#
Headlines News :
Home » » Agam Canangkan Deteksi Dini Kanker Serviks

Agam Canangkan Deteksi Dini Kanker Serviks

Written By Fitra Hinandes on Rabu, 19 April 2017 | 4/19/2017 06:51:00 PM



Pemerintah Kabupaten Agam mencanangkan Gerakan Nasional Pemeriksanaan Dini Kanker Serviks melalui test IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat). Gerakan ini dilaksanakan di Puskesmas Sungai Pua, Kecamatan Sungai Pua, sebagai nagari percontohan test IVA tingkat Kabupaten Agam.

Pencanangan itu dimulai dengan pemukulan "tabuh" oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Agam, Ny. Vita Indra ,dengan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, Dr. H. Indra, Ketua GOW Kabupaten Agam, Ny. Candra Trinda Farhan, dan Camat Sungai Puar, Syafrizal, Rabu (19/4) di Kantor Wali Nagari Sungai Puar.

Ketua TP-PKK Agam, Ny. Vita Indra Catri mengatakan, pelaksanaan ini berdasarkan imbauan dari Pemerintah Pusat dalam upaya menurunkan angka kematian ibu akibat kanker serviks.

"Tujuan acara ini meningkatkan kepedulian peran serta masyarakat, terutama wanita usia ,untuk melakukan pemeriksaan dini tentang kanker leher rahim atau serviks melalui pemeriksaan Tes IVA," ujar Ny. Vita. 

Dijelaskannya, ini sebagai membangkitkan semangat dan motivasi kader PKK, agar tetap giat dalam mengelola kegiatan yang mendukung program penanggulangan dan pencegahan kanker leher rahim atau serviks. 

"Sasarannya adalah wanita yang sudah menikah untuk rutin melakukan pemeriksaan, dan dilakukan di dalam ruangan tertutup, serta sangat rahasia agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya menjelaskan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam mengatakan, pencanangan pemeriksaan Test IVA ini berguna untuk mencegah dan mendeteksi sejak dini kanker leher rahim, atau sering disebut Kanker Serviks. 

"Test IVA sendiri adalah inspeksi visual dengan asam asetat yang merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim. Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan skrining alternatif dari pap smear," ujarnya.
Menurutnya, secara umum kegiatan ini bertujuan untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker. Sedangkan secara khusus bertujuan antara lain untuk memotivasi masyarakat melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. 

"Meningkatnya jumlah perempuan yang melakukan deteksi dini kanker, dan terlaksananya penyebaran informasi tentang penyakit kanker, faktor resiko kanker dan upaya pengendaliannya melalui Test IVA," katanya. 

Menyikapi hal itu, pihaknya sudah memasang stiker berupa imbauan di tempat-tempat umum untuk memeriksa kesehatan ke puskesmas. 

"Kami sudah mempersiapkan tenaga di tiap-tiap puskesmas," ujarnya.
Hal yang sama juga dinyatakan oleh Ketua GOW Kabupaten Agam, Ny. Candra Trinda Farhan. ia megnatakan siap untuk mensukseskan program test IVA melalui organisasi wanita di Kabupaten Agam. (IF/AMC)


Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center