#
Headlines News :
Home » » Festival Ramadhan Ajang Menggelorakan Nagari Madani

Festival Ramadhan Ajang Menggelorakan Nagari Madani

Written By andri padrianto on Selasa, 13 Juni 2017 | 6/13/2017 02:47:00 PM


Kabupaten Agam, yang dahulunya dikenal dengan gerakan Agam Madaninya, dan sekarang diperluas menjadi gerakan Nagari Madani. Untuk menuju hal itu, Pemkab Agam mengambil moment Ramadhan 1438 Hijriyah untuk mengisi waktu sebulan penuh, guna menggelar berbagai kegiatan pada bulan yang penuh berkah tersebut.

Kegiatan yang sudah digelar seperti pesantren kilat di sekolah-sekolah, MTQ di berbagai nagari, dan festival Ramadhan yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Agam, dan baru saja dibuka Wakil Bupati Agam H. Trinda Farhan Satria Dt Tumangguang Putiah, di Masjid Agung Nurul Fallah Lubuk Basung, Selasa (13/6).

Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria mengungkapkan, jika mengacu kepada Gerakan Agam Madani, banyak lagi hal lain untuk memanfaatkan moment Ramadhan ini. Salah satunya melalui rangkaian tiga kegiatan yang dilakukan, diharapkan menjadi tempat saling bersilaturahim satu sama lain bagi peserta.

“Tidak hanya itu, juga sebagai sarana memotivasi dan memberikan perhatian atas kegiatan yang dilombakan, dan membangun percaya diri yang lebih baik. Apa pun lomba yang diikuti, jika kita memiliki percaya diri, isnyaalah akan sukses” ujarnya.

Wabup menyebutkan, pintar saja tidak cukup untuk mengikuti suatu lomba, tapi juga butuh percaya diri yang maksimal untuk mencapai kesuksesan.

Ia mengatakan, kegiatan yang dilombakan antara lain Musabaqah Hafiz Quran (MHQ), Musabaqah Khutbah Jumat dan Adzan (MKJA), dan Musabaqah Fahmil Quran (MFQ) atau Cerdas Cermat.

“Hafiz Quran atau menghafal quran tidak mesti di sekolah agama, sekolah umum pun ada dipisahkan untuk menghafal quran. Moment ini bukan lombanya yang dilihat, tapi momen untuk memaksimalkan, atau mendekatkan diri dalam menghafal alquran tersebut,” ujarnya pula.

Menurutnya, saat ini sudah banyak hafiz Alquran lulusan sekolah umum, tidak mesti di pesantren atau sekolah agama islam lainnya untuk menghafal alquran tersebut. Dari SMP, MTs, SMA, SMK, semua tidak ada hambatan untuk menghafal Alquran.

“Target kita pada Gerakan Nagari Madani adalah tumbuhnya penghafal Alquran dari seluruh pelosok nagari di Kabupaten Agam. Mudah-mudahan, Festival Ramadhan ini salah satu sarana untuk mendorong, dan memotivasi anak-anak untuk menghafal alquran,” ujarnya menjelaskan.

Begitu juga Lomba Khutbah Jumat, untuk menjadi seorang khatib dan dai tidak  dibatasi dengan sekolah agama. Banyak khatib saat ini dari luar sekolah agama islam. Siapa pun berhak untuk menjadi khatib dan dai, sebab ini merupakan suatu pekerjaan yang mulia di sisi Allah SWT.

Selanjutnya Lomba Cerdas Cermat Alquran, juga mampu mendorong anak-anak untuk akrab dengan isi Alquran. Memahami isi Alquran tidak sekedar paham, tapi juga menjadikannya sebagai rujukan kehidupan sehari-hari.

“Diharapkan peserta yang mengikuti festival, mampu mencermati makna dari perlombaan tersebut, dan mampu mengaplikasikan ilmunya di tengah masyarakat, terutama Khutbah Jumat dan Hafiz Quran, sebab generasi mudalah sebagai garda terdepan untuk mensyiarkan Agama Islam,” ujarnya berharap.

Ketua Panitia, Khairul Koto, S.Sos mengungkapkan, festival kali ini diisi dengan  Musabaqah Hafiz Quran (MHQ), Musabaqah Khutbah Jumat dan Adzan (MKJA), dan Musabaqah Fahmil Quran (MFQ) atau Cerdas Cermat.

“Untuk MHQ diikuti tingkat SMP/MTs, SMA/SMK/MA dan Ponpes digelar di tiga lokasi, yaitu di mushala SMPN 3 Lubuk Basung, Masjid Suhada Lapau Talang, dan Baiturahman Mato Aia. Esoknya MKJA diikuti siswa SMA/MK di Mushala SMPN 3 Lubuk Basung, dan Cerdas Cermat tingkat SMA/SMK di aula Dinas Kesehatan. Festival ini diikuti sekitar 120 orang,” ujarnya.

Khairul menyebutkan, dalam festival tersebut panitia akan menjaring peringkat I, II, dan III, serta Harapan I, II, dan III. (Tam/AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center