#
Headlines News :
Home » » TPPBJ Agam Lakukan Operasi Pengawasan di Pasar Tradisional

TPPBJ Agam Lakukan Operasi Pengawasan di Pasar Tradisional

Written By andri padrianto on Jumat, 19 Mei 2017 | 5/19/2017 09:24:00 PM

Tim Pengawasan Peredaran Barang dan Jasa (TPPBJ) yang dibentuk Pemerintah Kabupaten Agam, meninjau sejumlah pasar tradisional di daerah itu, Jumat (19/5), guna memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok di pasaran.

Tim yang turun pada saat itu terdiri dari Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, Satpol PP dan Damkar, dan Polres.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah setempat, Aryati di Lubukbasung, Jumat (19/5) mengatakan, selain ketersediaan bahan pokok tim juga memeriksa masa kadaluarsa produk, bahan mengandung zat berbahaya pada bahan yang dijual di pasar tersebut.

Ia mengakui, di Pasar Bawan terdapat sejumlah produk makanan yang sudah kadaluarsa, dan mengandung zat berbahaya. Produk dimaksud langsung disita agar tidak dipenjualbelikan pedagang, karena akan berdampak terhadap kesehatan konsumen.

“Distributor produk produk makanan itu diminta datang ke kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk diberi pembinaan, agar mereka menarik seluruh barang kadaluarsa di toko dan pedagang di pasar tradisional tersebut,” ujarnya.

Tindakan ini dilakukan untuk melindungi masyarakat, karena makanan kadaluarsa bisa mengakibatkan keracunan bagi yang mengonsumsinya.

Mantan Camat Palembayan ini mengimbau pedagang untuk memeriksa setiap saat barang dagangan dan memisahkan barang yang sudah kadaluarsa dengan yang masih bagus. Setelah itu makanan itu dikembalikan kepada distributor agar diganti dengan produk yang baru. 

“Para konsumen diharapkan lebih teliti dalam membeli makanan dengan cara melihat label kadaluarsa, melihat kondisi kemasan produk, dan lainnya,” ujarnya berharap.

Lebih lanjut Ia mengungkapkan, Minggu (21/5) pihaknya akan meninjau bahan pokok di Pasar Padang Baru Lubukbasung, dan Senin (22/5) Pasar Baso, dan Pasar Padang Luar Kecamatan Banuhampu Rabu (24/5).

Kasat Reskrim Polres Agam, Iptu Muhammad Reza, SIK menambahkan, seluruh makanan kadaluarsa akan disita, dan apabila pedagang terbukti menimbun barang dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan, akan diproses sesuai peraturan yang berlaku.

"Ini bentuk efek jera yang kita berikan kepada pedagang yang sengaja menimbun bahan kebutuhan pokok menjelang Ramadhan," tambahnya. (Tam/AMC)

Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center