#
Headlines News :
Home » » Bupati Agam Minta PPID Segera Berbenah

Bupati Agam Minta PPID Segera Berbenah

Written By Zulferi Ferdial on Senin, 20 Maret 2017 | 3/20/2017 11:06:00 PM

Dalam rangka mengimplementasikan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik Nomorr 14 Tahun 2008 Bagian Humas Sekretariat Kabupaten Agam laksanaan kegiatan sosialisasi keterbukaan informasi publik bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Aula Utama Kantor Bupati Agam, Senin (20/3) yang dibuka secara resmi oleh Bupati Agam Indra Catri Datuak Malako Nan Putiah. Sosialisasi ini diikuti oleh Asisten,Kepala OPD, Sekretaris OPD, Camat dan Bidang - Bidang PPID.

Dalam sambutannya Bupati Agam Indra Catri juga mempertanyakan keberadaan PPID Kabupaten Agam dikarenakan sejak dua tahun terakhir belum menunjukan perannya dalam memberikan layanan informasi.
"Melihat kondisi saat ini kita sering dihadapkan banyaknya informasi yang tidak sesuai, kandungan informasinya kurang tepat dan tidak relevan" untuk itu pengemasan informasi sangatlah penting, disitu letak peran PPID terhadap sebuah informasi  ujar Indra Catri.

Terakhir Indra Catri meminta peserta mengikuti sosialisasi dengan seksama, kepada pelaksana kegiatan diminta menambah durasi sosialisasi dan kepada kepala OPD untuk mengikutsertakan staf untuk mengikuti sosialisasi ini agar permasalahan yang dihadapi PPID Kabupaten Agam dapat terselesaikan dan berjalan sepenuhnya sesuai dengan amanat undang-undang.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan oleh narasumber Yurnaldi dari Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat yang fokus mengupas masalah yang dihadapi PPID Kabupaten Agam antara lain belum tersedianya Daftar Informasi Publik (DIP), minimnya sarana prasarana, kurangnya SDM yang memahami keterbukaan informasi serta kurangnya dukungan dari OPD. Di sesi kedua Indra Kusuma dari Dinas Kominfo Provinsi Sumbar memaparkan tugas dan fungsi PPID dan mekanisme penyusunan Daftar Informasi Publik yang harus dilaksanakan oleh PPID.

Dari hasil diskusi peserta bersama kedua nara sumber tersebut dapat disimpulkan bahwa solusi yang harus segera dilaksanakan PPID adalah menyusun daftar informasi publik, menambah kapasitas SDM pelaksana PPID Utama dan Pembantu, membangun koordinasi antara PPID Utama dengan PPID Pembantu pada OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Agam dan menambah sarana dan prasarana yang dibutuhkan sekretariat PPID. Sehingga apa yang diharapkan Bupati Agam terhadap PPID dapat dicapai sesegera mungkin.(fr/amc)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center