#
Headlines News :
Home » » Inspektorat Agam Gelar Sosialisasi e-LHKPN

Inspektorat Agam Gelar Sosialisasi e-LHKPN

Written By JONATA RAMADAN on Rabu, 10 Mei 2017 | 5/10/2017 01:44:00 PM



Inspektorat Kabupaten Agam, Sumatera Barat gelar sosialisasi tata cara pendaftaran, pengisian dan pengumuman laporan harta kekayaan penyelenggaraan negara (LHKPN) di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Agam, dengan mengunakan Aplikasi e-LHKPN.

Sosialisasi dibuka Inspektur Kabupaten Agam H. Junaidi Dt. Gampo Alam Nan Hitam, diikuti  100 peserta. yang berasal dari sekretaris dinas/badan, kasubag dan lainnya di aula Bappeda Kabupaten Agam. Rabu (10/5)

H. Junaidi, menjelaskan, sosialisasi ini mempermudah penyelenggara negara wajib lapor untuk melakukan pendaftaran, pengisian, penyampaian dan pengumuman harta kekayaan melalui e-LHKPN. Ini bertujuan supaya penyelenggara pemerintahan memahami kewajiban pelaporan harga kekayaan kepada KPK.

"Kita harapkan bagi peserta dapat mengikuti dengan baik, dan belajar bagaimana langkah-langkah pengoperasian sistem atau aplikasi dari e-LHKPN tersebut," katanya.

Saat ini, kata H. Junaidi, pihaknya tengah merancang regulasi atau kebijakan daerah terkait dengan LHKPN bersama KPK. Regulasi ini mengatur tentang cara penyampaian, batas waktu akhir penyampaian, media pengumuman dan sanksi administratif,

"Terkait dengan e-LHKPN ini kita siap melaksanakannya dalam melaporkan harta kekayaan," katanya.

Menurutnya, berdasarkan Peraturan KPK nomor 07 tahun 2016, disebutkan, bahwa penyelenggara negara yang wajib lapor adalah penyelenggara negara yang menjalankan fungsi eksekutif, legislatif, dan yudikatif, karena penyampaian LHKPN merupakan bentuk kepatuhan terhadap peraturan dan perundang-undangan dan sebagai salah satu instrumen dalam upaya pencegahan korupsi.

Pemerintah Kabupaten Agam telah menetapkan penyelenggara negera yang wajib melaporkan harta kekayaan melalui keputusan Bupati Agam No. 90 tahun 2017, yakni, pemegang jabatan strategis, pajabat pengelola keuangan, pejabat pengadaan barang dan jasa dan pejabat pemeriksa dan pengawas.(jon/AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center