#
Headlines News :
Home » » CJH Agam Lakukan Manasik Haji

CJH Agam Lakukan Manasik Haji

Written By JONATA RAMADAN on Selasa, 06 Juni 2017 | 6/06/2017 03:22:00 PM

Sebanyak 443 calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Agam, Sumatera Barat, telah mengikuti manasik haji sebanyak 41 kali, dari 60 kali pertemuan menjelang keberangkatan mereka ke Mekah.

"Kegiatan ini bertujuan agar seluruh calon haji asal Agam bisa melaksanakan ibadah haji secara mandiri, tanpa bimbingan oleh pembimbing, sehingga saat melaksanakan haji ke Mekah tidak terjadi permasalahan," kata Kepala Kementrian Agama Agam, Hendri didampingi Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Yunaldi di Lubukbasung, Selasa (6/6), 

Ditambahkan, CJH ini mengikuti menasik haji mandiri sebanyak 50 kali di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Almabrur, yang bekerjasama dengan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Agam. "Manasik haji ini diadakan tiga kali setiap pekannya," katanya.

Selain menasik haji mandiri, tambahnya, calon haji ini juga mengikuti manasik haji yang difasilitasi oleh pemerintah sebanyak 10 kali pertemuan.

"Ke 10 kali pertemuan ini diadakan oleh KUA sebanyak delapan kali pertemuan dan manasik gabungan yang diadakan Kemenag Agam sebanyak dua kali pertemuan. Kegiatan ini akan berlangsung setelah Idul Fitri 1438 Hijriyah," katanya.

Ia menambahkan, ke 443 calon haji ini telah melunasi Biaya Ibadah Perjalanan Haji (BPIH) sebesar Rp32.850.000 per orang. Ini sesuai Keputusan Presiden (Kepres) No.8 tahun 2017 biaya perjalanan haji tahun ini untuk Sumatera Barat sebesar Rp32.850.000 per orang.

"Dalam waktu dekat akan melakukan pemeriksaan kesehatan tahap II dan sekaligus Vaksin Meningitis," tuturnya. (jon/AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center