#
Headlines News :
Home » » Lakukan Akselerasi, Manggopoh Wakili Agam Lomba Nagari ke Provinsi

Lakukan Akselerasi, Manggopoh Wakili Agam Lomba Nagari ke Provinsi

Written By Fitra Hinandes on Senin, 15 Mei 2017 | 5/15/2017 03:58:00 PM


Keberhasilan Nagari Manggopoh dalam membina masyarakat dan kelestarian lingkungan patut diacungi jempol. Pasalnya, usai meraih Terbaik I Lomba Nagari Berprestasi tingkat Kabupaten Agam, Nagari Manggopoh kini berhak mewakili Agam di tingkat Provinsi Sumbar.

Senin (15/5), Bupati Agam H. Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah bersama Wali Nagari Manggopoh, Kepala OPD terkait, bersama ratusan masyarakat, menyambut kedatangan Tim Penilai Lomba Nagari tingkat Provinsi Sumbar. Suguhan silek dan tambua tansa turut mewarnai kedatangan tim penilai tersebut.

Bupati Agam dalam sambutannya mengatakan, lomba nagari merupakan salah satu cara yang dapat digunakan sebagai tolok ukur sejauh mana potensi dan kemampuan nagari dalam melakukan akselerasi yang cepat.

"Nagari Manggopoh sudah mampu mengejar ketertinggalan dari nagari lainnya. Ibarat, cina mengejar ketertinggalannya dari jepang dengan melakukan akselerasi yang begitu cepat," ujarnya menjelaskan.

Hal itu juga didukung dengan nagari, yang memiliki keunikan  beragam. Sejatinya, Manggopoh merupakan nagari bertuah, karena terdapat seorang pahlawan wanita yaitu Siti Manggopoh. 

"Bahkan Manggopoh juga sudah memiliki Badan Usaha Milik Nagari. Tentunya ini wujud dari kemandirian masyarakat," ujarnya pula.

Senada dengan bupati, Ketua Tim Penilai Lomba Rahman, juga mengatakan inti dari perlombaan ini ada di masyarakat nagari. Kabupaten, maupun provinsi hanya menilai apa yang sudah di kerjakan.

"Kuncinya sebetulnya ada di masyarakat, provinsi hanya menilai aksi nyata yang sudah dilakukan oleh masyarakat bersama pemerintah nagari,"  ujarnya.

Beberapa aspek yang menjadi penilaian pada lomba nagari tingkat provinsi kali ini, di antaranya yaitu penyelenggaraan pemerintahan nagari, pemeliharaan keamanan nagari, kegiatan yang melibatkan PKK, kesehatan, penanggulangan bencana komunikasi, dan pendidikan. Tujuh aspek tersebut menjadi tolak ukur tim dalam menentukan mana yang berhak mewakili Provinsi Sumbar dalam Lomba Nagari tingkat Nasional kelak.

"Saat ini Agam sudah masuk nominasi empat terbaik di Sumbar, setelah Kabupaten Tanah Datar, Sijunjung dan Pesisir Selatan," ujarnya menjelaskan.

Sementara itu, Walinagari Manggopoh Ridwan dalam eksposnya mengatakan, Nagari Manggopoh terdapat sembilan jorong, dihuni penduduk sebanyak 21.906 jiwa, dengan visi terbangunnya tata kelolaan pemerintahan nagari yang bersinergi, untuk mencapai terwujudnya Nagari Manggopoh yang mandiri dan berprestasi.

Terkait hal itu, APB Nagari 2016-2017 sebesar Rp2,8 miliar. Sebesar 57 persen digunakan untuk pembangunan  infrastruktur nagari, selebihnya digunakan untuk penyelenggaraan pemerintahan dan komponen prioritas lainnya.

Selain itu, pihaknya saat ini sedang melakukan peningkatan fungsi pelayanan terhadap masyarakat, termasuk inovasi dan pemenahan di bidang pemerintahan, pendidikan, ekonomi, pemberdayaan, dan kelembagaan. (IF/AMC)


Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center