#
Headlines News :
Home » » PUG untuk pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak di Kabupaten Agam

PUG untuk pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak di Kabupaten Agam

Written By Admin on Rabu, 19 April 2017 | 4/19/2017 08:09:00 PM

Bupati Agam Indra Catri Dt.Malako Nan Putiah membuka Pelatihan Perencanaan Penganggaran Responsive Gender (PPRG) di Nikita Hotel Bukittinggi (19/4)

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka percepatan Pelaksanaan PUG untuk pemberdayaan perempuan dan Perlindungan anak di Kabupaten Agam yang dibimbing oleh nara sumber Dr.Yurni Satria, M.PHIL, MHA Konsultan di Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Dalam sambutan beliau Bupati Agam menyatakan pentingnya perhatian terhadap perempuan dan anak sebagaimana Islam telah mengingatkan kita sejak 14 abad yang lalu melalui QS AnNisa.

Kalau perempuannya Hebat, sehat maka akan melahirkan generasi yang hebat.Kalau wanita tidak bermoral juga akan melahirkan generasi yang A moral.
Lebih lanjut beliau berujar sosio cultural orang minang adalah mengagungkan perempuan/ibu dan anak.
Perhatian kita sangat penting terhadap peningkatan kualitas dan peran perempuan, karena dari rahim ibu akan melahirkan generasi yang berkualitas, inilah yang dapat kita banggakan di Agam, karena kalau bicara sumber daya alam hanya 1/3 nya yang dapat diolah.

Mengingat pentingnya perhatian terhadap PUG ini diminta kepada seluruh OPD di Kabupaten Agam agar menyediakan sarana yang responsive gender semisalnya tempat menyusui anak, penyediaan wc sesuai rasio ideal bagi perempuan dan seterusnya.

Upaya upaya strategis yang telah dilakukan kabupaten Agam antara lain menyiapkan peraturan yang mendukung tercapainya pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia,PPRG,peningkatan kualitas hidup melalui pemberdayaan ekonomi sosial politik pendidikan dan kesehatan, pencegahan Kekerasan Dalam Rum,ah Tangga, penguatan kelembagaan dan koordinasi yang baik terpadu dan suistanable.
Dalam pelatihan ini diharapkan akan melahirkan sebuah dokumen gender analysis Pathway dan gender budget statement.
Konsep Pengarusutamaan Gender (PUG) pertamakali muncul saat Konferensi PBB untuk Perempuan ke IV di Beijing tahun 1995. Pada saat itu, berbagai area kritis yang perlu menjadi perhatian pemerintah dan masyarakat di seluruh dunia untuk mewujudkan kesetaraan gender mulai dipetakan. PUG didesakkan sebagai strategi yang harus diadopsi oleh PBB, pemerintah, dan organisasi yang relevan untuk memastikan bahwa rencana aksi di berbagai area kritis dapat dilaksanakan dengan efektif.

Dewan Ekonomi dan Sosial PBB (ECOSOC) mendefinisikan PUG sebagai:
“Strategi agar kebutuhan dan pengalaman perempuan dan laki-laki menjadi bagian tak terpisahkan dari desain, implementasi, monitoring, dan evaluasi kebijakan dan program dalam seluruh lingkup politik, ekonomi, dan sosial, sehingga perempuan dan laki-laki sama-sama mendapatkan keuntungan, dan ketidakadilan tidak ada lagi.”

PUG merupakan sebuah strategi, bukan tujuan. Strategi ini dirumuskan agar desain,implementasi, monitoring, dan evaluasi kebijakan dan program di seluruh ranah politik, ekonomi, sosial, dan budaya dapat terwujud. Sedangkan tujuan utamanya adalah mewujudkan keadilan gender. Dengan PUG maka semua program pembangunan dapat dilaksanakan dengan mempertimbangkan kesempatan dan akses perempuan terhadap program pembangunan, serta dengan adanya kendali dan manfaat untuk perempuan.

Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center