan Puskesmas intersebut, dan semua pihak yang ikut berperan dalam pembangunannya

Bupati berharap agar bangunan baru Puskesmas itu dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan kesehatan masyarakat. Di sisi lain, supaya bangunan dimaksud dijaga sebaik-baiknya. Kepada petugas juga diharapkan memberikan pelayanan yang baik, dan tulus kepada masyarakat, sehingga  Puskesmas Pakan  Kamih menjadi barometer pelayanan kesehatan prima di Agam.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam Dr. H Indra mengungkapkan, pembangunan gedung itu menghabiskan dana sebesar Rp4,3 miliar dari Dana ALokasi Khusus (DAK).

“Gedung dilengkapi dengan ruang unit gawat darurat (UGD), persalinan; perawatan khusus perempuan, laki-laki dan anak-anak; dan laboratorium. Semua jenis pemeriksaan labor sudah bisa dilakukan di Puskesmas Pakan Kamis,” ujarnya.

Ia menjelaskan, di Puskesmas Pakan Kamis memiliki 56 tenaga medis, para medis, bidang dan dua dokter. Mereka diharapkan bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Lebih lanjut Indra mengatakan, Puskesmas tidak hanya untuk orang sakit, tetapi juga orang yang sehat, untuk mencek kesehatan secara berkala. Maka dari itu, diminta masyarakat melakukan pengecekan kesehatannya, untuk mengantisipasi terjadinya serangan penyakit.

Tokoh masyarakat Kecamatan Tilatang Kamang, H Darnis Burhan, Dt. Bagindo Sati, menyambut baik keberadaan Puskesmas baru itu. Ke depan diharapkan, tidak ada masyarakat yang tidak terlayani dalam berobat.

Selain itu, masyarakat juga diminta bisa menjaga bangunan megah itu, supaya bangunan tetap kokoh dan tahan lama, sehingga memberikan manfaat lebih lama.

Peresmian Puskesmas dihadiri Anggota DPRD Agam, OPD Agam, Camat Tilatang Kamang Herman, Forkompimda, dan masyarakat Tilatang Kamang. (Tam/AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center