#
Headlines News :
Home » » Baznas Agam Salurkan Zakat Pada 100 Mahasiswa Undangan

Baznas Agam Salurkan Zakat Pada 100 Mahasiswa Undangan

Written By andri padrianto on Kamis, 08 Juni 2017 | 6/08/2017 03:19:00 PM


Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Agam, menyalurkan zakat kepada 100 mahasiswa undangan yang tergolong dhuafa atau berekonomi lemah. Zakat diserahkan Ketua Baznas Agam Eldi Zein di dampingi Wakil ketua III Baznas Agam Abdul Aziz secara simbolis, di Kantor Baznas Agam, Kamis (8/6).

“Mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), atau undangan ke perguruan tinggi yang tersebar dalam Provinsi Sumatera Barat, Pulau Sumatera, dan luar pulau Sumatera,” ujar Ketua Baznas Agam Eldi Zein.

Ia menyebutkan, zakat yang disalurkan sebesar Rp221 juta, dengan rincian dalam Sumbar mahasiswa sebanyak 76 orang, masing-masing diberikan Rp2 juta, Pulau Sumatera enam orang, masing-masing diberikan Rp2,5 juta, dan luar pulau Sumatera 18 orang, masing-masing diberikan Rp3 juta.

“Penyaluran ini dilakukan sudah yang kedua kalinya, di mana yang pertama sudah disalurkan pada Rabu (7/6), di Kantor Baznas Agam belakang balok Bukittinggi,” ujarnya.

Eldi Zein mengungkapkan, mereka merupakan tergolong keluarga berekonomi lemah, keluarga miskin atau dhuafa, dan program ini termasuk salah satu dari lima program Baznas Agam yaitu Agam Cerdas.

Ia menjelaskan, sebelumnya mahasiswa yang mengajukan proposal untuk zakat ini lebih dari 100 orang. Namun setelah di tes, beberapa dari mereka masih ada kedapatan yang tidak bisa mengaji dan shalat, bahkan pihaknya meminta bagi yang gagal untuk belajar dahulu.

“Kita bersedia untuk membina yang gagal tersebut sampai mereka bisa, dan juga boleh di rumah. Jika sudah bisa, mereka di suruh kembali datang ke Baznas.Tes dilakukan karena ini merupakan zakat umat muslim, tentu penerimanya juga orang yang taat melaksanakan ajaran agama islam,” ujarnya pula.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua III Abdul Aziz, bahwasannya ini tidak hanya menyalurkan zakat saja, tapi juga membina perilaku dan amalan ajaran agama islam bagi mustahik di Kabupaten Agam, sesuai dengan program Pemerintah Kabupaten Agam yaitu Agam Madani.

“Setelah diseleksi dan hasil sidang dengan empat orang pimpinan Baznas Agam serta petugas, ini lah mereka yang layak untuk menerima zakat tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, masih ada proposal yang akan masuk untuk mahasiswa yang madiri atau jalur umum. Pihaknya akan memberlakukan tes yang sama dengan mahasiswa sebelumnya.

“Mahasiswa yang mendapat zakat saat ini, untuk tahun depan belum bisa dipastikan mendapatkan kembali karena keterbatasan zakat. Sementara mustahik lainnya masih banyak yang belum terjangkau, dan kita akan setarakan semuanya terlebih dahulu,” ujarnya. (Tam/AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center