#
Headlines News :
Home » » Perempuan Rawan Ekonomi Diberikan Keterampilan

Perempuan Rawan Ekonomi Diberikan Keterampilan

Written By andri padrianto on Senin, 29 Mei 2017 | 5/29/2017 11:44:00 AM


Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dalduk KB PP dan PA) Kabupaten Agam, terus mengupayakan meningkatkan keterampilan industri rumah tangga guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Upaya yang dilakukan yaitu pelatihan terhadap ibu rumah tangga rawan ekonomi, seperti tidak bekerja, tidak bersuami, dan tidak miliki pekerjaan tetap," ujar Kepala Dalduk KB PP dan PA melalui Kabid Pemberdayaan Perempuan Yulhendri, di Lubuk Basung, Senin (29/5).

Dikatakannya, kegiatan itu pada 2017 dilakukan dua kali dengan anggaran Rp40 juta. Untuk kegiatan pertama sudah digelar di Jorong Andaleh, Nagari Tigo Balai, Kecamatan Matur pada 2 dan 3 Mei 2017 lalu, dengan peserta 20 orang. Keterampilan yang diberikan, salah satunya anyaman keranjang dari bambu.

"Kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang membuat keterampilan rumah tangga, meningkatkan pendapatan, kesejahteraan peserta, keluarga dan masyarakat sekitar. Peserta terlihat antusias mengikuti," ujarnya.

Menurutnya, pelatihan digelar di Kecamatan Matur, karena wilayah itu merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Agam. Dengan pelatihan ini nantinya mereka bisa menjual produknya di lokasi wisata tersebut.

Yulhendri mengatakan, untuk yang kedua pihaknya sudah menggambarkan di mana pelatihan dilakukan. Namun sebelumnya juga harus diajukan terlebih dahulu kepada Kepala Dalduk KB PP dan PA Agam.

"Lokasi yang dimaksud yaitu, di Kecamatan Tanjung Raya, karena saat ini wilayah itu tengah ditimpa musibah pencemaran danau, sehingga perekonomian masyarakat menjadi berkurang," ujarnya pula.
Lebih lanjut Yulhendri mengatakan, saat ini peserta tengah mengalami kendala di bidang pemasaran. Yulhendri menyarankan, wali nagari mengajukan surat kepada Diperindag Kop UMKM Kabupaten Agam, untuk memberikan petunjuk pemecahan masalah pemasaran produk masyarakat tersebut.

"Di samping itu, kita juga menyarankan kepada peserta, untuk modal bisa dipergunakan Dana Simpan Pinjam Perempuan (SPP). Anggarannya tidak ada di Dalduk KB PP dan PA, sebab Dalduk KB PP dan PA sifatnya hanya sebagai pemberi keterampilan," ujarnya pula. (Tam/AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center