#
Headlines News :
Home » » "Kue Bongko" Si Manis yang Paling Ditunggu di Bulan Puasa

"Kue Bongko" Si Manis yang Paling Ditunggu di Bulan Puasa

Written By Fitra Hinandes on Senin, 05 Juni 2017 | 6/05/2017 02:15:00 PM

Kalau sudah datang Bulan Ramadhan, salah satu makanan berbuka yang paling dinanti adalah "Kue Bongko." 

Makanan spesial ini berbahan dasar beras yang diolah menjadi tepung, kemudian dimasak menjadi bubur (otak-otak), ditambah "kuah tengguli" (santan- gula- aren). 

Warna kehijauan dari bubur ini berasal dari perasan daun pandan. Uniknya "kue bongko" ini dibungkus dengan daun pisang, kemudian dikukus sampai masak. Kue bongko ini cocok disajikan untuk menu takjil berbuka puasa

"Kue Bongko" sudah menjadi salah satu makanan khas saat Bulan Suci Ramadan, dan menjadi bagian dari sejarah serta kebudayaan bagi masyarakat Tiku, Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam, Sumbar. "Kue Bongko," yang merupakan hidangan khas Nagari Tiku ini menjadi santapan khusus setiap Bulan Ramadhan, jadi tak heran apabila di hari biasa sulit untuk ditemukan.

Bagi pengunjung bisa menemukan makanan unik yang satu ini di sepanjang jalan utama Tiku, Kampuang Tangah, Kampuang Darek, dan di dalam Pasar Tiku. Harganya yang cukup murah Rp2.000-2.500/bungkus, membuat pengunjung tidak berpikir dua kali untuk membelinya.

Tidak saja orang luar/pendatang, rasa penasaran dan kerinduan selalu dihantui oleh masyarakat yang berada di sekitar Tiku, umumnya Kabupaten Agam. 

Rasa "Kue Bongko" sangat khas, karena dimasak secara tradisional, dimasak dengan kayu bakar dalam tungku besar, sehingga memberi aroma khas.

Reni, salah satu warga tetangga menuturkan, bahwa kuliner Ramadhan "kue bongko" ini sangat dinantikannya.

"Tiap tahun selalu nungguin Bang, saya dan anak-anak sangat menyukainya karena rasanya orisinil, pernah buat juga dirumah tapi tak selezat di sini." ujarnya.

Menurut Weri, salah satu jemaah masjid Nurul Huda mengatakan, tradisi pembuatan menu berbuka khas "kue bongko" sudah menjadi tradisi nenek moyang masyarakat Tiku secara turun temurun. Selain "kue bongko" menu makanan khas Tiku lainnya, seperti gulai kapalo lauak, gulai lokan, sala lauak, rakik maco, ondel-ondel, dan menu khas lainnya, yang juga menjadi daya tarik bagi pengunjung lainnya untuk datang ke Tiku.

Seperti yang dirasakan oleh kunjungan Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumbar bersama rombongan Kabupaten Agam pada, Minggu (4/6), dihidangkan santapan berbuka "Kue Bongko".


Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center