#
Headlines News :
Home » » Hari Air se Dunia di Maninjau, Moment Percepatan Penyelamatan Danau Maninjau

Hari Air se Dunia di Maninjau, Moment Percepatan Penyelamatan Danau Maninjau

Written By andri padrianto on Rabu, 22 Maret 2017 | 3/22/2017 06:18:00 PM

Terpilihnya Danau Maninjau sebagai pusat peringatan, Hari Air Dunia yang ke-25 tahun 2017, menjadi suatu kehormatan dan bentuk perhatian yang sangat tinggi terhadap Kabupaten Agam.

Bupati Agam Ir. H Indra Catri Dt Malako Nan Putiah, dan Wakil Bupati Trinda Farhan Satria Dt Tumangguang Putiah, beserta seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menyambut antusias momen tersebut, sekaligus menjadikannya sebagai salah satu upaya percepatan penyelamatan Danau Maninjau.

“Kami berharap, momen ini dapat memberikan motivasi, dan dorongan dalam rangka peningkatan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik, terutama untuk upaya penyelamatan Danau Maninjau,” ujar Bupati Agam Indra Catri, Rabu (22/3).

Acara peringatan tersebut, dihadiri Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), yang diwakili Direktur Irigasi dan Rawa Ir. Mochammad Mazid, beserta tim Revitalisasi Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA). Juga hadir pegawai Kementerian Agraria, dan Tata Ruang, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Kementerian Dalam Negeri, dan stakeholder terkait dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Dikatakan bupati, kondisi perairan Danau Maninjau berada pada level eutropik, dan tinggal satu level lagi menuju danau mati yaitu hypereutropik.

“Danau dengan sejuta kebanggaan, pesona dan keindahan, tentu tidak akan diwariskan kepada generasi penerus dalam kondisi yang tercemar seperti saat ini. Beban berat itu berada di pundak kita bersama,” ujar bupati.

Momentum perayaan Hari Air Dunia di pinggiran Danau Maninjau mengambil tema air dan air limbah, dari tema itu, diharapkan dapat membangkitkan semangat kebersamaan, sinergitas dan komitmen guna mendorong terwujudnya pengurangan pencemaran danau.

“Semoga momen ini mampu melahirkan kesepakatan aksi nyata untuk pemulihan fungsi danau, sebagai habitat biota endemik, peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, dan penataan kembali aktivitas ekonomi masyarakat guna tercapainya Gerakan Save Maninjau secara utuh,” harapnya.

Usai Peringatan Hari Air Dunia , dilanjutkan dengan diskusi terkait Pembahasan Pemulihan Danau Maninjau, dalam rangka implementasi Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA). (Tam/AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center