#
Headlines News :
Home » » Baznas Agam Menyalurkan Zakat Kepada Tenaga Harian Lepas

Baznas Agam Menyalurkan Zakat Kepada Tenaga Harian Lepas

Written By andri padrianto on Rabu, 21 Juni 2017 | 6/21/2017 02:25:00 PM


Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Agam menyalurkan zakat konsumtif kepada tenaga harian lepas di lingkungan Pemkab Agam. Zakat diserahkan Sekretaris Daerah Pemkab Agam Drs. Martias Wanto, Dt Maruhun secara simbolis, di Masjid Agung Nurul Fallah, Lubuk Basung, Rabu (21/6).

Sebelumnya Ketua Baznas Kabupaten Agam Eldi Zein mengatakan, jumlah petugas harian lepas itu sebanyak 368 orang, dengan jumlah zakat Rp118 juta, maing-masing menerima lebih kurang Rp300 ribu.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari program paket lebaran Baznas Agam," ujarnya.

Untuk paket lebaran ini, Baznas Agam menyalurkan zakat sebesar Rp1.382.100.000 untuk 8.334 orang untuk berbagai sumber, seperti masyarakat berekonomi lemah melalui pimpinan Organisasi Masyarakat (Ormas), ASN dan voucer, sebesar Rp200.900.000 untuk 2.770 orang, ditambah mustahik usulan dari nagari sebesar Rp256.800.000 untuk 1.284 orang, 

Selain itu, petugas harian lepas di kecamatan, UPT, TKSK, puskesmas sebesar Rp98 juta untuk 160 orang, mualaf sebesar Rp3 juta untuk 15 orang, dan sekolah sebesar Rp755 juta untuk 3.805 orang yang tersebar di PAUD, TK, SD, SMP, SMA/SMK sederajat. Ini sudah disalurkan beberapa hari lalu.

Mengenai hal tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Drs. Martias Wanto mengapresiasi, dan mengucapkan terimakasih kepada pihak Baznas Agam, yang telah menyalurkan zakat kepada mustahik. Alhamdulillah tahun ke tahun dilihat keberadaan baz di tengah umat dalam membantu masyarakat sesuai ketentuan dan alokasi yang telah ditentukan.

“Zakat yang diserahkan hari ini merupakan dana yang dikelola dari mustahik, dan Baz dalam hal ini mejalankan fungsi sebagai pengumpul, pengelola, dan mempertanggungjawabkan,” ujarnya.

Ia menyebutkan, zakat disalurkan sudah ada ketentuannya, seperti penrima dan syarat-syaratnya. Tidak ada Baznas yang tidak adil, selagi mengusulkan sesuai ketentuan dan aturan penerima, Baznas Agam tidak akan melalaikan dan mentiadakannya.

Lebih lanjut ia menyebutkan, status sebagai tenaga harian lepas, di masing-masing OPD masih bertahan. Sampai saat ini Agam merupakan salah satu kabupaten/kota di Sumbar, bahkan di Indonesia yang masih belum boleh menambah PNS, karena pertimbangan APBD untuk belanja pegawai sangat besar dibanding pembangunan,

“Memang ada pengangkatan yang dilakukan, tapi yang melakukan pemerintah pusat, bukan daerah ataupun provinsi. Mudah-mudahan cepat terjadinya kesimbangan belanja pegawai dengan pembangunan, sehingga bias melakukan pengangkatan PNS,” ujarnya berharap.

Selain itu Sekda mengatakan, beberapa hari lagi kita akan kembali ke fitrah, dan rayakanlah dengan semangat tinggi, tetapi tetap dalam kesederhanaan, 

“Ini karena keperluan uang masih banyak, seiring dengan tahun ajaran baru di sekolah, ada yang naik kelas, pindah sekolah, dan lainnya,” ujarnya menghimbau.

Selain itu, Pengurus Masjid Agung Nurul Fallah Lubuk Basung juga menyalurkan zakat sebesar Rp62 juta untuk 124 orang anak yatim piatu. (Tam/AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. Agam Media Center - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center