#
Headlines News :
Home » » Produk Ekonomi Kreatif Agam Miliki Daya Tarik Bagi Wisatawan

Produk Ekonomi Kreatif Agam Miliki Daya Tarik Bagi Wisatawan

Written By JONATA RAMADAN on Minggu, 09 April 2017 | 4/09/2017 09:47:00 AM

Cenderamata berapa sulaman dan bordiran serta anyaman, dan aneka produk ekonomi kreatif lainnya, termasuk rempah-rempah yang ada di Kabupaten Agam adalah produk yang diminati dan memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

"Hasil ekonomi kreatif milik para perajin di Kabupaten Agam memiliki nilai jual dan diminati para wisatawan lokal dan mancanegera," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, Hadi Suryadi, SH, di Lubuk Basung, Sabtu (8/4).

Ini dibuktikan beberapa hari lalu hasil produk ekonomi kreatif, yang berlokasi  di wisata Lawang Prak Kabupaten Agam diserbu pengunjung. Ini merupakan salah satu daya tarik tersendiri karena kerajinan tangan yang dihasilkan oleh para perajin memiliki nilai jual yang tinggi.

Pada kesempatan itu, Hadi Suryadi, yang ikut mendampingi kunjungan tour operator dari sejumlah biro berjalanan dair Pulau Bali itu menjelaskan bahwa, rombongan tersebut tengah mengikuti kegiatan perjalanan pengenalan wilayah atau Famtrip.

"Para Tour Operator yang melakukan perjalanan ini adalah pengusaha dan pengelola Biro Perjalanan yang umumnya berasal dari Pulau Bali. Tujuan kedatangannya adalah untuk menjajaki peluang wisata ke Sumatera Barat umumnya, dan Agam khususnya. "Nanti potensi wisata kita ini akan ditawarkan kepada wisatawan dalam dan luar negeri, sehingga diharapkan kunjungan wisatawan ke Agam meningkat, dan sektor usaha serta aspek pendukung kegiatan wisata jadi diuntungkan," ujarnya berharap.

Menurut Ryana Irawati, salah satu anggota rombongan , produk suvenir yang dijajakan masyarakat di lokasi wisata ini merupakan salah satu daya tarik bagi wisatawan, karena cenderamata akan selalu menjadi bagian dalam sebuah perjalanan wisata.

"Setelah kami mengikuti kegiatan ini dan melihat hasil kerajinan yang dihasilkan cukup luarbiasa", ujarnya.

Hal ini dibenarkan Asman dari ASITA (Asosiasi Travel Agen Indonesia). Menurutnya, rangkaian perjalanan dan kuliner yang disediakan serta suvenir yang dijual harus memperhatikan selera wisatawan.

"Setiap daerah wisata harus menampilkan dan menyuguhkan keistimewaan, selain pemandangan alam, akses yang mudah, termasuk faktor kebersihan" jelasnya.

Kegiatan yang berlangsung selama setengah hari tersebut ditutup dengan menyaksikan video Agam Pesona yang berAgam. (jon/AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center