#
Headlines News :
Home » » Presiden Jokowi Buka Pameran INACRAFT 2017

Presiden Jokowi Buka Pameran INACRAFT 2017

Written By Fitra Hinandes on Rabu, 26 April 2017 | 4/26/2017 09:07:00 PM


Presiden RI Joko Widodo membuka pameran kerajinan tangan Inacraft 2017, Rabu (26/4) di Jakarta Convention Center (JCC).

Ajang tahunan bergengsi itu berlangsung pada 26-30 April 2017 dan mengikut sertakan UKM 1.392 peserta dari seluruh kabupaten/kota se-Indonesia dan luar negeri. Tidak terkecuali Kabupaten Agam selalu ambil bagian pada pameran berkelas dunia itu.

Pada tahun 2016, Sumatera Barat menjadi ikonnya, namun tahun ini Inacraft mengambil ikon Daerah Istimewa Yogyakarta dengan konsep "Magnificent of Yogyakarta dan tema"From Smart Village to Global Market".

Jokowi dalam sambutannya, mengatakan industri kerajinan dan kreatif Indonesia dewasa ini tumbuh sangat pesat dan menakjubkan. "Inacraft adalah tempat yang paling baik untuk berpromosi. Dengan Inacraft, penjual produsen ini bisa berkomunikasi langsung dengan pembeli dari pasar lokal maupun internasional. Oleh sebab itu, saya meyakini masa depan Indonesia akan ada di industri kerajinan," tambah Jokowi meyakinkan perajin.

Kendati demikian, para UKM harus melek teknologi. Karena, apabila ada web yang dikelola dengan baik akan menjadikan lebih mudah menarik pembeli dari manapun. Menurutnya, penjual harus jemput bola. Jangan menunggu pembeli datang menemukan penjual. 

Mengingat hal itu, Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM Kabupaten Agam, Aryati, mengatakan pihaknya komit untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia pelaku usaha kecil menengah (UKM) dalam menggunakan teknologi guna meningkatkan produktivitas dan pemasaran produk.

Ia menyebutkan, untuk meningkatkan SDM UKM dalam pemanfaatan teknologi pihaknya secara bertahap sudah melatih pelaku usaha UKM. Tahun 2018 direncanakan para pelaku UKM akan diberi pelatihan tentang penggunaan teknologi online.

"Namun terlebih dahulu, sebelum kita bicara promosi tentunya langkah awal kita lebih dahulu meningkatkan kualitas dari produk itu sendiri,"jelas mantan Camat Palembayan itu.

Menurutnya, salah satu langkah awal untuk meningkatkan kualitas tersebut adalah melalui pameran Inacraft. "Melalui pameran Inacraft kita bisa intropeksi diri. Berbagi pengalaman dan ilmu dengan pelaku-pelaku usaha UKM yang ada di Indonesia," jelasnya. 

Hal senada juga ditekankan oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Agam, Ny. Vita Indra Catri. "Kita sudah memiliki Rumah Sulam dan insya allah dalam waktu dekat ini kita jugamemiliki gedung promosi yang akan ditempatkan diseluruh komoditi-komoditi UKM di Agam," katanya. (IF/AMC)

Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center