#
Headlines News :
Home » » Lima Poktan Di Agam Kembangkan Budidaya Tembakau

Lima Poktan Di Agam Kembangkan Budidaya Tembakau

Written By JONATA RAMADAN on Senin, 15 Mei 2017 | 5/15/2017 04:16:00 PM

Sebanyak lima kelompok tani, yang berada di Kecamatan Candung dan Kecamatan Palembayan, menerima bantuan sarana produksi (Saprodi) budidaya tembakau guna mendorong pertanian tembakau lebih berkembang dan menyejahterakan para petani tembakau.

"Bantuan yang diberikan berupa pelatihan penerapan tekonologi pertanian dan perkembunan bagi masing-masing kelompok, dan memperoleh sebanyak  20.000 bibit tembakau untuk luas lahan 2 hektar. Di samping itu, kelompok tani juga menerima bantuan  pupuk anorganik, pupuk organik, serta pestisida untuk pengendalian hama atau penyakit," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam Afdhal, didampingi Kepala Bidang Perkebunan, Gusma Zendra, di Lubuk Basung, Senin (15/5).

Kelima kelompok tani itu adalah  Kelompok Tani Sejahtera, dan Umbuik Mudo di Kecamatan Candung, Kelompok Tani Alang Laweh, Sinar Harapan dan Monggong Indah Kecataman Palembayan.

Sebelumnya telah diberikan sosialisasi penyaluran bantuan  d di aula Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Rabu (10/5). Bantuan berasal dari dana bagi hasil cukai dan hasil tembakau (DBH-CHT)

Kelompok tani yang menerima bantuan sebelumnya telah melalui proses seleksi berupa CP/CL, dan telah ditetapkan berdasarkan keputusan kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam, No. 520.5/61/BUN/IV/2017.

Untuk itu, kelompok tani nantinya mampu menjadi pengayom dalam pemasaran, tidak lagi dikuasai oleh tengkulak. Sehingga harga jual setelah panen nantinya benar-benar mampu untuk meningkatkan  kesejahteraan anggota kelompok. Bahkan kelompok tani mempunyai pilihan informasi untuk memasarkan atau memiliki jejaring bisnis dengan pihak lain.

"Tapi tentu saja dengan satu syarat, kualitas dan kuantitas harus betul-betul terjaga dengan baik," harapnya. (jon/AMC)

Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center