#
Headlines News :
Home » » Jangan Asal Kenyang, Inilah Menu Buka Puasa Yang Sehat

Jangan Asal Kenyang, Inilah Menu Buka Puasa Yang Sehat

Written By Fitra Hinandes on Senin, 29 Mei 2017 | 5/29/2017 06:49:00 PM

Puasa Ramadhan merupakan ibadah yang wajib dilakukan pada bulan Ramadhan selama satu bulan penuh. Sehingga Buka Puasa menjadi sesuatu hal yang sangat spesial setelah menahan segala bentuk hawa nafsu seharian. Namun banyak orang yang salah memilih Menu Buka Puasa yang tepat dan malah membuat stamina jadi loyo.

Tentunya banyak sekali makanan-makanan yang lezat untuk dijadikan santapan berbuka. Namun tidak semuanya bisa berdampak baik bagi kesehatan dan stamina kita. Maka perlu sekali memilih makanan yang benar benar di anjurkan dan yang memiliki manfaat bagi tubuh.

Nah berikut ini adalah menu Buka Puasa yang sangat di anjurkan (situs VIA Berita.com) :

1.Minuman yang Manis

Minuman yang manis selain dianjurkan oleh nabi juga dapat berfungsi mengembalikan tenaga dan ion yang tebuang setelah puasa seharian. Namun usahakan meminum minuman manis yang menggunakan rasa manis alami, seperti jus buah, air kelapa dll. Hindari meminum minuman yang menggunakan gula pasir untuk menimbulkan rasa manisnya karena dapat membuat dampat yang tidak baik bagi kesehatan seperti diabetes.

2.Hindari Makanan yang Berminyak dan Digoreng

Makanan yang di goreng memang sangat nikmat dan gurih, bahkan menjadi favorit banyak orang. Namun alangkah baiknya untuk berbuka puasa hindari makanan ini karena makanan yang berminyak/goreng bisa memberikan efek haus yang lebih lama. Serta kandungan minyak dalam makanan yang di goreng dapat mengangkat 20% oksigen dalam darah dan bisa menyebabkan rasa kantuk.

3.Minum Air Putih

Pada saat puasa kita juga harus mengkonsumsi air putih. Jangan sampai terlena dengan minuman yang manis saja. Karena tubuh membutuhkan suplay air putih setiap harinya minimal 2 liter untuk menghindari dehidrasi setelah berpuasa seharian. Konsumsi air putih sangat perlu bahkan ketika menjelang tidur sekalipun.

4.Makan Kurma
Selain menjadi sunnah rasulallah, memakan kurma juga mempunyai banyak dampak positif bagi tubuh. Rasa kurma yang manis dapat mengembalikan tenaga tenaga yang hilang saat berpuasa. Kurma bisa juga menambah energi kita. 

5.Karbohidrat

Memakan nasi pada saat Buka Puasa adalah kebiasaan masyarakat indonesia. Nasi memang mengandung karbohirat, namun alangkah baiknya memberikan variasi terhadap makanan lainnya. karena karbohidrat tidak hanya bisa di dapatkan dari nasi melainkan dari umbi dan jagung.

6.Sayuran dan Buah

Sayuran dan buah merupakan menu wajib untuk kita konsumsi bahkan pada saat tidak berpuasa ramadhan. Sayuran dan buah memiliki efek yang sangat bagus sekali bagi tubuh terutama bagi tubuh yang berpuasa. Karena Sayuran dan Buah dapat menyuplay vitamin dan mineral bagi tubuh.

Nah jika anda sudah tahu beberapa Menu Buka Puasa yang dianjurkan, maka alangkah lebih baiknya anda menerapkannya sejak dini, bahkan sejak awal bulan Ramadhan. (IF/AMC)


Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center