#
Headlines News :
Home » » Ranperda Pengelolaan Program Pembentukan Perda Disepakati

Ranperda Pengelolaan Program Pembentukan Perda Disepakati

Written By andri padrianto on Rabu, 17 Mei 2017 | 5/17/2017 06:51:00 PM


Fraksi-fraksi di DPRD Agam akhirnya menyetujui Ranperda Pengelolaan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Perda), dan menetapkan pencabutan Perda Kabupaten Agam Nomor 9 tahun 2009, tentang Urusan Pemerintahan yang Menjadi Kewenangan Pemerintah Daerah itu.

Hal ini disepekati melalui Rapat Paripurna DPRD Agam, yang digelar di aula DPRD Agam, Rabu (17/5). Hadir pada saat itu Wakil Bupati Agam H. Trinda Farhan Satria, Dt Tumangguang Putiah, Wakil DPRD Agam Lazuardi Erman, Taslim, Suharman, anggota DPRD serta Kepala OPD.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria mengungkapkan, rapat paripurna merupakan agenda terakhir dalam siklus, dan mekanisme pembahasan Ranperda tentang Pengelolaan Program Pembentukan Peraturan Daerah, dan pencabutan Perda Kabupaten Agam Nomor 9 tahun 2009 tentang Urusan Pemerintahan yang Menjadi Kewenangan Pemerintah Daerah..

"Tahapan selanjutnya yang perlu dilaksanakan, sesuai dengan ketentuan pembentukan peraturan perundang-undangan, adalah pengajuan nomor register kepada gubernur, serta penetapan dan pengundangannya dalam lembaran daerah," ujarnya.

Ia menyebutkan, lahirnya Perda itu merupakan bukti keseriusan Pemerintah Daerah dan DPRD Agam, untuk menaati perintah peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi, sebagaimana telah disampaikan dalam nota jawaban sebelumnya.

"Landasan pembentukan kedua Ranperda itu adalah perintah Perpres Nomor 87 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 12 tahun 2011, tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan, dan Keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor 180-774-2016 tentang Pembatalan Perda Kabupaten Agam Nomor 9 tahun 2009," ujarnya pula.

Terkait dengan pelaksanaan Perda Pengelolaan Program Pembentukan Perda, diharapkan kepada Bagian Hukum Setda Kabupaten Agam, dan Bapemperda DPRD Agam, selaku pihak yang secara langsung terkait dengan proses pembentukan Perda, untuk memedomani Perda ini dalam pelaksanaan tugasnya.

Lebih lanjut Wabup menyampaikan, perangkat daerah dan alat kelengkapan DPRD selaku Pemrakarsa Ranperda, diharapkan menyusun konsep Ranperda yang akan diajukan dalam daftar Propemperda secara terencana, terpadu, dan sistematis, sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Ranperda ini. (Tam/AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center