#
Headlines News :
Home » » BPBD Agam Gelar Simulasi Siaga Bencana

BPBD Agam Gelar Simulasi Siaga Bencana

Written By andri padrianto on Rabu, 26 April 2017 | 4/26/2017 08:43:00 PM


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, menggelar simulasi penyelamatan untuk mengatasi terjadinya korban bencana alam yang bisa terjadi kapan saja.

Simulasi itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN), dan untuk Agam dipusatkan di Kecamatan Tanjung Mutiara, Rabu (26/4).

Simulasi itu diikuti sekitar 3.000 warga Agam. Dalam latihan penyelamatan secara mandiri ikut berpartisipasi OPD dan unsur terkait, seperti Dinas Sosial Agam, Satpol PP dan Damkar Agam, Baznas Agam, Senkom, IAIN Bukittinggi, Jemari Sakato, PMI, dan tujuh KSB se- Kecamatan Tanjung Mutiara.

Pada kesempatan itu, Kalak BPBD Kabupaten Agam, Bambang Warsito mengatakan, simulasi itu bertujuan untuk mengurangi korban bencana, saat terjadinya bencana gempa bumi yang berpotensi tsunami, terutama bagi warga yang berada di pinggir pantai.

"Kita menggelar simulasi agar masyarakat mengerti dengan aba-aba bencana, dan dapat memberikan pertolongan pertama terhadap keluarga dan tetangganya," ujarnya.

Selain simulasi, dalam peringatan HKBN itu juga diserahkan bantuan berupa voucher belanja dari Jemari Sakato dengan nilai Rp150 ribu per-orangnya. Bantuan itu bertujuan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga mereka.

"Bantuan diberikan sengaja berbentuk voucher, kalau kita berikan berupa uang tunai, nantinya mereka menyalahgunakan uang itu," ujarnya lagi. (Tam/AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center