#
Headlines News :
Home » » Bahaya Jika Langsung Tidur Setelah Sahur

Bahaya Jika Langsung Tidur Setelah Sahur

Written By Fitra Hinandes on Rabu, 07 Juni 2017 | 6/07/2017 05:39:00 PM

Setelah sahur kebanyakan orang akan melanjutkan waktu tidurnya. Padahal cara ini berbahaya, karena dapat memicu gangguan pencernaan.

Konsultan penyakit lambung dan pencernaan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo atau RSCM, Ari Fahrial Syam, seperti dilansir Tempo.co mengatakan mereka yang langsung tidur setelah sahur membuat asam lambung balik arah atau kembali ke kerongkongan yang pada akhirnya bisa menimbulkan masalah pada saluran cerna atas.

"Terlebih jika sudah punya penyakit maag, maka kebiasaan ini meningkatkan risiko terjadinya masalah pada lambung," katanya.

Selain tidur setelah sahur, beberapa kebiasaan yang berbahaya bagi kesehatan selama puasa adalah makan berlebihan saat berbuka, diikuti dengan merokok. Ari menyarankan agar berbuka puasa dengan porsi sedang. Misalnya dimulai dengan makanan ringan dalam porsi kecil, lalu menunggu hingga setelah salat Magrib.

Untuk menyiasatinya, dr. Ari menyarankan agar  tidak langsung tidur setelah sahur. Selain itu, hindari makanan yang bersifat terlalu asam dan menyebabkan gas. Sebaiknya konsumsi air putih atau jus buah, ketimbang teh, kopi, atau minuman bersoda. (IF/AMC)

Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center