#
Headlines News :
Home » » Partisipasi Masyarakat Manggopoh Tinggi

Partisipasi Masyarakat Manggopoh Tinggi

Written By Fitra Hinandes on Senin, 15 Mei 2017 | 5/15/2017 03:39:00 PM


Ketua Tim Penilai Lomba Nagari tingkat Provinsi Sumbar, Rahman, salut dengan partisipasi masyarakat Manggopoh yang sangat tinggi pada acara lomba nagari tingkat provinsi.

Hal tersebut diungkapkan Rahman kepada wartawan, saat melakukan penilaian di Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Senin (15/5). 

"Selain tingginya partisipasi masyarakat, menariknya para aparatur dan masyarakat terlihat sama-sama mengembangkan nagari ini," ujarnya. 

Pada acara penilaian lomba nagari yang berlangsung meriah itu, Rahman tidak datang seorang diri. Ia didampingi beberapa orang anggota tim penilai lainnya.

Penilaian yang dilakukan tim tersebut meliputi bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi masyarakat. Selain itu, mengenai keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, PKK, dan lembaga kemasyarakatan.

Lomba Nagari, Partisipasi Masyarakat Tinggi

Menghadapi Lomba nagari tingkat Provinsi Sumbar, partisipasi masyarakat Nagari Manggopoh sebagai perwakilan Agam cukup tinggi. 

Partisipasi itu terlihat dengan keterlibatan masyarakat dalam kegiatan gotong royong,  Minggu (14/5). Masyarakat membersihkan selokan yang kotor dan tersumbat.

Wali Nagari Manggopoh di sela-sela kegiatan gotong royong mengatakan, partisipasi masyarakat menyambut lomba nagari sangat tinggi. Hal itu dilihat dari antusiasme masyarakat ketika diajak membersihkan lingkungannya.

"Warga bergotong royong membersihkan seluruh saluran got yang ada di semua lingkungan dusun sampai jorong," jelasnya kepada wartawan, Senin (15/5).

Sambungnya, selain pembersihan saluran got, masyarakat juga menata lingkungan rumah masing-masing. Termasuk di jalan utama, membangun taman bunga. "Begitu pun masyarakat yang tinggal di bagian dalam kampung, ikut menata rumahnya dalam rangka menyambut lomba desa,"urainya.

Kebersihkan lingkungan, katanya, salah satu indikator penilaian, selain aspek administrasi dan indikator lainnya. 

"Karena lingkungan merupakan salah satu indikator yang dinilai, makanya kami dengan seluruh warga gotong royong membersihkan dan lebih meningkatkan penataan lingkungan,” ujarnya.

Diharapkannya animo masyarakat ini terbayar dengan hasil memuaskan, yakni menjadi juara, sehingga bisa mengangkat marwah Agam ke tingkat provinsi. (IF/AMC)


Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center