#
Headlines News :
Home » » Pemkab Dorong Masjid Miliki Kebun Bibit

Pemkab Dorong Masjid Miliki Kebun Bibit

Written By JONATA RAMADAN on Jumat, 28 April 2017 | 4/28/2017 03:59:00 PM

Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mendorong seluruh masjid di daerah itu untuk membuat kebun bibit di pekarangan tempat ibadah itu, dalam memenuhi kebutuhan bibit tanaman bagi jamaah dan warga sekitar.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Agam, Isman Imran di Lubuk Basung, Jumat (28/4), mengharapkan kepada pengurus masjid agar membuat kebun bibit di pekarangan masjid.

Agar ini terwujud, pihaknya mengharapkan pada tahun ini satu masjid di masing-masing kecamatan di Agam memiliki kebun bibit, agar bibit yang disemai itu bisa memenuhi kebutuhan dari jemaah dan warga sekitar.

Saat ini Masjid Nurul Falah di Kecamatan Lubuk Basung telah memiliki kebun bibit dengan tanaman cabai, tomat dan terong. Masjid ini merupakan satu-satunya di Agam yang telah memiliki kebun bibit. Kebun bibit ini telah beroperasi semenjak awal 2017 dan bibitnya seperti cabai, tomat dan lainnya telah dibagikan kepada jamaah dan warga sekitar.

"Petugas yang mengelola kebun bibit ini terus melakukan penyemaian, sehingga ketersediaan bibit cabai, tomat dan terung tetap ada," katanya yang juga ketua pengurus Masjid Nurul Falah.

Selain membibit, lokasi pekarangan masjid juga telah ditanam berbagai tanaman buah-buahan seperti, mangga, jeruk, kelengkeng, rambutan dan lainnya. Diperkirakan, katanya sekitar 2,5 tahun mendatang tanaman ini sudah berbuah dan bisa dimanfaatkan bagi masyarakat sekitar. 

Pembibitan dan menanam buah-buahan ini untuk menindaklanjuti program Agam menyemai yang telah dilakukan bupati beberapa tahun lalu dan juga untuk menekan inflasi karena cabai salah satu penyebab inflasi tersebut. (jon/AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center