#
Headlines News :
Home » , » Masjid Mubarak Pertama Dapat Kunjungan Tim Safari Ramadhan Kabupaten Agam

Masjid Mubarak Pertama Dapat Kunjungan Tim Safari Ramadhan Kabupaten Agam

Written By Zulferi Ferdial on Rabu, 31 Mei 2017 | 5/31/2017 08:25:00 PM


Kunjungan pertama Tim Safari Ramadhan 1438 H Kabupaten Agam,  Selasa (30/5) ke Masjid Mubarak, komplek Perumnas Bukit Hijau, Jorong Kampung Nan Limo, Nagari Kubang Putiah, Kecamatan Banuhampu.

Tim Safari Ramadhan tersebut dipimpin  Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria, yang didampingi  Kepala Inspektorat H. Junaidi, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Fauzir, Kepala Badan Keuangan Daerah Hendri G, Kepala Lingkungan Hidup Yulnasri, Kabag Umum Refdinal, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Azizi Fauzi, Kepala Tata Usaha Kemenag Agam serta Kasubag Agama Bagian Kesra Yosman. Mereka disambut oleh Camat Banuhampu Afdal, bersama jamaah mesjid Mubarak

Rangkaian kegiatan Safari Ramadhan kali ini diawali dengan buka bersama, shalat magrib, isya dan shalat tarawih bersama dilanjutkan sepatah kata dari pengurus mesjid Mubarak dan penyampaian program Pemerintah Kabupaten Agam oleh Wakil Bupati Agam, ditutup dengan tausiah dari Ustadz Reza Hanifa.

Saidina Abbas, selaku pengurus mesjid, dalam penyampaian sepatah kata mengucapkan rasa terima kasih  yang sebesar - besarnya atas kehadiran Tim Safari Ramadhan Kabupaten Agam.

 " Alhamdulillah,  sudah lama kami merindukan kedatangan ulil amri, di suasana Bulan  Ramadhan yang penuh berkah ini kami kedatangan Tim Safari Ramadhan Kabupaten Agam," ujarnya.

Ia juga menyampaikan bagaimana kegiatan rutin yang dilaksanakan di mesjid, dan perkembangan pembangunan mesjid, rencananya akan menata ulang tempat wudhu, pembangunan gerbang mesjid, dan berkeinginan membangun MDA yang terintegrasi dengan PAUD. Untuk itu dia berharap sekali bantuan dari Pemerintah Kabupaten Agam.

Dalam sambutannya Trinda Farhan Satria mengapresiasi penampilan Mursyid, tahfiz quran yang masih berumur 7 tahun dengan hapalan 2 juz.

"Mudah mudahan sesuai dengan arti namanya. Mursyid artinya adalah pemimpin. Di kemudian hari diharapkan ia  menjadi seorang pemimpin.Diharapkan pula, akan semakin banyak muncul Mursyid Mursyid yang lain di nagari Kubang Putiah, " ujarnya berharap.

Selanjutnya, Trinda mengatakan bahwa tujuan kedatangan tim saat ini dalam rangka membangun silahturahim antara pemerintah Kabupaten Agam dengan masyarakatnya. Untuk kesempatan kali ini terkhusus kepada jamaah Mesjid Mubarak.

"Cita-cita masyarakat Agam sangat mulia, yaitu ingin mewujudkan Agam mandiri, berprestasi yang madani. Untuk mencapai cita cita tersebut perlu adanya dukungan sepenuhnya dari masyarakat. Untuk itu pemerintah daerah berupaya merealisasikan melalui sebuah program yang bernama Gerakan Nagari Madani," ujarnya menjelaskan.

Gerakan Nagari Madani merupakan program untuk mewujudkan, bagaimana mengimplementasikan Adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah" di Kabupaten Agam. Program ini dimulai dari pemerintahan yang terkecil yaitu nagari. Semua nagari bergerak melaksanakan program ini, makanya disebut gerakan. Jika 82 nagari di Kabupaten Agam bergerak menuju Nagari Madani, dengan sendiri Agam akan menjadi kabupaten yang madani.


"Guna mencapai cita cita tersebut ada 7 kriteria, 45 indikator yang harus dicapai. Mengingat waktu yang singkat, cukup menyampaikan dua kriteria." kata Trinda Farhan Satria

Kriteria pertama, bagaimana pelaksanaan interaksi terhadap Al-Quran di nagari, yaitu membaca Al-Quran dan merealisasikannya dalam kehidupan sehari hari. Indikatornya, menurunkan tingkat buta baca Al-Quran di masyarakat, meningkatkan generasi penghafal Al-Quran, dan hidupnya syiar Al - Quran, seperti pelaksanaan MTQ dan Khatam Quran.

Kedua, menjadikan mesjid, mushola, dan surau  sebagai pusat kegiatan sosial masyarakat. Dengan indikator masjid sebagai pusat ibadah, mesjid sebagai pusat pendidikan, mesjid berfungsi sebagai pusat dakwah umat. mesjid sebagai sosial ekonomi umat. mesjid sebagai pusat sosial keagamaan, serta mesjid sebagai pusat sosial seni dan budaya.  

Usai memberikan sambutan Wakil Bupati Agam menyerahkan secara simbolis bantuan pembangunan untuk mesjid sebanyak Rp8,5 juta kepada pengurus Mesjid Mubarak, dan menyerahkan 500 batang bibit alpukad mentega kepada Kepala Komplek Bukit Hijau. ( feri/AMC)

Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center