#
Headlines News :
Home » » Perda Pengelolaan Sampah Disetujui

Perda Pengelolaan Sampah Disetujui

Written By andri padrianto on Rabu, 26 April 2017 | 4/26/2017 08:33:00 PM


Kehadiran sampah sebagai buangan dari aktifitas domestik, komersil, maupun industri, tidak bisa dihindari. Bahkan semakin kompleks, dan meningkat kuantitasnya, sejalan dengan perkembangan ekonomi dari waktu ke waktu.

Hal tersebut di sampaikan Wakil Bupati Agam H. Trinda Farhan Satria, Dt Tumangguang Putiah, saat membacakan pendapat akhir Bupati Agam, terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pengelolaan Sampah, di aula utama DPRD Agam, Rabu (26/4).

Wabup mengungkapkan, pemerintah daerah telah melakukan upaya untuk menangani masalah sampah yang terjadi selama ini. Sistem pengelolaan sampah yang sudah dilakukan adalah dengan membangun lokasi Tempat  Pembuangan Akhir (TPA) di Sungai Jariang, Lubuk Basung,  dengan sistem semi kontrol landfill.

"Namun masalah yang akan dihadapi adalah ketika TPA itu sudah tidak mampu menampung sampah yang diproduksi masyarakat, sedangkan lahan yang bisa digunakan sebagai TPA semakin menyempit," ujarnya.

Menurut Wabup, kunci sukses pengelolaan sampah meliputi kredibilitas para pengambil kebijakan, mekanisme implementasi yang efisien, perhatian yang signifikan terhadap pasar daur ulang, keterlibatan masyarakat, komitmen yang berkelanjutan terhadap kualitas yang tinggi terhadap semua operasional fasilitas pengelolaan sampah, dan evaluasi yang efektif terhadap strategi pengelolaan sampah.

"Yang tidak kalah penting dari hal tersebut, adalah payung hukum yang jelas terhadap pengelolaan sampah," ujarnya lagi.

Dikatakannya, setelah melalui seluruh tahapan pembahasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, akhirnya Ranperda tentang Pengelolaan Sampah ini akhirnya disetujui menjadi Perda. 

"Terimakasih kepada DPRD Agam yang telah menyelesaikan penyusunan Ranperda inisiatif ini," ujarnya pula. (Tam/AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center