#
Headlines News :
Home » » Bupati Agam : Pengurangan KJA Mutlak Diperlukan

Bupati Agam : Pengurangan KJA Mutlak Diperlukan

Written By JONATA RAMADAN on Rabu, 22 Maret 2017 | 3/22/2017 08:08:00 PM


Bupati Agam H. Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah mengatakan, dalam jangka waktu tiga sampai enam tahun ke
depan akan mengupayakan jumlah keramba jaring apung (KJA) di Danau Maninjau bisa berkurang menjadi 6.000 petak.

"Saat ini berdasarkan data yang dikeluarkan Dinas Kelautan dan Perikakan Kabupaten Agam Tahun 2016 jumlah KJA di Danau Maninjau berjumlah 17.226 petak. Ini jauh melebihi daya tampung yang hanya  6.000 petak KJA," kata Bupati Agam Indra Catri saat pembahasan dan diskusi  terkait pemulihan Danau Maninjau di ruangan rapat SMA Agam Cendikia, Rabu(23/3).

Aktivitas perikanan KJA merupakan penyumbang terbesar beban pencemaran di Danau Maninjau yaitu, mencapai 95 persen dari total beban pencemaran. Sementara sampah rumah tangga dan lainya sebesar 5 persen.

"Ini  mengakibatkan sendimen di dasar Danau Maninjau mencapai 50 juta kubik," ujarnya

Guna menyelamatkan Danau Maninjau, Pemerintah Kabupaten Agam melakukan aksi nyata, melalui Gerakan Save Maninjau. Beberapa skenario penyelamatan Danau Maninjau telah disusun dalam 10 agenda utama, yang akan dilaksanakan secara berkelanjutan, sehingga KJA bisa berkurang di Danau Maninjau.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno Dt. Rajo Bandaro Basa menyampaikan, perlu dilakukan penguatan regulasi secara kelembagaan, serta koordinasi antar stake holder terkait. Di samping itu, perlu dilakukan aksi nyata, seperti pengangkatan sendimen, dan pemeliharaan, pencegahan, dan solusi lainnya.
"Kita mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Agam, karena telah banyak berbuat melakukan berbagai terobosan seperti, gotong royong, moratorium KJA, menjaga sumber air baku. Ini kami sambut positif," katanya.

Disisi lain, Direktur Irigasi Rawa Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, Ir. Muhammad Mazid, menambahkan, perlu adanya dukungan dan memperkuat komitmen secara bersama dengan instansi terkait, dalam penyediaan air baku yang berkualitas dan kwantitas terjamin. (jon/AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center