#
Headlines News :
Home » » TP. PKK Agam Bertekad Tekan Kasus Kanker Serviks

TP. PKK Agam Bertekad Tekan Kasus Kanker Serviks

Written By Fitra Hinandes on Kamis, 20 April 2017 | 4/20/2017 06:35:00 PM

Semakin maraknya kasus kanker serviks yang ditemukan di dunia kesehatan, menjadi salah satu pekerjaan rumah Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Agam untuk megatasinya.

Ketua TP-PKK Agam Ny. Vita Indra Catri, mengatakan maraknya kanker serviks ini juga diungkapkan Ketua TP PKK Pusat. Karena itu, TP-PKK diminta ikut berperan untuk menekan kasus ini.

"Setelah dicanangkan, kita bersama kader sudah menggandeng Dinas Kesehatan untuk menyosialisasikannya pada masyarakat," ujarnya pada wartawan, Selasa (19/4) di Sungai Puar.

Menurut Ny. Vta, pihaknya akan menyosialisasikan bahaya kanker serviks, dengan harapan agar masyarakat tidak usah malu memeriksakan kanker serviks.

Ny. Vita juga menekankan, pemeriksaan kanker serviks dimaksudkan untuk kebaikan masyarakat, karena jauh lebih baik mencegah atau mengetahui sedini mungkin, daripada harus mengobati setelah parah.

"Di Agam, kanker serviks memang nyaris tidak ada, mungkin dikarenakan masyarakat malu memeriksakan diri. Karena masyarakat menganggap kanker serviks memang agak privat, agak intimate," ungkapnya.

Tapi ke depan, pihaknya akan intenskan dengan Dinas Kesehatan dan Pokja IV untuk menggaungkan bahwa IVA Test (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) untuk mengetahui adanya kanker serviks itu baik. Masyarakat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan ini. (IF/AMC)

Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center