#
Headlines News :
Home » » Puskesmas Megah di Pakan Kamih Besok Diresmikan

Puskesmas Megah di Pakan Kamih Besok Diresmikan

Written By Admin on Rabu, 29 Maret 2017 | 3/29/2017 09:19:00 PM

Pusat Kesehatan Masyarakat (PusKesMas) adalah sarana unit fungsional kesehatan terdepan yang memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat di wilayah kerjanya. Puskesmas mempunyai fungsi utama menjalankan upaya pelayanan kesehatan untuk menanggulangi masalah kesehatan masyarakat, terutama menggerakkan pogram promosi kesehatan, penanggulangan dan pencegahan penyakit menular (P2M).
Menurut rangkuman dari berbagai sumber informasi, ada 3 (tiga) fungsi utama yang diemban puskesmas dalam melaksanakan pelayanan kesehatan dasar (PKD) kepada seluruh target sasaran masyarakat di wilayah kerjanya, yakni sebagai berikut :



1) Pusat Penggerak Pembangunan Berwawasan Kesehatan
Berupaya menggerakkan lintas sektor dan dunia usaha di wilayah kerjanya agar menyelenggarakan pembangunan yang berwawasan kesehatan,
Aktif memantau dan melaporkan dampak kesehatan dari penyelenggaraan setiap program pembangunan di wilayah kerjanya
2) Pusat Pemberdayaan Masyarakat:
Berupaya agar perorangan terutama pemuka masyarakat, keluarga dan masyarakat :
Memiliki kesadaran, kemauan dan kemampuan melayani diri sendiri dan masyarakat untuk hidup sehat
Berperan aktif dalam memperjuangkan kepentingan kesehatan termasuk pembiayaan
Ikut Menetapkan menyelenggarakan dan memantau pelaksanaan program kesehatan
Membina peran serta masyarakat di wilayah kerjanya dalam rangka meningkatkan kemampuan untuk hidup sehat
3) Pusat Pelayanan Kesehatan Strata Pertama
Menyelenggarakan pelayanan kesehatan tingkat pertama (primer) secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan (kontinyu) mencakup :
Pelayanan kesehatan perorangan
Pelayanan kesehatan masyarakat.

Melihat fungsi puskesmas yang sangat strategis sebagai penggerak pembangunan kesehatan terdepan di tengah masyarakat, Pemerintah Kabupaten Agam berkomitmen bahwa pembangunan bidang kesehatan merupakan salah satu skala prioritas yang harus dicapai.

Pemerintah Kabupaten Agam telah memulai membangun puskesmas yang representatif seperti pada Tahun 2015 telah dibangun Puskesmas Sungai Pua dan Tahun 2016 juga dibangun Puskesmas Pakan Kamis yang merupakan Puskesmas termegah di Kabupaten Agam saat ini atau mungkin di Sumatera Barat.
Rehab total Puskesmas ini menghabiskan biaya sebesar Rp 4.239.954.000,- (Empat miliar dua ratus tiga puluh sembilan juta sembilan ratus lima puluh empat ribu rupiah) yang didisain oleh Nadya Engineering Consultant dan dilaksanakan oleh PT. Analisa Sila Karya selama 210 hari kalender.

Direncanakan besok Kamis (30/3) Bupati Agam Indra Catri akan meresmikan Puskesmas Pakan Kamis di Kecamatan Tilatang Kamang, Puskesmas ini direhab pada Tahun 2016 dengan menggunakan Dana DAK Bidang Kesehatan Sub Bidang Pelayanan Kesehatan Dasar Tahun Anggaran 2016.

Secara bertahap Pemerintah Kabupaten Agam akan melanjutkan kegiatan rehab berat puskesmas sampai semua puskesmas yang ada di Kabupaten Agam menjadi puskesmas yang sesuai dengan Permenkes 75 Tahun 2014.
Tahun 2017 kita juga melakukan rehab total Puskesmas Matur, Puskesmas Biaro dan gedung Rawat Inap Puskesmas Baso. Untuk Tahun 2018 Pemkab Agam juga telah memasukkan proposal ke pusat untuk rencana rehab total Puskesmas Magek, Puskesmas Kapau, Puskesmas Lasi dan Puskesmas Palembayan.


Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center