#
Headlines News :
Home » »

Written By Admin on Rabu, 05 April 2017 | 4/05/2017 06:16:00 PM

Wakil Bupati Agam Trinda Farhan meminta kepada koordinator masing-masing bidang penggerak Bidang Penanggulangan Penyebab Pencemaran Danau Maninjau, untuk melakukan penajaman terhadap fungsi tanggung jawab yang menjadi tugasnya.

Permintaan itu disampaikannya selaku Penanggungjawab Pelaksanaan dan Keberlanjutan Program Penyelamatan Danau Maninjau, dalam rapat kerja bersama Sekda Agam, Martias Wanto, selaku Ketua Umum penggerak Bidang Penanggulangan Penyebab Pencemaran Danau Maninjau, Selasa (4/4) diruang  kerja Wabup.

Lebih lanjut beliau meminta, supaya program dapat berjalaan terarah dan terukur. Misalnya, saja untuk penyelamatan catchman area berapa luas areal yang harus diperbaiki, berapa aksi penanaman pohon yang telah dilakukan. Sudah berapa KJA yang dikurangi, dan seperti apa pelaksanaan morotarium KJA.
Menyikapi penajaman fungsi masing-masing bidang, yang diminta Wakil Bupati kepada koordinator, maka Martias Wanto meminta kepada masing-masing koordinator untuk membuat round down penajaman fungsi masing-masing bidang, dan melakukan rapat internal yang akan di paripurnakan Minggu ketiga April nanti.

        Asisten Pemerintahan, Hukum dan Politik, Yosefriawan selaku Koordinator Bidang Penanggulangan Penyebab Pencemaran Danau Maninjau, bertugas dan bertanggung jawab perihal kegiatan penyebab pencemaran danau, pengumpulan data dan referensi terkait penyebab pencemaran, serta pelaksanaan mitigasi dampak atas akses kegiatan penanggulangan penyebab kerusakan danau.
Bidang Penanggulangan Dampak Pencemaran Danau Maninjau, yang di koordinir Asisten Pembangunan  Perekonomian Isman Imran, akan melakukan koordinasi untuk kajian dampak pencemaran danau, dan membuat laporannya, lalu pengendalian dampak pencemaran air permukaan, sedimentasi, dampak kesehatan, penurunan biodiversitas danau serta pelaksanaaan mitigasi dampak atas akses kegiatan penanggulangan dampak pencemaran danau. 
Selanjutnya Bidang Transformasi Ekonomi yang di koordinir Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan, Jetson, ditugasi untuk mengkoordinir pelaksanaan transformasi ekonomi, mengerahkan pengembangan usaha non ikan (KJA), merencanakan upaya peningkatan nilai tambah hasil produksi untuk non ikan .
Agar bidang-bidang tersebut dapat bekerja dengan regulasi yang jelas, akan di support oleh satu Bidang pendukung Penyelamatan Danau Maninjau, yang dikoordinir staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia Mulyadi, SH. 

Bentuk dukungannya adalah pengumpulan data dan referensi tentang regulasi yang terkait dengan pencemaran, penguatan regulasi pendukung penyelamatan danau, sosialisasi regulasi, kajian dan penataan kelembagaan, serta peningkatan SDM peduli lingkungan. (***)

Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center