#
Headlines News :
Home » » Bupati Kukuhkan Pengurus Baznas Agam

Bupati Kukuhkan Pengurus Baznas Agam

Written By Fitra Hinandes on Senin, 06 Maret 2017 | 3/06/2017 05:08:00 PM

Bupati Agam H. Indra Catri, Dt. Malako Nan Putiah mengukuhkan pengurus Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Agam, masa bakti 2017-2022, Senin (6/3) di aula kantor bupati Agam.

Mereka adalah, Eldi Zein (Ketua), Djasmi. AN (Wakil Ketua I), Yandril (Wakil Ketua II), dan Abdul Aziz (Wakil Ketua III). Kepengurusan dilengkapi dengan Satuan Audit Internal Baznas Agam, yaitu Yosefriawan (sekretaris), Junaidi (anggota) dan Edi Zalman (anggota).

Bupati berharap, dengan kepengurusan yang baru, eksistensi Baznas Agam lebih meningkat, sehingga keberadaannya senantiasa dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Agam.

"Kami menginginkan Baznas tidak hanya sebagai penghimpun zakat, tetapi bagaimana menunjukkan eksistensinya dalam membela agama. Salah satunya untuk membangun kepercayaan para muzzaki (wajib zakat)," ujarnya.

Menurut bupati, ada empat faktor untuk mendukung keberhasilan dari zakat yakni pertama, regulator. Pemerintah sudah cukup banyak dan lengkap mulai dari Undang-undang, Peraturan Pemerintah, Intruksi Presiden hingga Peraturan Badan Amil Zakat Nasional.

Kedua, motivator. Kementerian Agama harus jadi motor penggerak dari gerakan sadar zakat ini. Ketiga, koordinator. "Koordinator dalam hal ini bertugas sebagai pengumpul dan pendistribusian zakat, dan keempat fasilitator.

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Agam sudah mencanangkan gerakan Inovasi Cerdas salah satunya yaitu Ikhlas Berzakat. Menurut bupati, ASN yang sebelumnya masih 1 persen atau 1,5 persen potongan gaji untuk zakat, sekarang sudah menjadi 2,5 persen.

"Ke depannya, mari kita gali potensi zakat yang ada di Kabupaten Agam sehingga tidak terdapat lagi masyarakat yang tidak melanjutkan sekolah karena kekurangan biaya dan kebutuhan masyarakat kurang mampu lainnya," ajak bupati.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Baznas Sumbar, Sabhan Lubis mengingatkan agar pimpinan Baznas setempat yang baru saja dikukuhkan agar melaksanakan tugas dan fungsi sesuai peraturan yang berlaku.

"Jabatan sebagai pimpinan Baznas adalah amanah yang mesti dipertanggung jawabkan dunia dan akhirat. Maka itu, laksanakan dengan baik," ujarnya.

Baznas Kabupaten Agam hendaknya lebih mengoptimalkan sosialisasi tentang zakat kepada seluruh elemen yang ada, termasuk masyarakat. Dengan demikian, mereka akan menyadari bahwa menunaikan zakat adalah wajib bagi umat muslim.

Selain bupati, pengukuhan juga dihadiri Kepala Bidang Penerangan Zakat dan Wakaf Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumbar, Maswar dan Wakil Ketua Baznas Sumbar, Sabhan Lubis. (IF/AMC)


Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center