#
Headlines News :
Home » » Inilah Manfaat Kolang Kaling Untuk Berbuka

Inilah Manfaat Kolang Kaling Untuk Berbuka

Written By Fitra Hinandes on Selasa, 30 Mei 2017 | 5/30/2017 02:55:00 PM

Kolang-kaling menjadi salah satu bahan yang sangat populer dipakai sebagai campuran minuman untuk sajian buka puasa. Tapi tahukah Anda jika ternyata kolang kaling mempunyai kandungan nutrisi yang sangat menyehatkan tubuh.

Kolang-kaling dikenal juga dengan nama buah atap. Warna putih transparan dengan rasanya yang cukup menyegarkan. Sebenarnya kolang kaling berasal dari biji buah pohon aren atau arenga pinnata.

Kolang kaling mempunyai kadar air cukup tinggi sampai mencapai 93,8% dalam 100 gramnya. Nutrisi yang menonjol dalam kolang kaling adalah karbohidrat, serat dan protein. Selain itu, kolang kaling juga memiliki kandungan beberapa mineral yang baik untuk tubuh seperti besi, kalium, dan kalsium. Inilah manfaat kolang kaling untuk tubuh,

1. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat yang terdapat dalam kolang-kaling dapat membantu kerja sistem pencernaan dan melancarkannya sehingga ampas dari makanan yang tidak tercerna tidak tinggal terlalu lama di dalam tubuh.

Selain itu, karbohidrat yang memberikan rasa kenyang dan energi yang cukup sehingga mengurangi keinginan untuk mengambil dan terhindar dari makanan berlebih.

2. Meredakan nyeri

Jenis karbohidrat yang terkandung dalam kolang kaling banyak digunakan dalam pengobatan artritis untuk mengurangi nyeri pada persendian. Mengonsumsi kolang kaling tawar sebanyak 100 hingga 200 gram dalam 1 hari bisa untuk membantu meredakan peradangan penyebab nyeri sendi.

3. Mencegah Osteoporosis

Dalam 100 gram kolang kaling memiliki kandungan mineral kalsium sekitar 91 mg. Mengkonsumsi kolang kaling bersama dengan bahan pangan lain sumber kalsium akan dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian.

Ini akan dapat membantu, terlebih jika Anda mempunyai alergi terhadap susu sapi dan hasil olahannya. Kalsium diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, dan kuku. Walaupun kekurangan mineral ini tidak berdampak langsung seketika, tetapi secara perlahan bisa menimbulkan masalah tulang keropos atau osteoporosis.

4. Resep "Es Kolang Kaling Segar"

Terlebih saat ini kolang kaling banyak dicari sebagai salah satu bahan makanan menu buka puasa. Es kolang kaling bias menjadi menu buka puasa yang tepat untuk disajikan di meja makan. Memang di saat  bulan Ramadan, kolang kaling sangat banyak dijual di pasaran dan akan membuat Anda mudah untuk memperolehnya.

Menikmati kelezatan kolang kaling di saat buka puasa jelas membuat tenggorokan menjadi segar. Untuk membuat es kolang kaling pun tak akan kesusahan. Inilah resep membuat es kolang kaling segar. (IF/AMC)

Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center