#
Headlines News :
Home » » Inseminasi Buatan ) Hasilkan 106 Ekor Pedet di Kabupaten Agam

Inseminasi Buatan ) Hasilkan 106 Ekor Pedet di Kabupaten Agam

Written By JONATA RAMADAN on Jumat, 09 Juni 2017 | 6/09/2017 05:01:00 PM

Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Sumatera Barat telah melakukan Inseminasi Buatan (IB) guna mempercepat populasi 482 ekor ternak kerbau dan sapi dengan jumlah kelahiran mencapai 106 ekor anakan.

"Kelahiran ke 106 ekor  ternak kerbau dan sapi, merupakan hasil dari pendataan petugas di lapangan, yang dimulai pada Januari sampai Mei 2017," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Afdhal, didampingi Kepala Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Ir. Aguska Dwi Fajra, sekaligus Ketua Pelaksana Upsus SiwabKabupaten Agam. Jumat (09/06).

Ia menjelaskan, untuk mempercepat populasi ternak, perlu dilakukan indentifikasi status reproduksi ternak, setelah dilakukan proses pendataan jumlah sapi indukan.

"Tindakan diberikan kepada sapi indukan itu, setelah dilakukan pengecekan langusng, Saat ini tercatat sebanyak 2.351 ekor sapi yang telah diidentifikasi status reproduksinya, 133 ekor mengalami gangguan reproduksi," ujarnya.
Jika sapi indukan tidak sehat, maka akan diberikan penanganan sesuai dengan permasalahannya, jika sehat akan diberikan inseminasi buatan langsung.

Dinas Pertanian Kabupaten Agam menargetkan indentifikasi sapi betina pada tahun 2017 ini adalah sebanyak 7.591 ekor. Kegiatan ini akan terus berkesinambungan, hingga semua sapi indukan di Kabupaten Agam terindentifikasi status reproduksi dengan mampu menghasilkan anakan sapi.

"Kita upayakan semua sapi betina di Kabuapten Agam ini bisa menghasilkan pedet setiap tahunnya," katanya.

Ini mewujudkan swasembada protein hewani. Pemkab Agam mempercepat populasi sapi dan kerbau demi mendukung upaya khusus sapi indukan wajib bunting (Upsus Siwab (jon/AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center