#
Headlines News :
Home » » Agam Laksanakan Program Kerja Paket C UNBK Pertama Kali

Agam Laksanakan Program Kerja Paket C UNBK Pertama Kali

Written By Fitra Hinandes on Senin, 17 April 2017 | 4/17/2017 10:33:00 AM


Para peserta Program Pendidikan Kesetaraan Kelompok Belajar (Kejar) Paket C (setingkat SMA), di Kabupaten Agam, untuk pertama kalinya mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam.

Sebanyak 30 orang peserta Program Kejar Paket C dari dua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), yaitu PKBM Generaai Muda dengan jumlah 24 orang, lokasi ujian SMKN 01 Lubuk Basung, dan PKBM SP Nonformal SKB, dengan peserta 6 orang, lokasi Ujian di SMA 1 Candung.

Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam, Yeni Sofnidel, Senin (17/4) di Lubuk Basung mengatakan, Ujian Nasional Paket C yang diikuti 153 orang,  peserta UNBK 30 orang, dan UNKP 123 orang.

Ia menyebutkan, untuk pelaksanaan ujian sistem UNKP diaksanakan oleh PKBM Darul Ulum, degnan peserta 24 orang, PKBM Asi Syifa (18), PKBM PPS Darul Ulum Alfalah (6), PKBM Air Mata Ibu (54), dan PKBM Pangilan Hati (21).
Peserta Program Kejar Paket C tersebut dijadwalkan mengikuti ujian selama empat hari dalam dua tahap, yakni pada tanggal 15-16 April 2017, dan tanggal 22-23 April 2017. 

Penjadwalan ujian yang berbeda dengan ujian sekolah reguler, menurut Yeni Sofnidel, dengan pertimbangan menyesuaikan dengan waktu para peserta Program Kejar Paket C. 

"Peserta Program Kejar Paket C itu waktu belajarnya juga berbeda dengan sekolah reguler, karena mereka pada umumnya merupakan pekerja, ibu rumah tangga, dan lain-lain," ujarnya

Pelaksanaan UNBK bagi para peserta Program Kejar Paket C, mengacu pada instruksi Pemerintah Pusat, yang menyatakan UN agar dilaksanakan berbasis komputer. 

"Sebenarnya, penyelenggara ujian bagi peserta Kejar Paket adalah PKBM. Namun PKBM tidak punya sarana prasarana untuk UNBK, sehingga Pemkab Agam memfasilitasi pelaksanaan UNBK tersebut," ujarnya menjelaskan. 

Yeni menyebutkan, di hari pertama pelaksanaan UN akan dihadiri Dirjen Pembinaan PAUD dan DIKMAS dari Kementrian Pendidiikan, didampingi Kabid Pembinaan PAUD dan Dikmas, dan Kasi Dikmas. Kemudian, hari kedua kunjungan dilanjutkan oleh Dirjen Pembinaan PAUD dan Dikmas, bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam, Isra. (IF/AMC)

Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center