#
Headlines News :
Home » » 28 Nagari di Agam Gelar Pemilihan Walnag Dengan Sistem e-Voting

28 Nagari di Agam Gelar Pemilihan Walnag Dengan Sistem e-Voting

Written By andri padrianto on Jumat, 28 April 2017 | 4/28/2017 04:01:00 PM


Sebanyak 28 nagari di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, akan menggelar pemilihan wali nagari serentak dengan sistem e-voting atau elektronik pada 16, 19, 22, 25 dan 29 Juli 2017.

Berdasarkan hal tersebut, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Agam, Gusri Noval, Jumat (28/4), mengatakan, tahapan pemilihan wali nagari telah dilakukan, dan sudah ada sebagian nagari yang menetapkan calon wali nagari.

"Saat ini 22 nagari yang sudah menetapkan calon, dan telah menetapkan nomor urut," katanya.

Sedangkan enam nagari yakni, Nagari Panampuang, Kubang Putiah, Taluak, Ladang Laweh, Sungai Janiah dan Gaduik, belum menetapkan calon, karena jumlah bakal calon yang mendaftar masih kurang dari dua calon.

"Apabila calon masih kurang dari dua, maka pemilihan ini akan ditunda pada pemilihan serentak tahap dua pada 2019," ujarnya.

Ia menjelaskan pemilihan serentak itu akan menggunakan 50 unit perangkat, seperti komputer beserta perangkat lain, mesin pencetak (printer), aplikasi e-voting, alat pembaca kartu tanda penduduk, dan lainnya.

Mekanisme pelaksanaan pemilihan tidak satu hari, karena jumlah TPS di 28 nagari tersebut 203 unit. Pelaksanaannya akan dilanjutkan pada hari berikutnya, mengingat jumlah alat e-voting masih terbatas.

Pemilihan akan dilaksanakan pada 16, 19, 22, 25 dan 29 Juli 2017. Sedangkan pelantikan akan dilakukan secara serentak pada Agustus 2017. "Kita masih mencari waktu yang tepat untuk pelantikan secara serentak ini," ujarnya pula.

Ia menambahkan, jumlah pemilih di 28 nagari ini sebanyak 128.000 orang, dan saat ini panitia pemilihan nagari sedang melakukan verifikasi pemilih. Berkemungkinan jumlah pemilih ini bisa berkurang atau bertambah. (Tam/AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center