#
Headlines News :
Home » » 30 Orang Calon Pencari Kerja Dilatih

30 Orang Calon Pencari Kerja Dilatih

Written By andri padrianto on Selasa, 04 April 2017 | 4/04/2017 05:07:00 PM

 Pemerintah Kabupaten Agam melalui Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan, menggelar pelatihan bagi 30 orang calon pencari kerja di daerah itu. Pelatihan tersebut dibagi dua jurusan, yaitu kejuruan mekanik junior sepeda motor, dan juru las SMAW 3G.

Pelatihan tersebut dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Masrtias Wanto, di aula BLK Sungai Jariang, Kecamatan Lubuk Basung, Selasa (4/4). Acara tersebut dihadiri Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Padang Ir. Zamhir, Kepala Dinas PMPTSP Naker Agam Fatimah, dan beberapa utusan OPD lainnya.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Martias Wanto mengapresiasi kegiatan tersebut, karena setiap pencari kerja harus memiliki kemampuan dan skill yang bagus, sehingga menghasilkan kinerja yang berkualitas nantinya.

Menurut Martias, tidak sedikit pengangguran terjadi di Kabupaten Agam, yang diakibatkan masih kurangnya motivasi, etos kerja, disiplin, kreatifitas, inovasi dan skill kerja, serta masih rendahnya penyerapan tenaga kerja pada dunia usaha.

Apalagi di era globalisasi saat ini, kemajuan ilmu pengetahuan, dan teknologi berkembang pesat. Tuntutan kualitas tenaga kerja makin hari semakin meningkat, tuntunan mutu yang kian menjadi sorotan dalam dunia usaha. Hampir setiap saat, perubahan itu selalu terjadi pada setiap sektor kehidupan masyarakat.

“Menyikapi hal tersebut, tentu keterampilan harus ditingkatkan, apabila bertahan dengan kondisi sekarang kita akan tertinggal,” ujarnya.

Justru itu, Martias mengharapkan peserta dapat mengikuti pelatihan ini sebaik-baiknya. "Jadilah calon tenaga kerja yang kompeten, kreatif, inovatif, berdaya saing, dan siap membuka usaha sendiri, maupun mengisi kebutuhan industri khususnya di Kabupaten Agan," ujarnya lagi.

Setelah lulus nanti, peserta pelatihan diharapkan dapat berwirausaha atau membentuk kelompok kerja untuk mengembangkan keterampilan, dan keahlian. Di samping itu juga selalu mengasah mental dan etika.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan Kabupaten Agam Fatimah mengungkapkan, kegiatan itu dilakukan atas kerja sama Pemkab Agam dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Padang.

“Kegiatan ini digelar untuk melatih keterampilan para peserta, agar kompetensinya meningkat, sehingga dapat membuka lapangan usaha secara mandiri, maupun diterima bekerja di dunia industri,” ujarnya.

Fatimah menjelaskan, pelatihan dilakukan dua jurusan selama 45 hari.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BLK Padang Ir. Zamhir mengungkapkan, pelatihan tersebut berbasis kompetensi terkait skill, sikap, karakter, dan akhlak. Peserta di kawal instruktur selama jam pelatihan berlangsung, kemampuan diuji dengan kompeten.

“Mudah-mudahan peserta yang mengikuti ini, benar-benar memiliki niat dan keinginan yang tinggi untuk menuju perubahan nantinya,” ujarnya berharap. (Tam/AMC)


Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center